Header Serambi Naqiibah

Blogspedia Coaching, Kelas Online Gratis untuk Blogger Pemula

3 comments
Konten [Tampil]

Sedari awal, aku tak pernah membayangkan untuk menghidupkan kembali blog ini yang sempat mati suri. Hanya sempat terbersit 2021 ini aku akan mencoba menulis lagi di blog ini. Blog ini ya aku buat tanpa adanya konsep apa pun. Mau ngapain saja di blog. 

Dan pada akhirnya di akhir bulan Mei 2021 aku dipertemukan dengan Blogspedia coaching, kelas blog gratis untuk para pemula. Mau tahu ceritaku? Simak terus ya.

Blogspedia Coaching, Kelas Online Gratis untuk Blogger Pemula

Blogspedia Coaching

Zaman sekarang sudah banyak kelas online bertebaran di mana-mana asalkan kita mau cari tahu. Apalagi musim pandemi begini, semakin banyak kelas online terbuka dari yang gratis hingga berbayar. Nah Blogspedia Coaching hadir untuk kalian yang mau belajar blogging dari awal.

Tentang Blogspedia Coaching

Sudah kusinggung di awal, bahwa Blogspedia Coaching ini merupakan kelas blog gratis untuk para blogger pemula. Kelas ini diadakan oleh seorang mom blogger dari Semarang, mbak Marita Ningtyas. Awal mula mbak Mar membuka kelas ini adalah sebagai rasa syukurnya karena sudah bisa bertahan di kelas Growthing hingga akhir. Keren ya coach satu ini? :3

Karena Blogspedia Coaching ini untuk pemula, maka di sini kita benar-benar belajar dari awal. Blog itu apa, mengenal blog dan jenisnya, cara membuat blog, serta mengenal dashboard. Dan selanjutnya diajak ngeblog yang asyik tapi serius. Beneran untuk tongkrongan para blogger cupu sesuai taglinenya.

Daftar batch dua

Nah, saat itu kak Novia, teman sesama juru kunci di Komunitas Gerakan One Week One Book menginformasikan adanya pendaftaran Blogspedia Coaching Batch 2, karena dia alumni batch 1. Selain itu, dia juga memberitahu bahwa kelas ini benar-benar ketat. Jadi kalau berniat ikutan, harus dipikirkan matang-matang.

Sejenak aku masih berpikir ulang, kalau kelas berjalan 3 bulan, di akhir nanti aku akan memasuki masa perkuliahan semester gasal, dong. Setelah tahu perkuliahan masih daring, akhirnya dengan tekad untuk mengisi waktu dan merawat Serambi Naqiibah ini, aku mencoba mendaftar dengan mengikuti segala persyaratannya.

Akhirnya, seperti biasa, detik-detik penutupan pendaftaran aku baru mendaftar, haha. Aku posting di instagramku alasan untuk mengikuti kelas ini. Yang pasti Blogspedia hanya menerima peserta yang belum memiliki blog atau punya dengan platform blogspot.

Dan keesokan lusanya sudah diumumkan bahwa aku dan 12 peserta lainnya diterima jalur umum selain jalur klaim voucher tantangan Blogspedia.

Pengumuman peserta Blogspedia Coaching batch 2 jalur umum

Materi Blogspedia Coaching batch dua

Tak seperti kelas online yang biasa gratis. Blogspedia coaching memang benar-benar serius menggembleng peserta demi mengenalkan blogging yang asyik dan serius. Selama 3 bulan, kita beneran dihajar dengan materi seminggu dua kali dan tugas yang terbit setelah materi, bahkan seringnya tugas sudah nongol saat pemberian materi masih berlangsung, hehhe. 

Eits, tapi kelas gratis bukan berarti seenaknya ya. Gak ngumpulin tugas, siap-siap langsung dapat kartu merah dari coach Marita, dikeluarkan dari kelas. Deg-degan. Soalnya waktu pengerjaan tugas hanya 3 hari. Setelah itu materi yang baru akan muncul. Superrrr.

Mau tahu materinya apa saja? Sini aku kasih tahu materi beserta tugas yang kukerjakan selama Blogspedia Coaching batch 2 ini ya :).

  1. The Big Why & Adab Blogging = 4 Alasan Blogging dan Tips Mengelola Waktu ala Naqiibah
  2. Platform, Niche, dan Istilah-istilah blogging
  3. Membuat blog
  4. Basic SEO Series #1. Membuat artikel tentang partner = Berkenalan Dengan Mom Blogger Tangguh Kelahiran Jakarta
  5. Basic SEO Series #2. Riset Keyword = Sikap Duniawi Versi Lexicoustic Terdengar Makin Asyik
  6. Membuat Page About = About Serambi Naqiibah
  7. Membuat Page Sitemap = SiteMap
  8. Memasang TLD Blog = Pencapaian 2021: Memasang Top Level Domain Blog Sendiri
  9. Content is the King = 7 Buku Yang Bisa Menemani Kalian Selama PPKM Darurat
  10. Copy Writing = 5 Tips Memilih Aplikasi Baca Buku Digital
  11. Menulis Ulasan Wisata/ Traveling = Asyiknya Jalan-Jalan ke Pulau Plastik
  12. Bermain dengan Canva = 5 Tips Perlindungan Akun Media Sosial
  13. Permak Blog = Keseruan Mengubah Tampilan Blog SEO Friendly
  14. Memasang Template Unduhan
  15. Artikel How To/ Tips = Trik Microsoft Word yang Bermanfaat buat Nulis Skripsi
  16. Artikel Ulasan Restoran/ Warung Makan = 13 Fun Facts Bakso Kirun Malang yang Super Laris
  17. Artikel Ulasan Event = Seri Ngaji Kitab Risalatul Muawanah: Warning terhadap Syubhat
  18. Artikel Ulasan Film/ Buku = Kontroversi Bukan Perawan Maria Karya Feby Indirani
  19. Google Analytics = Kenalan dengan Google Analytics dan Segudang Manfaatnya
  20. Google Search Console = Ketahui Kinerja Blogmu dengan Google Search Console
  21. Personal Branding For Blogger = Pentingnya Personal Branding dalam Dunia Blogger
  22. Content Plan Blogger = Demi Konsistensi, Blogger Wajib Punya Content Plan
  23. Tugas Akhir Blogspedia Coaching: One Day One Post selama 6 hari yang dimulai tanggal 30 Agustus hingga 6 September 2021.

Gimana? Dahsyat, kan? Aku merasa bersyukur sekali menemukan kelas ini yang sangat membimbing dari nol. Benar-benar diajari apa itu blog, mengenal dashboard blog, dan seterusnya hingga ke arah profesional blogger. Huhuhu..

Materi Blogspedia Coaching batch dua

Aku juga tidak menyangka sudah sampai di titik ini. Rasa syukurku berlipat ganda saat tahu aku mampu menulis di blog dengan segala pernak-perniknya. Tulisan harus sesuai SEO dengan minimal 800 kata yang disertai minimal 3 gambar selalu menjadi tantangan tersendiri saat menyelesaikannya. Eh, ternyata sampai sekarang jadi kebiasaan. Selalu merasa ada yang kurang saat gambar atau tulisan belum memenuhi standar pengumpulan tugas.

Dari semua materi yang diberikan, aku paling suka belajar SEO dan permak blog. Selain itu, yang paling berkesan adalah materi bonus yang diberikan di awal sebelum kelulusan, yakni Google Analytics dan Google Console. 

Sebab dari materi-materi tersebut yang diberikan Mbak Mar, tiba-tiba saja aku merasa benar-benar menjadi blogger profesional. Padahal ya masih cupu banget. Haha. Lifelong learning, huh?

Teman yang supportif

Dari Blogspedia Coaching ini pula lah aku kenal teman-teman blogger dengan berbagai asal, suku, ras, dan profesi. Mereka semua keren pada bidangnya. Ada yang sudah memiliki karya buku antologi maupun solo, ada yang sudah lolos adsense, ada juga yang berjuang mati-matian untuk tidak terdepak dari kelas ini seperti aku :"). 

Saat ada yang mengalami eror saat proses belajar, tak jarang dari teman-teman ikut membantu menjelaskan atau menandai pernyataan mbak Mar agar terbuka jalan keluarnya. Jadi keluarga cupuers, ya kakak-kakakkuuh. Semoga suatu saat nanti kita bisa berjumpa dalam satu kesempatan, amin.

Mbak Marita, Coach yang Asyik

Kelas blogging ini diampu oleh seorang coach yang super baik hati, Marita Ningtyas. Seorang istri dan ibu dari dua anak ini sering kupanggil Mbak Mar. 

Mbak Marita, Coach yang Asyik

Awalnya, saat tahu kelas ini cukup tegas karena yang tidak mengumpulkan tugas akan mendapatkan kartu merah, yakni meninggalkan kelas, aku berpikir Mbak Marita ini jahat. Haha, maafkan murid yang agak kurang beradab ini ya Mbak.

Akan tetapi, tibalah saat di mana aku harus telat mengumpulkan tugas karena satu hal. Aku jelaskan baik-baik dan meminta izin ke Mbak Mar tersayang (halah), eh dengan santainya mbak Mar menjawab iya, ndak apa-apa Mbak. Wah, adem maknyes banget rasanya. Huhuuu. Hal yang sama pun dialami beberapa teman lainnya yang ada halangan untuk setor tugas telat. 

Namun ternyata ada batas toleransi ketelatan dari mbak Mar. Ada beberapa peserta kelas yang juga dikeluarkan dari kelas karena belum mengumpulkan tugas sampai berapa tugas gitu. Sedih karena harus berpisah, sih. Tapi memang mbak Mar ini yang super tegas mengumpulkan mereka yang benar-benar komitmen dari awal.

Nah, saat aku izin tadi, kirain aku bakal di-wasweswos sama beliau. Eh, ndak dong. Huhuhu, sekali lagi maaf ya Mbak. Aku merasa bersyukur banget sudah diberi kesempatan mengenal momblogger yang super keren ini. 

Dengan mengampu kelas Blogspedia Coaching yang menurutku pasti riweuh dan kegiatana domestiknya, dia masih sempat dong mengikuti kelas-kelas lainnya. Selain itu, blog yang dipegangnya tidak cuma blogspedia dan Marita's Palace saja. Masih banyak blog lain. Ah, tak bisa dijelaskan lagi betapa cekatannya coach kesayangan satu ini.

Selain kecekatannya itu, saat kelas berlangsung, kita benar-benar dibimbing. Ketika ada tahapan yang kami lewati ada yang eror, mesti ikut dicarikan solusi, kecuali sudah pernah dibahas sebelumnya, akan selalu diminta nyimak dari awal.

Salah satu mentor hidupku berkata bahwasanya dalam hidup harus mau TAKE & GIVE. Kalau sudah dapat sesuatu, maka harus mau juga berbagi sesuatu. - Mbak Marita

Terima kasih, Mbak Marita. Semoga kelas ini menjadi ladang amal jariyah Mbak Mar. Sebuah aset investasi akhirat yang tak kunjung habis nilainya. Semoga Mbak Marita sekeluarga diberi kesehatan selalu dan berkah semuanya, amin.

Begitulah cerita tentang kesan dan pengalamanku mengikuti Blogspedia Coaching batch dua ini. Sangat seru dan mengasyikkan, apalagi menambah silaturahim dengan cupuers lainnya. Aku cuma mau mengatakan jangan lewatkan kelas blog yang kece ini untuk kalian apabila nanti dibuka, mungkin tahun depan atau entah kapan. Misterius ini, wkwkk.

Saat pendaftaran batch dua saja, sang empunya kelas mengatakan kalau sebenarnya maju mundur untuk membuka kembali kelas ini. Akan tetapi karena banyak yang menanyakan serta dijadikan syukuran Mbak Mar lolos adsense, akhirnya siap membuka batch dua ini. Jadi, jangan tanya kelas batch 3 akan dibuka kapan. Doakan saja Mbak Mar akan terketuk pintu hatinya untuk membuka kembali nantinya, haha. Have a nice weekend, Guys!

Naqiibatin Nadliriyah
Halo! Saya Naqi. Pembaca buku yang menulis beberapa topik di Serambi Naqiibah. Diantaranya tentang ulasan buku maupun film, tips, fiksi, finansial, dan review produk teman :)

Related Posts

3 comments

  1. kalimat dari Mb Marita, nyes banget ya, mb. jadi makin semangat blogging.
    semangat terus kita!!!

    ReplyDelete
  2. Beruntung bisa menjadi bagian dari Blogspedia Coaching #2,,,
    Sukses buat mbak Naqi,

    ReplyDelete
  3. Wkkwk, terkadang kudu jahat biar melekat :D :D

    ReplyDelete

Post a Comment