Header Serambi Naqiibah

Ketahui Kinerja Blogmu dengan Google Search Console

Post a Comment
Konten [Tampil]

Hai, Gais! Masih belajar lebih lanjut untuk mengoptimalkan dan meningkatkan performa blog/situs. Karena saat kita sudah memutuskan untuk terjun ke dunia blogger, ya sekalian nyebur lebih dalam lagi kan. Nanggung kalau setengah-setengah, apalagi kalau telanjur beli domain kan? Hehe.

Ketahui Kinerja Blogmu dengan Google Search Console

Nah, selain Google Analytics yang kemarin sudah kita bahas, Google Search Console juga alat tempur yang wajib dimiliki oleh blogger/pemilik website. Lalu, apa fungsi Google Search Console dan bagaimana cara menggunakannya? Simak terus artikel kali ini ya, Gais.

A. Tentang Google Search Console

Sebuah platform gratis bagi para pemilik website untuk memonitor bagaimana kinerja website di ranah organik Google. Platform ini sangat penting dimiliki pemilik blog/situs. Dengan Google Search Console, kalian bisa melakukan analisis terhadap blog/situs kalian dan memaksimalkan keberadaan situs web Anda dalam mesin pencarian Google.

Jadi kalau Google Analytics itu bisa infoin bagaimana traffic kita dari berbagai channel; organic (google), direct (Blogwalking), media sosial, referral. Nah Google Search Console ini sederhananya memberi tahu pemilik blog/situs bagaimana kualitas blognya di mata Google.

B. Manfaat Google Search Console

Google Analytics tanpa Google Search Console bagaikan sayur kurang garam. 

Begitulah kata coach Marita tercinta dalam kelas Blogspedia. Google Search Console yang dulunya bernama Google Webmaster ini memiliki manfaat untuk mengetahui kinerja blog. Manfaat yang tak kalah penting dengan yang dimiliki saudaranya, Google Analytics, antara lain:

1. Menemukan keyword populer

Manfaat dari Google Search Console ini adalah bisa membantu untuk menemukan keyword atau kata kunci yang sering digunakan oleh pengunjung untuk menuju ke blog kalian. 

Google Search Console ini akan memberikan laporan secara detail mengenai total munculnya blog kalian di hasil pencarian untuk kata kunci tertentu (impression) dan berapa kali blog kalian  diklik dari hasil pencarian tersebut (click through rate).

Dengan begitu, kalian bisa menganalisis lalu mengetahui mana keyword yang efektif digunakan untuk SEO website. Agar ke depannya bisa memperbaiki isi artikel sehingga bobot dari artikel kita bisa lebih baik dari pada sebelumnya.

2. Mengetahui asal-usul pengunjung blog

Manfaat lain dari tools ini adalah kalian bisa mengetahui dari mana sumber datangnya pengunjung ke blog kalian. Selain itu, dari Google Search Console juga, kalian bisa tahu melalui perangkat apa yang digunakan pengunjung untuk mengakses blog kalian dan tanggal berapa saja blog kalian diakses. Dengan begitu, kalian bisa menentukan prospek yang tepat untuk menjangkau target audiens. 

3. Identifikasi halaman yang populer

Setiap blog memiliki halaman yang lebih populer dari halaman lainnya pada hasil pencarian. Nah, manfaat yang tak kalah menarik, Google Search Console akan membantu kalian untuk mengidentifikasi halaman website mana yang paling banyak mendatangkan pengunjung. Kalian bisa mengurutkan halaman website berdasarkan impression atau click through rate (CTR).

4. Inspeksi URL

Fungsi Inspeksi URL ini untuk mempercepat proses indexing artikel blog pada mesin penelusuran Google. Meskipun kata mbak Marita artikel blog itu lama-lama juga akan terindeks oleh google. Akan tetapi dengan menggunakan inspeksi URL, artikel yang baru kita buat akan dipercepat pengindeksan oleh google. Jadi bisa lebih cepat masuk ke pencarian Google. Sehingga bisa menambah trafik blog kita juga.

Untuk memanfaatkan fitur ini, caranya mudah saja, kalian hanya perlu copy link URL artikel pada blog kalian dan paste di kolom inspeksi URL. Lalu tekan enter, maka akan muncul hasil apakah artikel tersebut sudah masuk di pencarian google atau belum. Kalau sudah, maka akan muncul tanda centang hijau. Kalau belum, kita harus meminta pengindeksan atau klik request indexing. Selanjutnya, kita tinggal menunggu saja agar artikel terindeks.

5. Peta Situs (Sitemap)

Pada fitur ini, kalian bisa menambahkan halaman sitemap blog agar artikel tersebut terindeks oleh google. Sitemaps pada blog berfungsi untuk menampilkan semua data artikel yang ada di blog sesuai dengan label atau kategorinya masing-masing. Informasi yang dikirimkan melalui peta situs ini membantu kalian untuk mendapatkan laporan tentang halaman yang ada pada blog.

Selain itu, dengan menambahkan sitemap ini bisa mempermudah Google dalam melakukan crawl website terkait. 

Manfaat Google Search Console

C. Cara Memasang Google Search Console

Dari sederet manfaat pada Google Search Console ini, apakah kalian yakin ndak mau memasang fitur gratis ini pada blog kalian? Nih, Naqi berikan cara termudah untuk memasang Google Search Console biar nyambung ke blog kalian. Simak sampai akhir yaa.

1. Masuk ke akun Google Search Console

 Buka https://search.google.com/search-console/about, lalu klik Start Now

2. Pilih URL

  • Akan muncul dua pilihan (kanan-kiri). Pilih yang kanan saja ya, Awalan URL atau pRefix URL.
  • Masukkan alamat URL blog kalian ke dalam kolom. Klik Next.
  • Maka akan muncul kotak dialog yang artinya sudah diverifikasi otomatis

3. Verifikasi

Sebelumnya sudah muncul kalimat sudah diverifikasi otomatis. Akan tetapi, untuk lebih amannya, kita lakukan verifikasi lainnya juga.

  • Klik Buka Properti. Maka akan muncul tampilan dashboard GSC (tampilan masih kosong ya karena baru dibuat)
  • Klik Setelan yang ada di bagian bawah
  • Akan muncul verifikasi kepemilikan, klik. Ada lima pilihan verifikasi yaitu: file HTML, tag HTML, GA, tag manager dan DNS. 

Cara Memasang Google Search Console

Namun pada pengaturan kali ini kita menggunakan verifikasi tag HTML dan Google Analytics saja.

a.Verifikasi tag html

  • Pada setelan - verifikasi kepemilikan - kamu klik verifikasi tag html.
  • Akan muncul kode, copy kode tersebut, lalu paste di dashboard blog (theme-edit html) di bawah <head>
  • Save
  • Kembali lagi ke GSC, klik verifikasi

b.Verifikasi Google Analytics

  • Asalkan kode Google Analytics sudah dicopy-paste di bawah <head> (saat memasang GA), maka sudah aman ya.
  • Klik Verify, Done.

Seperti setelah memasang Google Analytics, kita butuh menunggu 1-2 hari untuk data dari statistik blog kita.

Nah, sudah selesai, tinggal kita menanti laporan analisis dari platform keren ini.  

D. Simpulan

Sederet manfaat dari Google Search Console ini memang tak kalah canggih dari Google Analytics kan? Udah gitu, gratis lagi. Nunggu apa lagi? Yuk pasang Google Search Console! :)


Referensi: 

materi Blogspedia Coaching

https://www.niagahoster.co.id/blog/google-search-console-adalah/


Naqiibatin Nadliriyah
Halo! Saya Naqi. Pembaca buku yang menulis beberapa topik di Serambi Naqiibah. Diantaranya tentang ulasan buku maupun film, tips, fiksi, finansial, dan review produk teman :)

Related Posts

Post a Comment