Header Serambi Naqiibah

6 Tips Asyik Menghadapi Perkuliahan Daring

2 comments
Konten [Tampil]

Hello, everyone! Tidak terasa perkuliahan di depan mata. Yups, minggu depan sebagian kampus sudah memulai aktivitas pembelajarannya. Bahkan, beberapa perguruan tinggi sudah masuk perkuliahan semester gasal minggu lalu. Sudah siapkah kalian menjalani 16 minggu perkuliahan ke depan?

Sebagai mahasiswa, apalagi mahasiswa baru dalam suasana pandemi seperti ini memang kurang begitu menyenangkan melalui perkuliahan di depan layar. Belum bisa menginjakkan kaki di kampus, memasuki ruangan kelas di jurusan, atau bahkan bertemu dengan teman seangkatan. Untuk kalian mahasiswa semester lima ke atas pun sudah rindu untuk bercengkerama di sudut kampus kan?

Sedih ya? Hapus rasa sedihmu itu, Nak. Sedih boleh, tapi secukupnya. Ganti rasa syukur saja ya, karena saat ini masih diberi kesempatan untuk menuntut ilmu di perguruan tinggi. Nah, setelah itu, gunakan kesempatan tersebut dengan sebaik-baiknya. Mumpung masih muda dan sehat, gunakan waktu sekarang sebaik-baiknya. Oke?!

6 Tips Asyik Menghadapi Perkuliahan Daring

A. Tips Asyik Menghadapi Perkuliahan Daring

Kali ini saya akan mencoba untuk membuat tips agar kalian bisa enjoy selama perkuliahan. Simak terus ya!

1. Catat Jadwal Kuliah dengan Benar

Ini yang sangat penting untuk dilakukan. Jangan pernah meremehkan bahwa kuliah daring bisa ditunda nanti, hanya karena sang dosen memberi materi lewat video dan tanya jawab via chat bukan via meeting room. Justru itu adalah satu bentuk perhatian dosen untuk meringankan beban kuota kalian.

Buat jadwal harian, kalau perlu pasang alarm sebagai reminder. Dan lakukan sesuai jadwal. Kuncinya, posisikan dirimu sama seperti sedang mengikuti perkuliahan biasa

Karena hanya orang-orang yang mengorganisir kegiatannya secara terjadwal memiliki tingkat kedisiplinan dan produktivitas yang lebih tinggi daripada yang tidak melakukannya.

2. Hadir Kuliah Tepat Waktu

Rapikan tempat belajar, jauhkan hal yang membuat kalian terdistraksi dengan kuliah kalian. Ini yang lebih penting, singkirkan distraksi atau hal-hal yang akan mengganggu selama kuliah berlangsung. Perkuliahan daring akan memaksa kita memperhatikan penjelasan dosen melalui layar. 

Nah, untuk kalian yang menggunakan layar gawai, tak jarang akan muncul notifikasi media sosial atau chat yang masuk. Oleh karena itu, singkirkan dulu distraksi-distraksi tersebut.

Kamu harus lebih fokus selama memperhatikan penjelasan dosen agar ilmu yang diberikan bisa tersampaikan dengan maksimal. Stay focused!

Meskipun materi yang disampaikan dosen akan diberikan kepada kalian, catat hal-hal penting dalam materi perkuliahan seperti halnya saat kalian melakukan perkuliahan tatp muka biasa. Intinya pembiasaan saat kuliah tatap muka harus senantiasa dijaga. Dengan mencatat, kamu akan memahami materi dan mengetahui poin-poin penting.

"Ikatlah ilmu dengan menulisnya," Ali bin Abi Thalib

3. Ciptakan Suasana yang Nyaman

Kondisi pandemi tak kunjung usai sampai sekarang mengakibatkan adanya kebijakan PPKM yang membuat perkuliahan dilakukan secara daring. Tak sedikit mental kita akan kena dampaknya. Oleh karena itu, penting bagi kalian menciptakan suasana yang nyaman selama belajar.

Pastikan tempat belajar sudah rapi dan bersih agar mood terbentuk dengan baik untuk menerima ilmu yang diajarkan oleh dosen.

Jangan sekali-kali mendengarkan penjelasan dosen di atas kasur atau dengan rebahan. Bisa dipastikan lima menit kemudian sudah berlabuh ke dunia lain.

4. Hindari Menunda dalam Mengerjakan Tugas 

Dalam kuliah daring, dosen sering memberikan tugas? Termasuk saya, hehe. Tugas mulai dari yang sederhana hingga tugas akhir. Bagaimana pun, kendala kuliah daring adalah sinyal dan kuota. Nah, untuk menjembatani materi bisa tersampaikan dengan baik apalagi mata kuliah kalkulus atau fisika matematika, tak lain adalah banyak latihan.

Terkadang, mahasiswa mengeluhkan tugas kuliahnya yang seabreg. Tenang, tugas dariku biasanya cukup manusiawi kok, sepertinya. :)

Tips dariku antara lain:

Hindari Menunda dalam Mengerjakan Tugas

a. Buat list tugas tiap mata kuliah

Seperti sebelumnya, organisir tugas-tugas mata kuliah atau setiap kegiatan di luar perkuliahan. Jangan sampai kegiatan di luar perkuliahan mengganggu tugas kuliah kalian.

b. Prioritaskan yang harus dikerjakan terlebih dahulu

Setelah tahu list tugas, kalian akan tahu prioritas masing-masing tugas. 

c. Cicil, hindari kebut semalam.

Lebih baik mencicil daripada tidak sama sekali. Hindari mengerjakannya mepet deadline, apalagi saat hendak UTS/UAS baru berbondong-bondong mengumpulkan tugas. Padahal kembali kepada kontrak kuliah dengan dosen masing-masing, tugas maksimal dikumpulkan dua minggu setelah diberikan. *sigh.

5. Stay Hungry

Sebagai mahasiswa, ada tuntutan untuk kalian agar mengeksplor dan mengembangkan ilmu yang diberikan dosen. Usahakan untuk mengerjakan tugas secara maksimal dengan memperbanyak referensi dari sumber lain agar wawasanmu semakin luas.

Selain itu, cobalah untuk mengikuti lomba yang mengasah intelektual seperti lomba karya tulis. Hal ini bisa mendorong untuk mengembangkan ilmu yang lebih dalam lagi atau bahkan mendapatkan ilmu baru. Kalah atau menang itu bukan menjadi tujuan utama, tapi pengalaman yang lebih penting.

6. Ubah Mindset

Yang tak kalah penting adalah mengelola pikiran kalian. Tanamkan dalam pikiran kalian bahwa perkuliahan dari rumah sama saja dengan kuliah tatap muka. Perkuliahan daring bukan liburan. Kalian sudah membayar UKT untuk satu semester ke depan.

Tak ada gunanya kalian hanya menggerutu, mengeluh dan tenggelam dalam kubangan kesedihan. Saatnya kalian menggunakan waktu yang ada dengan sebaik-baiknya.

Tips Asyik Menghadapi Perkuliahan Daring

B. Dosen Juga Manusia

Untuk bagian ini, bukan untuk sebuah pembenaran bagi dosen kok. Karena memang manusia adalah tempat salah dan dosa. Terkadang dosen sudah capek-capek membuat video pembelajaran atau yang lebih sering saat meeting room, ternyata tidak ada yang on cam. Beberapa dari mereka mungkin akan kecewa sehingga mewajibkan untuk mahasiswa untuk on cam saat meeting room.

Saya sendiri tidak mewajibkan mereka on cam. Saya paham dengan pasti akan selalu ada kendala teknis selama perkuliahan daring, terlepas mereka bohong atau tidak. Akan tetapi saya akan sangat berterima kasih saat mereka yang saya panggil dengan menjawab sambil terlihat on cam pada layar.

Yang lebih saya tekankan adalah adab mereka tentunya. Bagaimana pun, letak adab ada di atas ilmu. Betapa pun kalian sudah merasa lebih bisa atau pintar dari pada dosen kalian, adab lah yang utama mengantarkan keberkahan dari suatu ilmu.

Nah, itu tadi tips asyik menghadapi perkuliahan daring ala Naqi dan sedikit curhat colongan tentunya, haha. Have a  nice weekend! Selamat belajar!

Naqiibatin Nadliriyah
Halo! Saya Naqi. Pembaca buku yang menulis beberapa topik di Serambi Naqiibah. Diantaranya tentang ulasan buku maupun film, tips, fiksi, finansial, dan review produk teman :)

Related Posts

2 comments

  1. Ehe, setuju banget Kak sama tipsnya, jaman sekarang lebih susah bangun karena gravitasi kasur, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha, iya Mbak Ashry. Gravitasi pada kasur lebih besar dibanding pada daerah lainnya :D

      Delete

Post a Comment