Header Serambi Naqiibah

Berkenalan Dengan Mom Blogger Tangguh Kelahiran Jakarta

5 comments
Konten [Tampil]

Hi, Dear! Kali ini yuk berkenalan dengan Kak Mya Wuryandari, mom blogger yang menurutku sangat tangguh. Mom blogger yang satu ini memiliki nama lengkap Mya Wuryandari, yang awalnya aku salah baca nama lengkapnya dengan Mya Wulandari, hehe. Maafkan adikmu ini ya Mbak. Suka siwer matanya.

Kenalan dengan mom blogger

 Taaruf Dengan Mbak Mya

Aku bertemu dengan Mbak Mya ini saat mengikuti Blogspedia Coaching for Newbie. Kami sama-sama menjadi peserta cupu dalam coaching blog. Tapi, kata coach Blogspedia "Kita memang harus selalu merasa cupu biar semangat belajar terus." Jadi, yuk tetap semangat!

Dulu sewaktu kecil di rumah, sebenarnya mbak Mya ini memiliki panggilan ‘Ndari’, tapi sejak SMP karena sering dipanggil nama depan sesuai absen jadi sekarang panggilannya Mya. Mbak Mya lahir di Jakarta, 36 tahun yang lalu. Sejak kecil tinggal di Bekasi sampai SMA, lalu melanjutkan studi ke Semarang di Universitas Diponegoro. Mbak Mya kuliah di sana tepatnya di jurusan Psikologi.

Lalu beliau bertemu dengan imam hidup yang sekampus saat sama-sama ngajar di TPQ. Dan akhirnya menikah di tengah sedang mengerjakan skripsi, hingga akhirnya saat ini Mbak Mya sekeluarga tinggal di Semarang. Kehidupan semasa mahasiswa cukup aktif di berbagai kegiatan ekstra kampus, menjadi pengurus dewan mahasiswa dan beberapa lembaga organisasi. 

Alasan Mom Blogger Membuka Kembali Blognya

Saat ini, aktivitas mbak Mya sebagai Ibu Rumah Tangga yang alhamdulillah Allah memberi amanah 5 orang anak. Selain itu menjadi penggembira di Majelis Taklim komplek, serta mengelola TPQ di masjid dekat rumah. Ketertarikan terhadap dunia pendidikan ini sejak sebelum kuliah. Mbak Mya pernah mengajar menjadi guru pendamping (shadow) untuk anak berkebutuhan khusus, juga pernah mengajar di salah satu SD Islam Terpadu di Semarang. Namun akhirnya beliau memilih di rumah untuk mendampingi murid murid yang Allah titipkan langsung :). 

Tentunya, perjalanan dalam menjadi tenaga pendidikan serta mendampingi putra putri selama ini memiliki banyak hal yang menjadi pembelajaran. Karena itu ingin sekali mencatat setiap pembelajaran berharga yang didapat dan menyimpannya dengan rapih. Barangkali, ada yang memerlukan informasi terkait hal-hal tersebut. Karena itulah, kemudian ingin mengaktifkan blog lagi sebagai sarana berbagi. Dari perjalanan inilah aku menyebut Mbak Mya sebagai mom blogger tangguh. Beneran tangguh kan?

Sebenarnya, blog Mbak Mya sudah ada sejak tahun 2012 ketika ada pelatihan blog untuk para guru di sekolah tempat mengajar dulu. Namun terbengkalai bertahun tahun dan diisi sesekali saja sekadar menyimpan beberapa tulisan. Alasan menghidupkan kembali blog ini adalah untuk berbagi catatan belajar, karena hal hal yang kita alami bisa saja menjadi pembelajaran bukan bagi kita saja, tapi juga bagi orang lain. Dengan begitu, barangkali bisa menambah manfaat diri ini.

Catatan Belajar Ummi Mya

Sudah dari dulu, alasan mengapa membuat blog dari Mbak Mya adalah mencatat apa yang dipelajari sehingga mudah untuk dibaca kembali juga bisa diakses orang lain. Nah saat hal itu bermanfaat maka secara tidak langsung kita akan bisa mendapatkan amal jariyah atas kemanfaatannya itu. Karenanya judul blog mom blogger ini diberi nama dengan “Catatan Belajar Ummi Mya”. Mom blogger tangguh ini berharap isi blog ini nantinya adalah hasil mengais hikmah yang berserak agar hal hal yang dilalui bisa penuh makna dan pelajaran.

Sebagaimana Imam Syafi’i pun menasehati
Ilmu adalah buruan dan tulisan adalah ikatannya
Ikatlah buruanmu dengan tali yang kuat
Termasuk kebodohan kalau engkau memburu kijang
Setelah itu kamu tinggalkan terlepas begitu saja. (Diwan Asy-Syafi’i)

Header Blog 

Header Blog Mbak Mya

Untuk domain website nantinya, emak 5 anak ini memilih dengan nama myawuryandari.com. Mbak Mya mengatakan agar mudah diingat sehingga menggunakan namanya sendiri seperti akun-akun media lainnya.

Kategori Blog

Sesuai judulnya, karena blognya berjudul "Catatan Belajar Ummi Mya", maka nantinya, akan ada beberapa bahasan tentang berbagai hal yang ditemui atau dipelajari. Adapun kategorinya terdiri dari;

1. The Story, berisi kisah yang bisa jadi kisah perjalanan diri sendiri, bisa kisah orang lain, atau kisah orang orang terdahulu yang sarat makna.
2. Parent-Thing, serba serbi pengalaman menajadi orangtua, seperti hamil dan melahirkan, merawat anak yang sakit, yang tentunya ada banyak pengalaman yang seharusnya bisa dituliskan. 
3. Dialog Iman, catatan dialog iman bersama anak anak yang seringkali perlu untuk dicatat agar bisa teringatkan kembali
4. Kreasi di dapur, berisi hasil percobaan berkreasi di dapur. Belum dalam taraf pandai, masih banyak meniru resep orang lain pun.
5. Review Buku, berisi ulasan buku buku yang saya baca.
Semoga pembaca bisa mendapat manfaat dari apa yang dituliskan.

Untuk memberi penegasan, maka tagline blog akan berbunyi “belajar untuk menulis dan menulis untuk belajar”. Salah satu adab pencari ilmu adalah menulis jika memiliki kemampuan untuk itu. Demikian, harapannya blog ini menjadi ajang berlatih menulis juga ajang menuliskan apa yang sudah dipelajari. Semoga Allah mudahkan, amin.

"Ikatlah ilmu dengan menulisnya."
Begitulah kata-kata yang pernah didengar. Ternyata itu adalah sebuah hadits. 
Dari ‘Abdullah bin ‘Amr dan Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
قيِّدُوا العِلمَ بالكِتابِ
“Jagalah ilmu dengan menulis.” (Shahih Al-Jami’, no.4434. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini sahih).

Karya Mom Blogger Tangguh di Bidang Literasi 

Kalian pasti terkesima dengan sederet karya yang ditelurkan mom blogger 5 anak ini. Kesukaan pada menulis diawali dengan ketertarikan untuk menjelaskan pelajaran yang dipelajari. Saat kuliah, Mbak Mya sangat tertarik dengan pandangan Islam tentang ilmu jiwa atau psikologi, jurusan kuliah yang diambil. Semakin mempelajarinya, semakin tertarik dan merasa tercerahkan. Melalui itu, kemudian mulailah menulis hal-hal yang berkaitan dengan Psikologi Islami dalam ajang lomba-lomba penulisan essay. Beberapa diantaranya mendapat apresiasi yang cukup membanggakan.

Tulisan essay

Berikut sederet tulisan essay mom blogger tangguh ini;
1. Psikologi Islam Memandang Kesehatan Jiwa ; Suatu Upaya Preventif, Kuratif dan Konstruktif yang Menyeluruh
Juara Harapan dalam ajang Lomba Esai Psikologi Islam Fakultas Psikologi UI 2005
2. Mengembangkan Prophetic Intelligence pada Remaja
Juara 2 dalam ajang Lomba Esai Psikologi Islam Fakultas Psikologi UI 2006
3. Membangun Dunia Lewat Dongeng
Juara 2 dalam ajang lomba Esai Psikologi Islami Psikologi Undip 2008
4. Optimalisasi Pendidikan Melalui Kelas Pisah Gender
Juara 2 dalam ajang lomba penulisan esai guru di lingkungan SIT Bina Amal 2012

Skripsi 

Selain itu, karya terlama adalah tugas akhir alias skripsi yang penggarapannya mencapai 3,5 tahun hehehe. Alhamdulillah setelah diterbitkan jurnalnya sebagai penelitian bersama dengan dosen pembimbing, yang bisa ditemukan beberapa jurnal yang memakainya sebagai referensi. Adapun skripsi yang dimaksud berjudul “Perbedaan Persepsi terhadap Kualitas Pernikahan antara Suami Istri yang Menikah dengan Pacaran dan Ta’aruf” dirampungkan ujinya pada tahun 2010.

Buku Antologi

Karya lainnya dari emak dengan 5 anak sampai saat ini adalah buku antologi. 
A. Buku Antologi Sayembara
1. Menjaring Cahaya , Binaran Hati Ibu Bahagia. Ihsan Media2019
2. Mengeja Cinta Pada NabiMu, Geliat Langkah Pejuang Shiroh Indie Publishing 2019
3. Sekantong Kisah untuk Si Penyejuk Hati Pejuang Literasi 2019
B. Buku Antologi Mandiri
1. Tutty Frutty new Mommy, Pejuang Literasi 2019
2. Ta’aruf Awal Cinta yang Ma’ruf, Pejuang Literasi 2019

Gimana, Teman-teman? keren bener kan ya mom blogger satu ini. Ndak salah aku melabeli beliau dengan mom blogger tangguh kan?

Naqiibatin Nadliriyah
Halo! Saya Naqi. Pembaca buku yang menulis beberapa topik di Serambi Naqiibah. Diantaranya tentang ulasan buku maupun film, tips, fiksi, finansial, dan review produk teman :)

Related Posts

5 comments

  1. Masha Allah, pengalaman penisnya sudsh melalang buana ya. Udah punya bakat tinggal semangat lagi utk di gaspol. Soosk inspiratif

    ReplyDelete
  2. Wah keren banget sih bisa tetep eksis ngembangin hobi meskipun ditengah padatnya aktivitas sebagai pengajar, seorang istri, dan ibu dari 5 anak.. kerennn

    ReplyDelete
  3. Masha Allah prestasinya keren bgt mba Mya. Essaynya luar biasa. Semog konsisten ngeblog dan pastinya bermanfaat untuk pembacanya ;)

    Terimaksih ulasan profil mom blogger tangguh ini mba. Lengkap sekali :)

    ReplyDelete
  4. Masya Allah ternyata beberapa nama pernah satu buku antologi. Nah termasuk mom Mya ini.

    Aku juga kontributor di tuuty fruty masya Allah. Luarbiasa emang udah jago nulis ya keren uey.

    Dosen fisikan ulasannya rapi tenan. Mantul

    ReplyDelete
  5. Aaaa, terpana aku terpana sama mbak Mya~ Heheh, dari background pendidikannya, sampai karya-karyanya yang nggak sedikit ^^

    Btw, ada cerita skripsweetnya~ Sukses terus buat mbak Naqib dan mbak Mya... Banyak ilmu yang dituangkan di blog ☆

    ReplyDelete

Post a Comment