Header Serambi Naqiibah

Kelas Gratis BRT Network: Candradimuka Optimasi SEO

51 comments
Konten [Tampil]

Desember sudah melewati minggu pertama, artinya tinggal 3 minggu lagi kita akan meninggalkan tahun 2021. Apa saja nih yang sudah kalian lalui selama 11 bulan lebih 1 minggu pada tahun ini? :")

Aku sendiri bersyukur sudah menuangkan ke dalam catatan menjelang akhir tahun. Sisa waktu di tahun ini aku habiskan untuk mengikuti beberapa kelas menulis di antaranya kelas gratis BRT Network ini. Kelas gratis blogging yang tak kalah asyik dengan komunitas belajar SEO dasar gratis lainnya . 

Penasaran, kan? Simak ceritaku sampai habis ya, Gais!

Kelas Gratis BRT Network: Candradimuka Optimasi SEO


Kelas Gratis BRT Network

Awal mula aku mengikuti kelas gratis BRT Network ini dapat info dari Mbak Marita, alumni kelas ini. Pas masuk kelas, baru sadar Mbak Marita ikut menjadi jajaran mentor di kelas ini.

Saat diundang di grup, aku baru tahu BRT ini singkatan Blogger Ruang Tunggu. Haha, bagaimana sih?

Ya, gimana dong. Setiap ada kelas blog yang diinfoin teman-teman blog dan aku tertarik, aku pun daftar. Selain itu, mumpung aku semangat setelah nyemplung dan mencoba aktif untuk update ilmu di dunia blogging.

Yang namanya kelas gratis, biasanya diremehkan. Tidak dengan kelas ini, ilmu yang dibagikan serta sederet aturan ketat dari para mentor membuatku terpacu. Maka tak heran jika ada yang menyebut kelas ini merupakan tempat kursus SEO terbaik, tapi aku lebih suka menyebutnya kawah Candradimuka para bloger.

Kawah Candradimuka Bloger Untuk Optimalkan SEO

Kelas tanpa paksaan dan biaya ini menang sedikit unik, haha. Kelas ini memang gratis. Tapi bukan berarti yang gratisan itu peserta dan mentor berbuat semena-mena ya. BIG NO! Di sini benar-benar peserta digembleng dengan sepenuh hati untuk bisa menjadi bloger yang profesional.

Kawah Candradimuka sendiri merupakan tempat penggemblengan kesatria agar menjadi kesatria yang kuat dan tangguh di dunia perwayangan. Bagiku, kelas gratis BRT Network sudah seperti kawah Candradimuka untuk para bloger biar makin tangguh dan hebat.

Nah, berikut alasanku untuk menyebut kelas gratis ini sebagai kawah Candradimuka optimasi SEO

1. Mentor yang Super Keren

Ditemani beberapa mentor keren yang siap menjawab setiap pertanyaan peserta. Para mentor ini merupakan mastah bloger senior yang sudah menelan pahit manis dunia blogging. Mereka semua bersedia meluangkan waktunya untuk berbagi dengan peserta.

Mentor yang super keren di kelas gratis BRT Network ada enam orang, antara lain:

a. Mas Pewe

Mas Punto Wicaksono yang lebih akrab dipanggil mas Pewe ini mengisi bagian SEO. Beliau terlihat sangat sabar membantu keluhan para peserta

b. Mbak Monica Anggen

Istri dari mas Pewe ini yang terlihat lebih tegas dari mentor lainnya, haha. Secara mereka berdua lah penggagas kawah Candradimuka ini.

c. Mas Priyo Harjiyono

Mastah bloger yang akrab dipanggil dengan mas Priyo ini dengan sabar membagikan ilmunya tentang tools yang membantu bloger seperti Google Analysis, dan GSC.

d. Mbak Gilang 

Mbak Gilang yang suka nimbrung memberi masukan kepada para peserta. Meskipun juga tak jauh beda dengan mbak Monic, sama-sama tegas dan menerapkan disiplin.

e. Mbak Marita Ningtyas

Mentor favorit sih kalau yang satu ini. Ya memang sebelumnya sudah bertemu di kelas Blogspedia Coaching. Akan tetapi, mbak Marita tetap profesional. Beliau dengan sabar menjawab pertanyaan di kelas tanpa memandang peserta dari alumni Blogspedia.

f. Mas Zen

Yang sering rusuh di grup biar kita tidak terlalu tegang. Akan tetapi beliau juga dengan sabar memberikan tips saat koding para peserta masih belum sesuai.

Meskipun begitu, mereka semua punya porsi masing-masing dan sangat tegas juga disiplin. Bagaimana pun, mereka sangat profesional dan memiliki ilmu yang dalam di dunia bloger.

Jadi memang sangat setuju kalau kelas ini menempa para bloger sekuat tenaga. Dengan didikan para mentor yang tegas dan disiplin, akan menghasilkan para bloger yang siap menerima tantangan bagaimana pun bentuknya.

2. Materi Daging seputar SEO

Kelas ini akan berjalan selama bulan Desember 2021. Dan jadwal selama dua minggu pertama bulan ini adalah dua kali sesi materi per minggu dengan dua kali tugas juga per minggu.

Sampai saat artikel ini ditulis, baru ada tiga materi yang kuterima, yaitu:

a. Membenahi template blog biar SEO friendly

Di sini nih, para peserta diminta mengecek template masing-masing. Gregetnya, kita diminta memastikan bahwa common, open graph dan struktur heading pada blog kita sudah sesuai SEO. 

Untuk mengecek ini kita menggunakan extension yang ada di Google Chrome, Meta SEO Inspector. Selanjutnya bisa mengganti template SEO friendly dengan mengoprek HTML masing-masing. 

Mbak Echa, teman sekelompok asal Situbondo juga setuju bahwa oprek HTML alias coding ini yang paling menarik dan harus fokus, karena sudah lama tidak mengotak-atik koding.

b. Optimasi SEO on page

Delapan belas parameter SEO yang dibagikan mas Pewe membuat diriku harus mengingat materi yang pernah diperoleh sebelumnya. Bedanya, di sini lebih lengkap lagi.

Lain lagi dengan cerita teman sekelompok asal Sulawesi Selatan, mas Muhammad Patintingan yang mengatakan materi ini yang paling menarik. Karena ini benar-benar ilmu yang baru bagi pemilik blog ceritaayah.

c. Google Analysis (GA) dan Google Search Console (GSC)

Tools gratis ini memang wajib dimiliki seorang blogger untuk analisis performa blog. Perbedaan GA sama GSC adalah kalau Google Analysis dipakai untuk mengukur performa blog terhadap user, sementara Google Search Console mengukur performa blog terhadap search engine Google.

Bagaimanapun materi yang penuh daging ini selama seminggu ini tidak ada apa-apanya, saat para mentor meminta keseriusan peserta mengikuti kelas gratis BRT Network ini.

"Yuk yang merasa sangat sibuk, mending keluar aja sekarang dari kelas ya. daripada sia-sia kami para coach udah bantuin, jelasin tapi tidak bertahan hingga akhir" - Mbak Monica 

3. Aturan dan Evaluasi yang Ketat

Bagaimana tidak menyebutnya sebagai Kawah Candradimuka. Setiap tantangan yang harus dikerjakan wajib on time, dan yang telat atau tidak mengerjakan, siap-siap angkat kaki keluar dari kelas gratis BRT Network ini. 

Evaluasi yang berlaku di kelas blogging ini berdasarkan  tugas, keaktifan dan usaha yang dilakukan peserta. Pssst, sampai aku menulis ini, tantangan yang ada di kelas optimasi SEO ini, bukan sembarang tantangan. Yang sangat membuat adrenalin semakin berpacu adalah kita dipaksa ngoprek HTML template blog kita, sendiri!

Saat ini kami dibentuk kelompok mini yang terdiri 6-8 orang. Untuk masing-masing kelompok wajib mengerjakan tugas masing-masing. Akan tetapi, apabila ada salah satu anggota yang tak bisa menyelesaikannya dengan baik, siap-siap satu kelompok akan diantar ke luar kelas.

Jadi, selain belajar optimasi SEO, kita akan dihajar dan dibenturkan dengan permasalahan bekerja dalam tim. Bagaimanpun, lulus dan bisa bareng-bareng lebih dihargai.

Kawah Candradimuka bloger untuk optimalkan seo

Tips untuk Bisa Lulus Kelas Gratis BRT Network 

Sesungguhnya aku sendiri belum yakin bisa lulus, namun melihat semangat teman-teman sekelompok aku harus yakin bisa lulus. Bismillah.

1. Niat

Yang pertama luruskan niat dulu dah mau ikutan kelas penuh effort ini. Bukan berarti kelas gratis bisa seenaknya. Jadi, ditata dulu niat untuk bisa mengikuti sampai lulus.

Mbak Echa, juga mengatakan bahwa dia yakin 100% lulus, karena 50% praktik dan 50% niat. Jadi, memang harus datang dari hati dulu :D 

2. Fokus

Kelas BRT Network ini memang gratis tapi sangat mahal isi ilmunya. Dan di sini memang mewajibkan para peserta untuk fokus. Baik itu fokus saat pemberian materi maupun pengerjaan tugas. 

Mau berdalih sibuk? Ente kira para mentor yang super keren tadi tidak sibuk, Maemunah? Justru mereka adalah orang-orang yang punya tabungan amal jariyah yang mengalir terus. Mereka pasti punya kesibukan sendiri dan masih memberikan ilmu yang dibagikan secara cuma-cuma.

Jadi, memang sebuah konsekuensi atas pilihan masing-masing. Kamu mengambil kelas ini, ya wajib untuk fokus di kawah Candradimuka ini.

3. Aktif 

Sistem belajar yang ada dalam kelas ini yaitu mentor tidak menyuapi. Akan tetapi peserta yang perlu aktif mencari referensi, aktif bertanya dan aktif berdiskusi

Peribahasa "malu bertanya sesat di jalan" memang sangat menemani para peserta kelas ini. Tapi larangan yang berlaku di kelas untuk bertanya via chat pribadi kepada mentor makin membuat kelas ini mencekam, haha. Ya itu artinya kamu wajib menyimak materi di grup dengan benar, Bambang!

Semua diskusi dilakukan di grup. Ketinggalan sebentar, bisa dipastikan kamu akan oleng, seperti aku. Maka, berpeganganlah bersama peserta lain.

Jangan harap kamu bisa diam-diam bertanya kepada admin yang merupakan mentor keren kelas gratis BRT Network ini. Ketahuan, sudah tentu akan diantar ke pintu gerbang luar kelas. :3

4. Siapkan Amunisi

Amunisi di sini yang bisa membantu dan memperlancar selama kelas dan pengerjaan tugas. Bisa dengan musik, makanan ataupun minyak dan koyo, hehe. Kalau aku pribadi sih selalu ditemani lagu favorit.

5. Manajemen Waktu

Ini yang tak kalah penting. Bagaimanapun kita memiliki dunia nyata entah di pekerjaan maupun keluarga yang juga harus kita perhatikan.

Mas Muhammad Patintingan juga mengatakan manajemen waktu lebih diperketat lagi. Bagaimana mengelola waktu antara pekerjaan, blogging, keluarga, dan sederet aktivitas lainnya. Selain itu konsistensi melakukan instruksi para mentor hingga bisa sampai di tahap ini.

Tips untuk Bisa Lulus Kelas Gratis BRT Network

Bagaimana? Sudah terasa aura api semangat dari kelas gratis BRT Network ini? Doakan aku bisa husnul khotimah di kelas ini ya, Gais! :)

Naqiibatin Nadliriyah
Halo! Saya Naqi. Pembaca buku yang menulis beberapa topik di Serambi Naqiibah. Diantaranya tentang ulasan buku maupun film, tips, fiksi, finansial, dan review produk teman :)

Related Posts

51 comments

  1. Harus banget nih memenej waktu di tengah kesibukan sehari-hari agar bisa fokus di kelas blog dari BRT Network ini.

    Semoga bisa lulus sampai materi akhir. Amin

    ReplyDelete
  2. dari ulasan teman-teman tentang kelas BRT ini, aku jadi lebih siap mental untuk ikut kelas berikutnya :D
    alhamdulillah, ternyata ada hikmah tidak lolos kelas bulan Desember ini. jadi bisa nyiapin semuanya :D

    ReplyDelete
  3. Bikin penasaran banget ini kelasnya, baru baca ulasannya usah pusing duluan haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihii. Gapapa Bunda. Kalau penasaran, incip2 materi yang ada itu, Bunda. Beberapa kan udah pernah dibahas emang

      Delete
  4. semangat menjalani kelasnya mbak. kyknya langsung auti jago deh wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah, Makasih Mbak Yul. Kalau auto jago sih belum ada jaminan. Auto mumet iya :D

      Delete
  5. Uhuk, favorit.. soalnya udah kenal sebelumnya. Senangnya lihat teman2 Cupuers belajar lebih lanjut di kelas yang udah bikin aku belajar banyak tentang blog. Semangaaat ya.. biar lulus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huhuhuu. makasih banyak y, Mbaaak. sudah menemani belajar sampai di titik inii. Sungkem wolak-walik

      Delete
  6. Mantaaapp semoga bertahan sampe akhir yaaa

    ReplyDelete
  7. Semangat ya buk dosen yang banyak banget aktivitasnya
    Push your limit dan berjuang sampai finish!!!!
    🔥🔥🔥🔥

    ReplyDelete
    Replies
    1. huhuu, tencuuu Kak Miaa. Ayo Kak Mia juga ikutan ntar yaa :D

      Delete
  8. Hmm banyak banget yang review kelas BRT ini ya.. Sepertinya seru!! Anak-anakku kekira kasih izin mamak ga ya ikutan kelas ini.. Duh sesungguhnya aku pengen ikuttt.

    ReplyDelete
  9. Semoga setelah belajar SEO, makin semangat ngeblog ya Kak.. jangan pernah bosan utk belajar di dunia blogging.

    ReplyDelete
  10. Semoga husnul khatimah, Mba. Membaca artikel ini membuat saya makin bersyukur karena tak jadi mendaftar tempo hari. Karena ada prioritas yang lebih dahulu diambil. 😊

    ReplyDelete
  11. Pengen ini, pengen itu, pengen banyak sekaliii aku tuh hehe, haris siapin mental, waktu, no baper, dan istiqomah pastinya. Dpt ulasan kelas ini jadi membara lagi nih buat fokus ngeblog dan nggak boleh moody. Tetep semangat ya mbak ....

    ReplyDelete
  12. Keren tulisannya Mbak Dii... Tampilannya juga enak buat dibaca😊😊 semoga lulus dan barokah ilmunya aamiin

    ReplyDelete
  13. Belajar hal baru emang nagih ya 😁 semangat sistah, eksplor diri eksplor dunia

    ReplyDelete
  14. Replies
    1. eh, ada papah keren. aku kira siapa el fahrezie -_-
      Makasih udah mampir loh, Pah.

      Delete
  15. Dari dlm lubuk hati pengen ikutan,, tapi kok skill ku msh jauh 🤣 semangat diah, smoga husnul khotimah.. aamiin

    ReplyDelete
  16. Suka sama kata-kata kawah candradimuka
    Semoga lolos terus ya di setiap tantangan

    ReplyDelete
  17. Semoga nanti bisa ikutan juga. Sekarang harus rajin nulis dulu sih 🤣
    Makasih sharingnyaa..

    ReplyDelete
  18. Makasih infonyaa. Jadi pengen ikutan kelas yang bermanfaat seperti ini...

    ReplyDelete
  19. Aku telat masuk kelasnya huhu 😭 liat hectic nya temen2 jadi penasaran deh sama kelasnya. Semoga next ada kesempatan
    Seru banget ya mba kelasnya, semoga bisa optimasi blog d kelas ini

    ReplyDelete
  20. Udah kubayangkan betapa memacu adrenalinnya kelas ini, untuk saat ini kebetulan belum friendly buat aku, jadinya urung isi form pendaftaran kelas gratis BRT ini. Next semoga waktu yang tepat berpihak dan ada kelas gratis lagi biar bisa ikut ..

    ReplyDelete
  21. Butuh skill dan ketelatenan yang tinggi.. Keren banget deh ini kelasnya... Mau ikutan di next batch, semoga masih ada kesempatan...

    ReplyDelete
  22. "Kawah Candradimuka"
    Menarique Syekalii
    Sukses selalu, semangat, olwais produktip pokoknya ya

    ReplyDelete
  23. Pusing gak sih mbak mantengin kode-kode yang rumit gitu? Aku pingin banget ikut, tapi gak siap ngatur waktunya

    ReplyDelete
  24. Keren, bisa dicoba nih sama anak muda jaman sekarang.

    ReplyDelete
  25. Sangar banget ini kelas. Udah mirip ospek jurusan tambang wkwkwk. Digojlok dengan materi yg bermanfaat tentunya. Beuh, berasa banget tegangnya sampai Chicago sini mbak naqii :D

    ReplyDelete
  26. Berproses tanpa kenal lelah ya, boleh dong dikasih tahu ilmunya. Biar kita juga tahu sebagai cupuers

    ReplyDelete
  27. Mantap, terus berproses hingga sukses merangkulmu, Aamiiiiin

    ReplyDelete
  28. taktambhi dunk tipsnya selain bismillah adalah istigfar pasalnmya istigfar adalahcara kita menagatsi kesulitan maka banayk istigfar agar dapat menemukan solusi tiap dapat tantangan dari kelas BRT ini, tapi bener nih 5 poin buat lulus BRT harus ngapain aja .. ingat niat itu paling urgent

    ReplyDelete
  29. keren sekali kakak, semakin mmbuatku ingin bergabung dn bsa lulus aamiin

    ReplyDelete
  30. Ini kelasnya bener-bener antimainstream deh. Suka gaya kelas beginian, gratis tapi profesional. Next bakalan ikutan insya Allah.

    ReplyDelete
  31. Wah Candradimuka nih istilahnya. Semoga kakak makin semangat ngeblognya ya setelah paham SEO

    ReplyDelete
  32. Halo, salam kenal, Kak Naqi. Semoga lancar lulus sampai selesai ya.. Saya baru tahu juga kalau singkatannya Blogger Ruang Tunggu.

    ReplyDelete
  33. Wah menginspirasi banget, semoga niatanku untuk menulis blog juga tidak sekedar niat ya ehehheehhe

    ReplyDelete
  34. Mbok aku diajari mbak.. Ben iso aktif ngonten ngene.. Konten sih sakjane wis enek, cuma malese iku loooh.. 🤣

    ReplyDelete
  35. Informasi bermanfaat banget. Tapi kadang manajamen waktu gak semudah teorinya. Hiks. Karena aku sudah fokus kali ya. Hahaa

    ReplyDelete
  36. Wah seru sekali mbak, pasti bermanfaat

    ReplyDelete
  37. Semoga lulus kelasnya Mba. Dibaca aja ud bikin dag dig dug ser, apalagi jadi murid di kelas ini yaaaa..tapi aku pengen...duh semoga Allah memudahkan

    ReplyDelete
  38. Mbak aku komen pas udah bukan peeserta lagi nih hahahha btw, kayaknya aku bakal daftar lagi deh kalau kelasnya buka lagi tahun depan. Nagih banget

    ReplyDelete

Post a Comment