Header Serambi Naqiibah

SEO Moms Community, Komunitas Belajar SEO Dasar Gratis

3 comments
Konten [Tampil]

SEO Moms Community, sebuah komunitas blogger perempuan yang digunakan untuk belajar SEO dasar gratis. Setelah mengikuti Blogspedia coaching, aku menyemplungkan diri untuk mengikuti kelas SEO di komunitas ini mumpung sedang dibuka.

Eh, SEO? CEO kali? Bukan, SEO yang merupakan kepanjangan dari Search Engine Optimization alias mengoptimasi artikel kita biar bisa nangkring di halaman pertama mesin pencarian seperti Google. Cung, siapa di sini yang ndak suka kalau blognya dikunjungi banyak orang dari mesin pencarian Google?

SEO Moms Community


SEO Moms Community

Sesuai namanya, Komunitas blogger yang mengkhususkan untuk para perempuan Indonesia sebagai media pembelajaran tentang SEO ini tak bisa dilewatkan begitu saja. Karena apa? Tentu tak lain dan tak bukan adalah karena gratis, hehe. Selain itu ada fakta menarik lainnya loh. Oleh karena itu, kita berkenalan dulu yuk.

Sejarah Lahirnya SEO Moms Community

SEO Moms Community didirikan pada tanggal 25 Januari 2020. Foundernya merupakan seorang praktisi SEO yang memiliki nama tenar Qbenk atau Bang Q. Sementara nama aslinya M. Sahlan.

Fakta menarik dibalik lahirnya SEO Moms Community adalah sebagai dedikasi Bang Q untuk almarhumah ibunya. Ibunya yang sangat disayangi tersebut wafat November 2019 . 

"Kita di sini akan belajar SEO dan seluk beluknya dengan bahasa yang mudah dimengerti dan insyaallah mudah dipraktikkan." Bang Q


Koordinator Wilayah SEO Moms Community

Sejak awal tahun 2021 ini, SEO Moms Community dibagi per wilayah. Setiap wilayah dipegang oleh seorang koordinator. Nah, dalam kegiatannya, sang founder dibantu dengan beberapa tim koordinator wilayah, antara lain:

  • Wiwin Pratiwanggini (Koord. Wilayah Jateng - DIY)
  • Arda Sitepu (Koord. Wilayah Sumatera)
  • Rahma Chemist (Koord. Wilayah Jawa Timur)
  • Dwi Adikara (Koord. Wilayah Jawa Timur)
  • Mugniar (Koord. Wilayah Sulawesi)
  • Rizky Masdila Ananda (Koord. Wilayah Bali Nusra)
  • Lidya Fitrian (Koord. Wilayah Jabodetabek)



Kegiatan SEO Moms Community

Namanya sebuah komunitas, pastinya ada suatu kegiatan yang diadakan untuk menunjukkan keberadaan komunitas tersebut. Begitu pula dengan SEO Moms Community. Beberapa kegiatan yang dilakukan dalam komunitas ini adalah sebagai berikut: 

Kegiatan SEO Moms Community

1. Kelas Belajar SEO Dasar

Nama SEO Moms Community sendiri sudah terlihat sangat fokus dan spesifik yakni belajar SEO untuk para blogger perempuan. Nah, menrut Bang Q sendiri kelas dasar SEO pada SEO Moms Community sebagai media belajar secara online berdasarkan pedoman webmaster Google.

"Tidak ada yang sulit mempelajari SEO" - Bang Q

Karena SEO merupakan sebuah permainan yang menyenangkan. Jangan pernah menganggap sulit karena alam bawah sadar kita nanti akan menyulitkan kita sendiri. Siapa pun gurunya, di mana pun kita belajar.

SEO sendiri secara mudahnya adalah cara kerja algoritma yang digunakan mesin pencari. Sementara kunci utama mesin pencari Google itu ada pada Google Search Console atau GSC. 

Nah, di sini terbagi menjadi dua, SEO on page dan SEO off page. Untuk SEO on page sebagai materi pertama yang didapat dari kelas ini, tak henti-hentinya diingatkan bahwa struktur dari dalam blog kita yang sangat berpengaruh. 

Struktur tersebut antara lain:

  • Judul blog/tittle
  • Deskripsi blog
  • Deskripsi penelusuran
  • Tag no indext txt
  • Struktur konten
  • Permalink
  • Tampilan dan struktur widget
  • Page speed (experience)

Nah, materi SEO  pada kelas SEO Moms Basic 4 ini lebih dalam dari kelas blog yang ikuti sebelumnya, tentu sangat bergizi. Mau gabung? Ikut saja kelas selanjutnya ya :D.

2. Kopdar Virtual

SEO Moms Community juga mengadakan kegiatan kopdar secara virtual setiap bulan melalui Google Meet. Sebagai sarana refresh ilmu dan silaturahim sekaligus lepas kangen antar member, admin dan founder.

3. Kerjasama

Selain fokus pada pembelajaran SEO dasar, SEO Moms Community tak menutup kerjasama dengan pihak-pihak lain dalam berbagai bentuk. Beberapa kerjasama yang sudah terjalin antara lain  dengan Qwords, SHer Stories, Niagahoster, Ruang Pulih dan lain sebagainya.

Demikian kelas dalam komunitas Blogging yang kuikuti, SEO Moms Community. Doakan Naqi bisa belajar dengan benar ya, hehe :)


Naqiibatin Nadliriyah
Halo! Saya Naqi. Pembaca buku yang menulis beberapa topik di Serambi Naqiibah. Diantaranya tentang ulasan buku maupun film, tips, fiksi, finansial, dan review produk teman :)

Related Posts

3 comments

  1. masyaAllah seru dan panen ilmu bangeeeeet.. bagi infonya kalo open regis lagi ya mb :D

    ReplyDelete
  2. Wah asyik ya jika bisa belajar bareng gini. Akupun belajar SEO masih tertatih2...kelas ini memberi wawasan baru perSEO-an

    ReplyDelete

Post a Comment