Header Serambi Naqiibah

Teknologi Internet Menjadi Superhero bagi Kelana Scarves

21 comments
Konten [Tampil]

Internet di masa kini sudah menjadi kebutuhan primer apalagi setelah disapa pandemi selama 2 tahun. Begitu diberlakukan PPKM untuk mencegah adanya penyebaran pandemi, sektor perekonomian pun terkena imbas. 

Selama PPKM, kegiatan ekonomi hanya boleh berjalan dengan pembatasan dan protokol kesehatan yang ketat.

Manfaat Internetnya Indonesia terhadap Kelana Scarves

Kegiatan pembatasan ini tentunya jadi masalah bagi sektor UMKM maupun bisnis yang berbasis offline. Bagaimana pun, pandemi COVID-19 mengubah hampir seluruh aktivitas dan kebiasaan masyarakat menjadi berbasis daring. 

Yang biasanya haha-hihi nongkrong di mall, belanja ke pasar, pun masuk ke dalam rumah masing-masing. Manfaat internet, terutama internetnya Indonesia, makin dirasakan saat pandemi. Belanja kebutuhan, segalanya dilakukan melalui aplikasi yang tersambung ke jaringan internet. Rapat atau meeting proyek maupun dengan klien yang diadakan mendadak berubah bentuk menjadi daring.

Kelana Scarves, UMKM Brand Fashion Kekinian

Kita tahu persis bahwa ekonomi Indonesia sedang ditopang UMKM. Geliat UMKM terlihat sejak masa krisis 98 yang akhirnya terbukti mampu bertahan di tengah krisis moneter.

Sejak era pandemi berlangsung, bisnis dengan memanfaatkan jaringan internet lebih memberikan angin segar kepada para pelaku bisnis.

Kelana Scarves merupakan salah satu brand fashion lokal milik seorang teman yang masih survive bahkan masih terus naik penjualan saat ini. Dengan model kekinian versi anak muda yang sedang digandrungi, UMKM ini menjadi salah satu pilihan belanja pakaian untuk para perempuan muda.

Nama Brand Kelana Scarves

Sebenarnya sebelum diputuskan menjadi nama Kelana Scarves, brand milik Anggris Bani Riska ini awalnya bernama I Wear Bunch Hijab (IWBH). Dia mengaku nama IWBH agak sulit pelafalannya sehingga dia butuh re-branding usaha kecilnya ini agar lebih mudah diingat orang. 

Pada akhirnya, nama kelana menjadi menarik perhatian Anggris dan diputuskan untuk menjadi nama Kelana Scarves pada tahun 2019, dengan motto Beauty with Simplicity. Selain nama yang mudah diingat, dengan menggunakan nama Kelana dia ingin produknya ini nantinya bisa berkelana di seluruh Indonesia. 

Lokasi Offline Store dan Gudang Kelana Scarves

Untuk lokasi toko offline Kelana Scarves bertempat di Dsn. Pateguhan, Jl. WR. Supratman No.26, RT.6/RW.6, Kanyoran, Tawang Rejo, Kec. Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur 67156. Atau kalian bisa search di Google maps dengan menggunakan kata kunci Kelana Scarves. Nantinya kalian akan dituntun ke tempat yang benar.

Lokasi toko offline Kelana Scarves

Manfaat Internetnya Indonesia bagi Kelana Scarves

Kita tahu pasti kebutuhan sebuah usaha online pasti harus didukung jaringan internet yang mumpuni. Kita yang tinggal di Indonesia wajib bersyukur karena ada akses internetnya Indonesia yang bisa dijangkau dengan mudah. Nah, manfaat internet bagi toko online, khususnya Kelana Scarves antara lain:

1. Membantu Pencatatan Penjualan

Sebuah usaha harus memiliki pencatatan arus kas keuangan (cashflow). Nah, Kelana Scarves pun memakai aplikasi pencatatan penjualan yang sifatnya berlangganan dan untuk mengaksesnya butuh internet.

"Mempertahankan kas adalah kunci UMKM agar masih survive." Andhika Diskartes, konsultan keuangan.

Hal ini yang juga dilakukan Kelana. Saat dirasa terlalu banyak pengeluaran untuk endorse, atau foto katalog produk, maka mereka akan mengerem terlebih dahulu pengeluaran tersebut.

Dalam pencatatan keuangan Kelana Scarves terdapat catatan barang masuk, modal barang, jumlah stok, laporan rinci per jual di tiap marketplace/channel. Selain itu ada laporan laba rugi dan cashflow yang bisa diambil dari sana secara langsung. Yang lebih menenangkan adalah laporan dari aplikasi yang digunakan bersifat realtime.

Manfaat Internetnya Indonesia bagi Kelana Scarves

2. Membantu Bagian Operasional

Untuk operasional, Kelana Scarves lebih memilih untuk menggunakan Olsera Pos, aplikasi kasir yang dapat menerima beragam jenis pembayaran. Sebelumnya menggunakan aplikasi serupa, tapi biaya langganannya lebih mahal.

Aplikasi yang digunakan ini bisa dapat menerima cash, debit, kartu kredit, cash on delivery, hutang hingga cicilan pembayaran. Bahkan Olsera ini juga telah mendukung metode pembayaran melalui EDC Cashlez dan OVO payment. Software kasir yang canggih nan fleksibel.

Dan tentunya saat mengakses aplikasi kasir itu sudah pasti membutuhkan jaringan internet.

3. Sebagai Digital Marketing Tools

IWBH memulai kembali dengan brand Kelana Scarves pada tahun 2019. Proses re-branding menjadi Kelana Scarves pun awalnya dirasa sulit, karena seperti memulai mengenalkan dari awal. Akan tetapi dengan bantuan internet untuk digital marketing lebih mudah.

Manfaat Internetnya Indonesia sebagai marketing digital

Kelana awalnya menawarkan pembelian produknya melalui dua (2) channel, yaitu marketplace Shopee dan WhatsApp Business. 

Akan tetapi, kini hampir berjalan selama empat (4) tahun, selain dua channel tersebut, ada Fanspage Facebook, marketplace Tokopedia, Tiktok Shop, Toko Instagram yang tiap channel memiliki fungsi masing-masing.

  • Untuk Instagram biasa digunakan untuk konten, yang bertujuan soft selling produk. Baik melalui instagram post berupa foto/video reels maupun instagram story
  • Pada treatment yang dilakukan pada Fanspage adalah memasang FB ads yang terhubung dengan Google Maps toko offline yang berada di Pandaan.
  • Selain ads yang dipasang ke Fanspage FB, Kelana juga beberapa kali mencoba melakukan endorse ke influencer/selebgram. Sambil testing A/B tiap influencer yang efeknya pasti berbeda.
  • Bagaimanapun orang-orang masih ada yang ragu untuk membeli secara online karena tidak bisa melihat dan menyentuh barangnya secara langsung. Nah, bagaimana Kelana menangani keraguan customer ini? Maka dibuatlah agenda live Shopee, Tiktok Shop, Instagram yang bisa tanya secara langsung produknya seperti apa, bahan dan warnanya bagaimana.

Tentu saja, semua digital marketing yang dilakukan Kelana adalah dengan bantuan internetnya Indonesia, IndiHome.

Platform media sosial yang sering digunakan di Indonesia

4. Menjadi Pasar

"Aku mau brand punyaku ini punya tempat di Mall, Mas. Kayaknya enak ya, Mas?" ucap owner Kelana Scarves, perempuan yang gesit ini pada suaminya beberapa tahun yang lalu. Suaminya pun hanya tersenyum mengangguk saja. 

Pemilik owner Kelana Scarves ini mengaku dulu dia bercita-cita hal tersebut, sekitar 3 tahun yang lalu. Tapi untuk sekarang, belum menjadi perhatian utama.

Sekarang, setelah melalui pandemi 2 tahun, malah ada kejadian unik. Brand yang ada di mall malah shifting, beralih ke digital, melayani customer via online, pesan antar, dsb.

"Gimana, sekarang masih mau punya toko di mall?" goda suaminya.

"Hmmm, belum dulu deh. Cukup offline store di Pandaan. Kita membesarkan digital market saja dulu ya," pungkasnya sambil menyeruput White Lotus yang sudah dipesannya.

5. Riset untuk Target Market

Hal yang tak kalah penting yang dilakukan Kelana Scarves adalah riset. Sebuah bisnis tanpa dilakukan riset, tidak akan berjalan dengan maksimal. Hal inilah yang juga disadari Kelana Scarves.

Dengan menggunakan FB Ads serta bantuan Search Engine, mereka bisa mengupayakan target area customer yang awalnya terbanyak ada di luar Jawa Timur, perlahan area customer lebih banyak di Jawa Timur, bahkan di kota tempat Offline Store pun sudah mengenal toko kecil Kelana.

Ringkasan penggunaan internet di Indonesia

IndiHome, Internetnya Indonesia

PT. Telkom Indonesia merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa layanan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan jaringan telekomunikasi di Indonesia. Dari bidang tersebut, Telkom Indonesia pun membuat layanan digital yang bernama IndiHome.

Layanan digital dari Telkom Indonesia ini menyediakan Internet Rumah, Telepon Rumah dan TV Interaktif (IndiHome TV) dengan beragam pilihan paket. Saat ini, jaringan IndiHome sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia, dan terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan internet yang lebih baik bagi masyarakat.


IndiHome, Pilihan Operasional Kelana Scarves

IndiHome yang menjadi internetnya Indonesia ini pun dipilih owner Kelana Scarves. Ada beberapa alasan yang menjadi dasar pemilihan IndiHome oleh Kelana, antara lain: 

1. Ada Akses di Pandaan

Alasan utama owner Kelana Scarves yang tinggal di Pandaan, kabupaten Pasuruan ini untuk memilih IndiHome adalah ada akses yang mudah. IndiHome memberikan sebuah akses internet cepat yang mudah di kota kecil ini. Hal ini sejalan dengan mottonya, aktivitas tanpa batas.

2. Jaringan dan Sinyal yang Paling Stabil

Internetnya Indonesia ini mengaku memiliki jaringan dan sinyal yang paling stabil. Dan itu memang dibuktikan Kelana. Selama menggunakan segudang aktivitas tanpa batas tentang bisnis, jaringan dan sinyal yang diberikan layanan IndiHome stabil.

3. Bisa Upgrade Pilihan Paket yang Up to 50 mbps

Bayangkan saja kebutuhan internet untuk akses live IG, Shopee, Tiktok Shop. Belum untuk akses yang lain, seperti meeting zoom dan sebagainya. Kalau tidak upgrade ya pasti tidak akan kuat menahan jaringan yang digunakan. Oleh karena itu, Kelana memutuskan untuk upgrade pilihan paket yang up to 50 mbps demi kenyamanan berjalannya bisnis.

Pilihan paket IndiHome untuk menunjang kegiatan aktivitas tanpa batas inilah yang menjadikan Kelana survive di dalam market online. Nah pilihan paket ini bisa kalian lihat pada laman https://indihome.co.id/paket/daftar.

Sampai disini, kata siapa UMKM di masa sekarang akan sulit berkembang? Justru sekarang lebih memudahkan dengan memulai UMKM dengan internet, kan? Dan Internetnya Indonesia sudah menjawab keresahan ini.

"Bisnis F&B (Food and beverage) masih akan bagus. Akan tetapi online akan pasti lebih tinggi. Buat saya, kita sebagai manusia suka akan hal yang baru, hal yang aneh, hal yang belum pernah dicapai. Dan semuanya akan berjalan ke arah digital. Mau kamu bisnis F&B, kuliner, sepatu, pasti akan ada channel digital. Paling tidak ada identitas digital di media sosial" Andhika Diskartes, konsultan keuangan

Kesimpulan 

Seperti yang terjadi pada Kelana Scarves, agar bisnis online yang dijalankan bisa berjalan dengan lancar tanpa hambatan maka dibutuhkan jaringan internet yang stabil dan bisa mendukung aktivitas tanpa batas bagi pelaku bisnis. Kebutuhan inilah yang dijawab dengan layanan internet dari Telkom Indonesia melalui IndiHome. Dan tentunya, merupakan internetnya Indonesia.

Nah, untuk kalian yang ingin terjun ke dunia bisnis, bisa juga kok. Tentu tidak semudah membuat mi instan. Akan tetapi dengan niat dan tekad kuat, dilakukan dengan kerja keras dan cerdas. Apalagi sekarang kita sebagai penduduk Indonesia bisa memulai memaksimalkan manfaat dari internetnya Indonesia. Bersama IndiHome, raih mimpi indahmu. 


Referensi

  1. Dedi Purwana ES, dkk. 2017. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menenngah (UMKM) di Kelurahan Malak Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM) vol 1 no. 1.
  2. https://indihome.co.id/
  3. https://lifepal.co.id/media/keuntungan-dan-kerugian-belanja-online/
  4. https://telkom.co.id/sites
  5. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2022/
  6. Wawancara ekslusif dengan owner Kelana Scarves, Sabtu 16 Juli 2022


Naqiibatin Nadliriyah
Halo! Saya Naqi. Pembaca buku yang menulis beberapa topik di Serambi Naqiibah. Diantaranya tentang ulasan buku maupun film, tips, fiksi, finansial, dan review produk teman :)

Related Posts

21 comments

  1. Kelana ini bisa jadi gambaran buat buka bisnis online. Tp sayangnya rumahku yang di pelosok, msh sangat terkendala sama jaringan internet. Klo mau ikut zoom meeting aja harus nyari wifi di cafe yg "agak" jauh atau ke wifi.id di telkom

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat ya, Kak. Bener ini wifi di telkom juga bisa jadi pilihan kalau belum bisa pasang wifi yaa

      Delete
  2. Waah bener sekali mbak. Dengan internet memang bisa meluaskan jangkauan pembelian ya. Bisa jualan online di rumah tanpa harus sewa tempat di mall

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuuul. sekarang mah yang penting jualan dulu, yang penting produk kita dikenal lah yaa

      Delete
  3. Manfaat internet emang bisa dirasakan di semua lini kehidupan. Khususnya untuk usaha UMKM seperti Kelana Scarves ini. Apalagi mode pembelian orang-orang sekarang udah banyak berganti ke online kan.

    ReplyDelete
  4. Sebagai yang juga menggeluti jual beli daring, saya berharap ISP bisa lebih merata jangkauannya di Indonesia jadi ke pelosok pun dapat fasilitas Internet yang baik.

    ReplyDelete
  5. Saat pandemi peran internet bagi banyak pihak sangat jadi prioritas. Termasuk bagi para pelaku usaha. Kemampuan digital marketing jelas harus mumpuni kalau mau online marketing nya banyak closing

    ReplyDelete
  6. perlu banget yang namanya internet untuk mendukung pelaksanaan bisnis online. Sekarang semua kerjaan atau bisnis udah bisa dilakukan secara online, tanda tangan digital, semua bisa. Dan pastinya jaringan internet yang kuat bener bener dibutuhkan nih, biar proses berbisnis kayak bikin nota penjualan, pengiriman, atau packing bisa berjalan lancar

    ReplyDelete
  7. IndiHome memang internetnya Indonesia ya mbak mampu menjadi jembatan yang membantu menyukseskan UMKM. Berkat IndiHome pula kini UMKM bisa bangkit pasca pandemi. Pencatatan makin rapi, proses transaksi barang lancar bahkan penghitungan keuangan juga rapi sehingga memungkinkan bisnis semacam ini kian maju dan menjadi ladang penghasilan bagi ownernya.

    ReplyDelete
  8. Banyak banget manfaat dari internet ya mbak terutama untuk membantu UMKM. Makanya perlu banget jaringan internet yang stabil seperti IndiHome. Biar kerjaan bisa beres dan bisnis pun makin lancar.

    ReplyDelete
  9. sekarang jadi serba praktis dengan adanya internet koneksi cepat dan stabil seperti IndiHome ya, buat bisnis UKM pun jadi terbantu kita gak perlu repot lagi hadapi klien dari jarak jauh.

    ReplyDelete
  10. Usaha zaman sekarang memang mesti melek digital ya. Setelah ini aku jadi paham, kenapa ada beberapa usaha yang selama pandemi malah makin maju berkembang. Soalnya mereka modal internet sehingga bisa up to date sama perkembangan zaman.

    ReplyDelete
  11. Kalau pandemi emang yang paling cocok tuh bisnis online. Meskipun UMKM sempat terpuruk tapi Kelana bisa tetep survive yah. Apalagi saat ini ada IndiHome yang bisa menjangkau sampai pelosok negeri.

    ReplyDelete
  12. Betul sekali pandemi merubah kebiasaan offline menjadi online. Keberadaan internet sangat samgat di butuhkan bahkan menjadi candu, lha gimana lagi sekolah online, rapat online, kerja online, arisan, reunian smuaa onlinešŸ¤©.

    Cukup pakai daster dankrudung besar sdh deh tampil di depan laptop ya mak....

    Nah keberadaan indihome paket komplit internet dan tv kabel sangat bermanfaat apalagi simple cuma bayar dg 1 tagihan saja yaks.

    ReplyDelete
  13. Untung ada internet ya mbak
    Dengan adanya internet, bisnis online seperti Kelana Scarves bisa semakin maju dan berkembang ya mbak

    ReplyDelete
  14. Kalau jaringan internetnya stabil, maka memudahkan untuk melakukan aktivitas apa saja. Apalagi di era digital seperti saat ini, yang memang kebutuhan internet jadi utama

    ReplyDelete
  15. IndiHome emangg jadi superhero sih di tengah pandemi. ngebayangin ngga ada internet sampe ke pelosok, gimana belajar onlinenya, gimana kerjaannya, huhu bersyukur bangett ada internetnya Indonesia

    ReplyDelete
  16. Aku enggak bisa ngebayangin, seandainya pandemi terjadi di zaman dulu yang internetnya blm kayak sekarang. Sempat mikir, gimana perekonomian, gimana pendidikan. Pandemi kemarin, bener2 nayadarin akan manfaatnya internet yang tiada batas.

    ReplyDelete
  17. Kerennn ... bisnisnya jadi lancar jaya ya dengan hadirnya internet. Dibalik musibah yang ternyata ada berkahnya

    ReplyDelete
  18. Jaringan internet di Indonesia sekarang emang amat sangat mendukung sekali di bidang ekonomi dan bisnis ya kak

    ReplyDelete
  19. Kendali penuh dari bisnis online memang terletak pada jaringan internet yang cepat yaa.. Dan bersama IndiHome, bisnis Kelana Scarves bisa terus maju dan terus berinovasi.

    ReplyDelete

Post a Comment