Header Serambi Naqiibah

PINA, Aplikasi Catatan Keuangan Pribadi Terbaik

28 comments
Konten [Tampil]

Siapa yang disini suka mencatat keuangan pribadi masing-masing? Sejak mengenal personal finance, aku lebih membiasakan untuk selalu mencatat uang yang masuk-keluar dan merencanakan keuangan (budgeting). Dari situ aku belajar ngerem untuk tidak terlalu boros di satu pengeluaran.

Nah, kali ini aku kasih tahu aplikasi catatan keuangan yang menurutku kece badai. Apa itu? Simak dah.

PINA, Aplikasi Catatan Keuangan Pribadi Terbaik

PINA merupakan aplikasi catatan keuangan pribadi yang didesain khusus untuk mewujudkan kebebasan finansial semua orang, terutama para investor. Serius? Baca sampai akhir deh.

PINA, Aplikasi Catatan Keuangan Pribadi Terbaik

Selain menggunakan PINA untuk catatan keuangan pribadi, kita juga bisa menjadikan PINA sebagai aplikasi budgeting maupun aplikasi investasi. Hah, kok bisa? Simak deh, sekalian pengalamanku mencintai aplikasi ini.

Fitur Aplikasi PINA

Aplikasi PINA ditunjang dengan fitur-fitur keren yang bisa membantu mewujudkan kebebasan finansial setiap orang, terutama investor pemula. Apa saja fitur keren dari aplikasi PINA tersebut?

1. Home

Pada tampilan home aplikasi PINA ini berisi informasi notifikasi, profil kita sebagai pengguna, pencarian instrumen aset saham maupun reksadana. Selain itu, ada juga ringkasan total networth kita, budget pengeluaran, dan goal keuangan.

Beberapa tutorial dalam menggunakan aplikasi dengan maksimal seperti cara membeli reksadana, top-up dan tarik dana rekening RDN dsb. pun bisa dilihat pada tampilan home aplikasi PINA ini. Yang lebih mengasyikkan, kita bisa konsultasi bersama Certified Financial Planner (CFP), tentu saja gratis!

Di bagian akhir tampilan home aplikasi PINA kita juga bisa melihat watchlist saham maupun reksadana yang bisa kita pilih untuk berinvestasi. Seru, kan?

2. NetWorth

Ya, namanya saja NetWorth, mempunyai arti total kekayaan yang dimiliki seseorang dari total keseluruhan aset setelah dikurangi nilai kredit dan sewa. 

Nah, pada fitur NetWorth aplikasi PINA ini berisi informasi tentang total aset yang meliputi akun finansial, investasi, jaminan hari tua, maupun aset yang dimiliki di luar aplikasi PINA. 

Selain itu, untuk mengetahui NetWorth, wajib pula kita tahu nilai total liabilitas (pengeluaran seperti utang kartu kredit, cicilan kendaraan atau hunian, pinjaman dsb). Pada aplikasi PINA pun disediakan kolom pengisian liabilitas kita. Oleh karena itu, kita bisa tahu kesehatan finansial dan kekayaan bersih milik kita dengan mudah..

3. Save - Aplikasi Perencanaan Keuangan, Budgeting dan Catatan Keuangan

Fitur ini yang paling saya suka. Fitur save pada PINA membuat dia berguna sebagai aplikasi perencanaan keuangan. Dari fitur save, kita bisa melacak dan merencanakan keuangan kita dengan bijak dan otomatis. Biasanya, saya hanya mengatur bujet bulanan dan mencatatnya secara manual, di Ms. Excel. Hiks.

Aplikasi Budgeting

Selain itu, fitur save juga membuat PINA bisa menjadi aplikasi budgeting. Kita bisa mengatur bujet secara otomatis, apalagi saat kita menghubungkan akun finansial kita seperti GoPay atau OVO. Beeeh, segala pengeluaran di sana kita auto tercatat dong! Tak ada lagi boncos gelap yang tak kita ketahui kemana uang kita pergi. 

Apalagi saat kita sudah mengatur bujet untuk makanan segini. Pas kita lihat hasil lacaknya sudah mendekati bujet. Seakan ada alarm, hei pengeluaran makanmu bulan ini sudah segini, padahal masih tanggal sekian. Hempas jauh-jauh keinginan jajan di luar!

Sebagai aplikasi catatan keuangan pribadi, tentu saja PINA bisa membantu kita mengatur bujet tanpa pusing dan ribet lagi. Karena kita bisa mengatur pendapatan dan pengeluaran sesuai kebutuhan kita dalam satu aplikasi kan?

4. Invest - Aplikasi Investasi Terpercaya

Dari fitur invest Aplikasi PINA, kita juga bisa buat Goal keuangan di fitur invest ini, seperti mempersiapkan dana darurat, investasi umum, membeli rumah idaman, mempersiapkan dana pensiun, memiliki kendaraan pribadi, mempersiapkan pendidikan anak, renovasi rumah bahkan untuk persiapan pernikahan.

Nah, dari pilihan goal keuangan kamu bisa buat rencana masa depan yang dimonitar para ahli dan bebas pilih maupun kelola portofolio investasimu sendiri. Mulai dari pantau harga investasi incaranmu atau investasi otomatis menggunakan reksadana yang otomatis telah disesuaikan dengan goal dan profil risiko investasimu! Sat set tanpa ribet ngitung sendiri kan?

Di dalam fitur invest ini lengkap dan transparan, mulai dari pantau dana yang bisa digunakan untuk membeli aset, gambaran investasi di PINA, status dan riwayat pembelian aset serta fitur top up dan tarik dana ke rekening dan cari emiten atau produk investasi. 

Yang tak kalah penting Aplikasi PINA ini sudah aman dan terpercaya karena sudah terdaftar di OJK dan memiliki sederet lisensi dan keamanannya.

Aplikasi Investasi Terpercaya

5. Classroom

Yang lebih unik, di dalam aplikasi PINA terdapat fitur classroom. Fitur ini berisi beberapa informasi dari ahli keuangan terpercaya yang bisa diakses kapanpun kita membutuhkannya.

Informasi seputar keuangan yang bisa diakses mulai dari cara menabung, kesehatan keuangan, mengelola pemasukan dan pengeluaran hingga berinvestasi. Cukup lengkap kan?

Fitur pada Aplikasi PINA

Pengalaman Menggunakan PINA untuk Catat Keuangan Pribadi

Ngomongin tentang catatan keuangan pribadi, saya agak ribet sih. Saya tipe orang konservatif, jadi selama ini catatan keuangan pribadi saya taruh di Ms. Excel. 

Sementara biasanya pengeluaran harian saya catat di notes hp dulu. Baru kemudian dipindah ke Ms. Excel dan tiap 3 bulan direview, dan di akhir tahun baru akan tahu networth tahun tersebut. Ribet kaaan? Belum lagi printilan yang kadang keselip lupa nggak tercatat gitu. Entah jajan diskonan online food atau yang lain, haha.

Review jujur menggunakan PINA

Beberapa waktu kemarin, saya menemukan aplikasi catatan keuangan pribadi, PINA. Seperti yang saya sebutkan beberapa fitur di dalam aplikasi. Tentu yang paling saya suka adalah fitur Save, alias buat catatan keuangan pribadi.

Bagi perempuan single seperti saya, mungkin jatah tujuan maupun rencana keuangan berbeda dengan perempuan yang sudah berkeluarga. Catatan keuangan tiap bulan yang harus saya perhatikan adalah tabungan dana darurat, sewa kos, makanan, transportasi, hiburan(buku dan langganan netflix/nonton), belanja bulanan dan dana sosial serta tentu saja tabungan rencana keuangan saya yang sesuai tujuan yang ingin saya raih.

Setelah saya menghubungkan akun finansial GoPay dan OVO saya di aplikasi PINA ini, tadaaa! Boncosnya ketahuan nih, haha. Sering terluput nyatat jajan via online food nih.

Bulan ini wajib sadar nih kalau jajan di luar! Kalau saja dihubungkan marketplace, makin nyata nggak nih boncosnya! heuheu. 

Promo Cashback dari PINA

Eits, PINA juga punya program bagus banget apapun tujuan keuangan yang kita inginkan. PINA sebagai aplikasi investasi terpercaya akan memberikan tambahan modal investasi berupa cashback 5% up to 10 juta rupiah! 

Aplikasi perencanaan keuangan

Semua itu diberikan untuk tujuan keuangan di PINA Goal dan rutin menabung setiap bulan selama 1 tahun. Tenang, nabungnya minimal Rp200.000,00 kok, asalkan rutin dan konsisten nilai yang ditabung tiap bulannya sama nominalnya. Jika berhasil, PINA akan memberikan cashback untuk kita.

Tergiur, kan? Ayo mulai buat tujuan keuanganmu menggunakan PINA Goal lalu rutin menabung setiap bulan (minimal selama 1 tahun).

Manage your money, manage your life.

Karena saya yakin bahwa yang paling terbatas bukan uang, emas, batubara dsb., tetapi waktu. Maka, nikmati hidup yang sedang berjalan saat ini dengan benar dan on the track. Ya, biar nggak sia-sia atau penuh penyesalan kan?

Nah, tunggu apa lagi! Untuk kamu yang ingin menggunakan aplikasi PINA, bisa klik salah satu link berikut untuk download di smartphone kalian, Aplikasi PINA untuk iOS atau Aplikasi PINA untuk Android.


Sumber:

https://pina.id/


Naqiibatin Nadliriyah
Halo! Saya Naqi. Pembaca buku yang menulis beberapa topik di Serambi Naqiibah. Diantaranya tentang ulasan buku maupun film, tips, fiksi, finansial, dan review produk teman :)

Related Posts

28 comments

  1. Ada goalnya ini bikin semangat jadinya buat menabung.
    Soalnya jadi teratur ya mbak, arus masuk dan keluarnya dana

    ReplyDelete
  2. PINA ini emang terbaik hingga kini ya kak. Soalnya bs atur keuangan, manage cashflow, kelas buat cari informasi, sampe buat investasi jadi satu. Ga perlu aplikasi2 lain deh buat dapetin smuanya.

    ReplyDelete
  3. Zuzurly, aku tuh tipe orang yang males banget nyatetin pengeluaran pribasi. Asli ribet, tapi semua berubah sejak bertemu PINA. HAseek. Aku juga udah nyobain PINA ini mba buat financial goalsku. Cocok banget buat yang masih berantakan ngatur keuangan sih ya. Semakin nyoba fiturnya juga makin ketagihan buat bikin perencanaan keuangan lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  4. Sudah ngga diragukan lagi Aplikasinya sih emang beneran bisa diandalkan untuk mengatur keuangan dan ngeubuat kita bisa mencatat semuanya dengan aman

    ReplyDelete
  5. Duhh, dulu aku pun masih mencatat manual di buku, lalu dipindah ke spreadsheet biar gak ilang. Alhamdulillah sekarang ada PINA ya, Mbak. Jadi lebih praktis nyatetnya sambil ketak-ketik di HP.

    ReplyDelete
  6. Wah nggak ribet lagi ya nyatet nya. Tinggal buka satu aplikasi aja. Bisa ngatur uang bulanan dan investasi juga.

    ReplyDelete
  7. Memang ya mbak nyaman banget deh kalo ketemu aplikasi yg gak cuma bisa mencatat keuangan, tapi sekaligus bisa untuk budgeting. Arus keuangan kita jadi tercatat dengan baik dan kita bs merencanakan dana untuk tabungan dan investasi juga

    ReplyDelete
  8. Kalau ada aplikasi pencatat keuangan pribadi seperti PINA ini, pengeluaran jadi rapi, bisa dikontrol. Dan akhirnya bisa menabung dan berinvestasi ya.

    ReplyDelete
  9. Seneng banget deh dapat rekomendasi aplikasi catatan keuangan. Punya arahan buat investasi pula. Penghasilan influencer kaya aku wajib teratur.

    ReplyDelete
  10. Masalah mamak2 dengan segala dompet e wallet adalah sering belanja tanpa kontrol. Semoga dengan hadirnya PINA ini bisa mengontrol mamak-mamak yang suka belanja hehe

    ReplyDelete
  11. yaiy trnyta ada aplikasi PINA, jadi bisa ngerem pengeluaran aku, awalnya aku manual aja untuk itung duit2 aku,,makasih PINA

    ReplyDelete
  12. lebih mudah kontrol pengeluaran dan pemasukan dengan aplikasi PINA, fiturnya ngebantu orang yg sulit kontrol keuangan

    ReplyDelete
  13. Mantab banget emang pakai PINA ini. Aku juga suka atur keuangan aku pakai PINA kak. Selain itu bisa inves juga.

    ReplyDelete
  14. selama ini aku mencatat pengeluaran tapi belum ke pengalokasian, karena penghasilanku gak per bulan melaikan per hari. tapi masi bisa di catat sih untuk tahu budgeting per bulan berapa. auto nyobain PINA dong untuk rekap budgeting

    ReplyDelete
  15. detail banget ya Kak pencatatan di PINA ini, sampai bisa ketahuan doong pengeluaran kita kemana aja, secara bisa terhubung dengan bank dan juga ewallet kita ya. Makin penasaran :D

    ReplyDelete
  16. Aku langsung terpukau di bagian cashback.
    PINA keren banget. Selain pencatatan juga menyediakan wadah untuk menabung dan memberikan semangat untuk bisa konsisten.

    ReplyDelete
  17. Aplikasi PINA ini cukup membantu ya, apalagi fiturnya cukup lengkap sehingga user bisa menggunakan untuk berbagai jenis kebutuhan. Menariknya pun bisa terhubung dgn e-wallet yg dimiliki

    ReplyDelete
  18. Boleh bgt nih didownload tar. Bisa buat investasi juga kan y pina

    ReplyDelete
  19. wah harus banget nih download biar budget keuangan lebih rapi dan minim pengeluaran tak terduga ya :)

    ReplyDelete
  20. bener bestie. setelah dicatet, aku jadi tau kalau ternyata aku boros banget sama pengeluaran-pengeluaran yang tadinya kuanggap kecil-kecil aja. tapi ternyata buanyak T_T

    ReplyDelete
  21. Sama nih Mbak. Suka juga dengan fitur Save di PINA ini karena sangat membantu buat budgeting. Fitur lainnya juga tidak kalah menarik. Apalagi bisa juga buat investasi dan nambah ilmu seputar finansial. Keren lah aplikasinya :)

    ReplyDelete
  22. senengnya fintech semakin berkembang yaa, sekarang belajar tentang literasi keuangan juga makin mudah lewat PINA. Karena selain bisa mencatat cash flow, kita juga bisa investasi sekaligus belajar melalui fitur class roomnya.

    ReplyDelete
  23. Senangnya ada aplikasi seperti PINA ini ya mbak
    Kita makin mudah membuat catatan keuangan pribadi ya

    ReplyDelete
  24. Aplikasi keren nih PINA. Bisa ngatur budget sesuai keinginan kita. Jadi seru nabungnya.

    ReplyDelete
  25. Asiknya, aplikasi PINA bisa dihubungkan dengan akun e-wallet yang kita pakai ya. Jadi nggak ada lagi deh ceritanya lupa mencatat pengeluaran. Akhirnya ketahuan deh kebocoran dananya di sebelah mana.

    ReplyDelete
  26. Aplikasinya keren banget ya. 1 aplikasi fiturnya banyak banget. Bisa buat budgeting, sampai investasi. Wajib instal banget nih.

    ReplyDelete
  27. aplikasi PINA emang bagus yaa mba.. abis baca beberapa ulasan saya jadi kepengin instal. fitur budgeting dan terhubung ke beberapa aplikasi pembayaran online itu keren banget.. jadi engga perlu ribet2 buat atur duit

    ReplyDelete
  28. Bener banget sih kak kalau kita mengatur uang dengan tepat sama dengan menyiapkan masa depan nantinya. Jadi penasaran pengen coba aplikasi PINA ini karena selama ini cuma pake excel doang.

    ReplyDelete

Post a Comment