Header Serambi Naqiibah

Memulai Bisnis Rumahan yang Menjanjikan bersama Lazada

25 comments
Konten [Tampil]

Di dunia sekarang ini, banyak orang ingin memulai bisnis rumahan. Ini menjadi lebih populer sejak pandemi dimulai dan diterapkannya work from office (WFO). Sebeneranya, ribet gak sih memulai bisnis rumahan?

Eits, ternyata ada cara mudah untuk memulai bisnis rumahan, terutama untuk para ibu rumah tangga! Cekidot, Gais!

Memulai Bisnis Rumahan yang Menjanjikan bersama Lazada

Ide Bisnis Rumahan yang Menjanjikan

Dari namanya saja bisa diketahui kalau bisnis rumahan ini ya memang bisnis yang bisa dijalankan dari rumah. Nah, kira-kira ide apa saja sih untuk membuat bisnis rumahan yang menjanjikan ini? Simak ya!

1. Jual produk handmade

Ada banyak jenis produk handmade yang dapat dijual sebagai ide bisnis rumahan. Pilihan produk tersebut dapat dipilih berdasarkan minat, keterampilan, dan pasar target. Mulai dari pakaian dan aksesoris, dekorasi, karya seni, mainan hingga camilan berupa kue kering atau makanan lainnya,

Menjual produk handmade sebagai bisnis rumahan dapat menjadi pilihan yang kreatif dan memuaskan. Pastikan untuk menyesuaikan produk handmade dengan minat dan keterampilan kalian sendiri. Selain itu, lakukan riset pasar untuk memahami apa yang dicari oleh konsumen dan cari cara untuk membuat produk kalian unik agar dapat bersaing di pasar.

Tentu saja jika produknya makanan, kalian wajib memperhatikan kemasan, hingga tanggal kadaluarsanya. Hal ini tentu saja bagian dari quality control yang bisa kalian lakukan sebagai penjual. Pastikan untuk terus meningkatkan keterampilan dan beradaptasi dengan perubahan pasar untuk memastikan kesuksesan jangka panjang.

2. Menjadi reseller dan dropshipper

Kamu dapat memilih untuk menjadi reseller atau dropshiper jika kamu ingin menjalankan bisnis rumahan dengan modal kecil atau bahkan tanpa modal. Menurut pendapat saya pribadi, menjadi reseller atau dropshiper adalah bisnis yang paling cocok untuk bisnis ibu rumah tangga karena mereka cukup mudah untuk melakukannya tanpa modal. Bagaimana cara kerjanya?

Menjadi dropshipper berarti kamu dapat menjual banyak barang berbeda tanpa perlu menyimpannya di toko atau mengirimkannya sendiri kepada orang lain. Orang yang membuat barang itu akan mengirimkannya langsung kepada orang yang membelinya. 

Cara berjualan ini sangat nyaman karena kamu hanya perlu mengiklankan produknya. Ketika ada yang ingin membelinya, maka si produsen yang akan mengirimkannya langsung kepada orang yang membelinya atas nama kamu, dan kamu tidak perlu khawatir untuk mengirimkannya sendiri. Ya, meski cuannya lebih dikit sih daripada saat kamu jadi reseller sih.

Saya sendiri memulai bisnis rumahan ini dengan menjadi reseller buku dari beberapa penerbit yang membuka reseller :D. Ya, tentu saja masih belajar. Pastikan dulu peminat barang yang akan kamu jual ya Gais!

3. Ikut program afiliasi

Afiliasi adalah bisnis ibu rumah tangga lainnya yang sedang berkembang. Untuk memasarkan barang dan jasa mereka, afiliasi e-commerce, kelas online, aplikasi, dan masih banyak lainnya diperlukan. Kita diminta untuk menggunakan link afiliasi kita untuk memasarkan produk salah satu bisnis rumahan modal kecil ini. Kita akan menerima komisi sesuai dengan kebijakan platform setiap kali terjadi transaksi melalui link produk yang kita bagi.

Sebelumnya, kalian harus memilih niche yang benar-benar kalian sukai atau kuasai agar kamu dapat menghasilkan lebih banyak komisi dari program afiliasi. Membangun branding adalah langkah berikutnya yang tidak kalah penting.

4. Jualan Barang preloved

Kamu punya barang yang tidak terpakai di rumah? Eits, jangan buru-buru dibuang dulu! Barang bekas juga bisa mendatangkan cuan loh! Kalian bisa menjual kembali barang di rumah yang tidak terpakai baik buku, pakaian, tas, sepatu, sampai dengan perlengkapan bayi.

Menggeluti bisnis penjualan barang bekas (preloved) sebagai bisnis rumahan dapat menjadi pilihan yang menarik dan ramah lingkungan. Tidak sedikit kok masyarakat Indonesia yang tertarik dengan barang preloved.

Apalagi jika barang-barang yang dipasarkan adalah barang dengan brand ternama dengan kondisi yang masih bagus. Pelanggan akan tertarik karena dapat memiliki barang branded dengan harga murah.

5. Jualan produk digital

Sebagai pebisnis atau penjual, kalian mungkin sudah mengenal untungnya berjualan produk digital karena jenis produk ini mulai dikenal seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi dalam beberapa tahun terakhir.

Produk digital merupakan produk tanpa bentuk fisik seperti pulsa, paket data, tiket, musik, film, ebook dsb. Keuntungan dari penjualan produk digital yakni biaya produksi dan distribusi yang seringkali lebih rendah daripada produk fisik. Selain itu, produk digital dapat diakses dan dinikmati dengan cepat melalui internet.

Tentu saja, pastikan sekali lagi produk digital yang dijual ini bukan bajakan atau scam ya, Gais!

6. Buka kelas online

Selama pandemi kemarin benar-benar memaksa kita melakukan kelas secara daring sehingga ini menajdi salah satu bisnis rumahan yang bisa ditiru. Kamu punya keahlian apa? Membuat kursus privat secara online untuk olimpiade misalnya.

7. Jasa keahlian

Tentu saja ide bisnis rumahan tentang menawarkan jasa keahlian ini akan menjadi satu ide jualan/

Kalau kamu memiliki keahlian penulisan konten artikel, blog, atau copywriting bisa menukarkan keahlian kalian itu dengan cuan kan lebih menggoda kan? :D

Atau kalian punya keahlian desain grafis, marketing, atau konseling bisa loh menjadi bisnis rumahan yang menjanjikan bukan?

7 Ide Bisnis Rumahan yang Menjanjikan

Tips Memulai Bisnis Rumahan Melalui E-commerce

Memulai bisnis rumahan melalui e-commerce dapat menjadi langkah yang menarik dan berpotensi menguntungkan. Berikut adalah beberapa tips untuk membantumu untuk memulai toko online seperti pengalamanku membuka Lapak Naqi :D

1. Temukan ide bisnis rumahan yang akan kamu lakukan

Kita harus menyadari bahwa peta persaingan bisnis e-commerce sudah mulai ketat dan hampir identik. Sangat penting untuk menemukan ide bisnis yang belum pernah ada sebelumnya. 

Nah, jika sudah ada di antara ide bisnis rumahan yang kujelaskan sebelumnya, penting untuk menentukan cara kalian menawarkan inovasi yang berbeda dari yang sudah ada.

2. Tentukan dan pilih target pasar

Lakukan riset pasar untuk memahami persaingan, tren, dan preferensi segmen calon pelangganmu. Kemudian lakukan analisis dan identifikasi setiap peluang yang ada. 

Setelah melakukan riset pasar, kamu bisa menentukan harga produkmu yang bisa dijangkau target pasarmu nanti kan?

3. Temukan supplier dengan tepat

Yang tak kalah penting setelah menentukan ide bisnis rumahan dan target pasar adalah menemukan sumber produk dengan tepat. Sumber produk ini yang bisa membantumu dalam stok barang yang akan kamu jual, seperti grosir, reseller, dropship atau produksi sendiri.

4. Pilih e-commerce

Kamu dapat memilih untuk menjual produk bisnis rumahan kamu di situs web pribadi sendiri atau dengan menggunakan platform e-commerce yang sudah ada. Dan kamu bisa mencoba  platform toko online untuk tempat berjualan online nomor 1 di Indonesia, Lazada!

5. Branding toko

Mulai lakukan strategi pemasaran yang bisa kamu jangkau, entah dari optimasi situs toko online, media sosial atau cara meningkatkan penjualan lainnya!

Lazada, Platform E-commerce Bisnis Rumahan Online

Lazada merupakan platform e-commerce atau toko online yang beroperasi di sejumlah negara Asia Tenggara. Didirikan pada tahun 2012 oleh perusahaan teknologi internasional, Lazada Group, Lazada telah menjadi salah satu e-commerce terkemuka di kawasan tersebut. Grup ini memiliki operasi di beberapa negara seperti Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam

Kenapa Memilih Lazada

Setidaknya ada sembilan alasan kenapa kalian wajib memilih Lazada sebagai platform toko online untuk tempat berjualan online nomor 1 di Indonesia, antara lain:

1. Gratis 0% biaya komisi

2. Program gratis ongkir maksimal dengan komisi 0% selama 60 hari

3. Program gratis voucher 300 ribu untuk iklan Promosi Berbayar

4. Program gratis komisi produk terjual saat Live Streaming di LazLive

5. Pendampingan Seller oleh tim Lazada selama 90 hari

6. Program inkubasi intensif untuk penjual baru

7. Dapat menjangkau jutaan pelanggan serta ada data lengkap di Seller Center

8. Jual kapan saja dan di mana saja dalam genggaman tangan

9. Akses gratis ke platform belajar bisnis online di Lazada University dan komunitas Lazada Club.

Gimana, sudah dibilang kalau banyak keuntungan yang didapat saat gabung menjadi seller Lazada masih gak percaya? Buktikan aja!

Manfaat Situs Yuk Jualan Online dari Lazada

Selain itu, kamu bisa belajar menjadi penjual online melalui situs Yuk Jualan Online, blog yang berisikan artikel tentang update dan tips mengenai wawasan jualan online. Sebagai pemula, saya mendapatkan banyak artikel bermanfaat dari situs ini, antara lain:

1. Ide bisnis online yang menguntungkan.

Ada banyak artikel tentang ide bisnis yang sedang populer di situs Yuk Jualan Online ini.

2. Saran untuk meningkatkan penjualan. 

Situs web Yuk Jualan Online akan membagikan nasihat tentang berbagai cara untuk meningkatkan penjualan, termasuk ide bisnis dan teknik pembuatan konten yang menarik.

3. Cara optimasi media sosial

Dari situs Yuk Jualan Online pun, saya makin banyak mengerti tentang bagaimana cara optimasi media sosial. 

4. Kisah Inpiratif Seller

Tak hanya tips dan ide serta saran yang ada di situs Yuk Jualan Online, disana juga banyak dituliskan kisah inspiratif para seller lainnya. Sehingga tidak secara langsung ikut memotivasi diriku sendiri.

So, buat kalian yang mau belajar lebih banyak tentang bisnis dan mengembangkan skill bisnisnya, jangan lupa cek artikel-artikel inspiratif dari situs Yuk Jualan Online ini.

Gimana? Di Lazada dapat benefitnya banyak kan? Dah bisa tuh bisnis rumahan modal kecil ya kan? Lalu gimana caranya jualan di Lazada?

Belajar Bisnis Rumahan di situs Yuk Jualan Online

Cara Jualan di Lazada

Cara jualan di Lazada itu mudah, cocok untuk bisnis rumahan modal kecil apalagi untuk bisnis ibu rumah tangga. Langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk berjualan online di Lazada hanya daftar ke Seller Center Lazada. Cuma tiga langkah sebagai berikut:

1. Pendaftaran

  • Buka laman lzd.co/menjadiseller, pilih Daftar Sekarang. 
  • Lakukan pendaftaran dengan memasukkan nomor HP, kirim OTP melalui WhatsApp atau SMS.
  • Masukkan kode OTP (cek WhatsApp atau SMS).
  • Masukkan email yang akan didaftarkan dan buat password.
  • Ke Menu Akun Saya, Lakukan Pengaturan (Profil Penjual, Informasi Bisnis, Merk Dagang, Pengaturan Akun, dan lainnya)

2. Unggah dokumen

Unggah KTP

3. Unggah produk yang dijual

Unggah minimal 1 produk untuk dijual. Dan kamu bisa mulai desain toko online kamu yaa.

Selamat kamu siap menjalankan bisnis rumahanmu! Mudah banget kan ya!

Penutup

Bisnis rumahan sekarang sudah seperti pintu khusus yang memungkinkan orang mendapatkan pekerjaan yang mereka sukai sekaligus memiliki lebih banyak kebebasan dalam jadwal mereka. Ada banyak hal berbeda yang dapat kamu lakukan untuk menjalankan bisnis rumahan.

Nah kini, saatnya memulai bisnis rumahan bersama Lazada! Bersama Lazada, bisnis rumahan bisa menjadi sumber pendapatan yang signifikan Kita bisa menjual barang secara online dan mendapatkan banyak teman. Yuk jualan online! Salam cuan!


Naqiibatin Nadliriyah
Halo! Saya Naqi. Pembaca buku yang menulis beberapa topik di Serambi Naqiibah. Diantaranya tentang ulasan buku maupun film, tips, fiksi, finansial, dan review produk teman :)

Related Posts

25 comments

  1. Kayaknya enak jadi dropship atau reseller. Bisa tanpa modal. Asalkan penjualnya jujur. Boleh nih dicoba jadi reseller di lazada

    ReplyDelete
  2. Setelah baca tipsnya, semangat banget nih buat mulai bisnis rumahan lewat e-commerce! Pengen banget bikin inovasi yang beda dari yang lain, apalagi ada pengalaman dari Lapak Naqi. Risikonya besar sih, tapi pasti sebanding dengan usaha keras yang kita lakuin. Makasih buat sharingnya! 💪🛍️

    ReplyDelete
  3. jadi reseller peluangnya memang menguntungkan ya kak, apalagi ini joinnya bareng Lazada yang bikin semangat lagi

    ReplyDelete
  4. Bersama Lazada memang paling pas ya mbak
    Kita bisa menjalankan bisnis rumahan yang menguntungkan

    ReplyDelete
  5. Memulai bisnis rumahan memang kudu dipersiapkan segala sesuatunya yah, termasuk tempat jualan online nya. Lazada nih juga termasuk yg baik banhet loh, karena dia juga kasih para pemula panduan buat jualan lewat situs Yuk Jualan Online nya.

    ReplyDelete
  6. pengen nih aku punya usaha produk handmade, tapi untuk sekarang aku lagi konsen di reseller art supply. hihihi. satu satu dulu kali ya, apalagi aku juga jualannya di lazada, hehe

    ReplyDelete
  7. Bener-bener bisa memulai bisnis dari rumah dengan modal minimum yaa..
    Kalau jadi dropshipper, ini cara yang paling oke jika belum memiliki modal yang cukup. Salut banget sama yang berani mencoba dan terus belajar di yukjualanonline dari Lazada.

    ReplyDelete
  8. Banyak ide bisnis rumahan yg gampang dijalankan dari rumah ya kak. Asal kita punya skill khusus, jualan di rumah bisa auto cuan. Apalagi jualannya di Lazada. Banyak layanan konsultasinya tuh. Jadi kita bs sambil belajar di sana.

    ReplyDelete
  9. lazada mempermudah kita yang mau cb memulai bisnis rumahan kecil-kecilan ya, jadi gak was-was deh untuk jualan online

    ReplyDelete
  10. Bu Dosss, ternyata juga pernah mikir bisnis juga ya hihi. wkwkw emanglah bener kalo dibilang 8 dari pintu rezeki itu dari berdagang, wkwkw. Cuz mau bisnis apa nih kita collab yuk!

    ReplyDelete
  11. Aku lagi nyoba program affiliansi nih mbak. Tapi lom bisa jalan. Butuh banyak belajar. Kalau di Lazada ada bimbingannya ya. Jadi enak.

    ReplyDelete
  12. Adikku pernah bisnis jualan produk hand made di rumah saja dan keren sih lumayan laku karena produknya lumayan unik, apalagi kalau plus pakai sistem jualan online, ya. kayanya bakal punya kesempatan buat lebih naik kelas lagi usahanya

    ReplyDelete
  13. Semudah itu ternyata langkah untuk memulai bisnis rumahan melalui Lazada. Yang berat itu mikirin mau bisnsi apa 😬🤣

    ReplyDelete
  14. Menjadi reseller dan dropshiper bisa jadi pilihan untuk pelaku usaha bisnis yang terkendala biaya atau modal ya. Makin moncer kalau belajar bisnis online Lazada. Makin banyak ilmunya makin berkembang usahanya

    ReplyDelete
  15. Bener banget, bisnis rumahan emng menjanjikan banget. Tapi skrng aku lagi buntu banget mau jualan apa selain ngeblog. Belum nemu idenya buat menjalankan bisnis rumahan. Thanks mbak infonya bermanfaat sekali.

    ReplyDelete
  16. makasih buat sharingnya mba. pintu rezeki itu emng ada dimana2 ya, tegantung kita aja memanfaatkannya gimana, apalagi dgan teknologi canggih kaya sekarang

    ReplyDelete
  17. luar biasa, thanks ilmunya kaaak

    ReplyDelete
  18. Sekarang bisnis bisa dilakukan kapan saja dan darimana saja ya. termasuk dari rumah sambil mendampingi tumbuh kembang anak. Apalagi Lazada menyediakan wadahnya untuk berbisnis. Semoga makin banyak yang sukses dari berbisnis bersama lazada

    ReplyDelete
  19. Jalanin bisnis rumahan emang enak ya. Jualannya bisa di rumah aja sambil momong anak dan lain sebagainya. Cocok bagi IRT, bisa jadi salah satu penghasilan tambahan yang gak mengganggu waktu

    ReplyDelete
  20. Aku aku aku... Aku termasuk yang suka cari barang preloved wkwk. Kalo jualan produk emang enak di marketplace ya sekarang, karena di marketplace kayak Lazada semuanya ada. Marketplace kayak gini gak cuma membantu seller untuk menjangkau lebih banyak konsumen, tapi juga sangat memanjakan konsumen mageran kayak aku yang lebih milih rebahan daripada uyel2an di pasar atau supermarket. Apalagi kalo di pasar harus nawar2, aku gak bakat. Udah paling bener konsumen kayak aku belanjanya online aja wkwk...

    ReplyDelete
  21. Makin habis saja toko luring, makin melejit daring nya.. Moga sellernta pads amanah ya....

    ReplyDelete
  22. Semoga edukasi seperti ini bisa sampai ke Pedagang pasar, sehingga mereka mau melek teknologi, di level cukup tahu saja merupakan perkembangan yang baik untuk ikut andil dalam memajukan perekonomian nasional.

    ReplyDelete
  23. Saat ingin mulai jualan biasanyan takut enggak laku alhasil jadi ga dimulai-mulai :( , dengan adanya platform seperti lazada jadi makin memudahkan dan bikin pede harusnya untuk memulai hehe

    ReplyDelete

Post a Comment