Header Serambi Naqiibah

Menyusun Blog Plan Pemula ala Serambi Naqiibah

6 comments
Konten [Tampil]

Desember 2022 sudah separuh perjalanannya yang artinya tahun 2021 akan segera berganti. Sementara perjalanan blogging dari Serambi Naqiibah ini baru 6 bulan. Layaknya bayi, dia baru bisa menopang berat tubuhnya dan mulai belajar merangkak.

Nah, sambil belajar merangkak dan terus update ilmu tentang blogging, Saya mulai merapikan pengelolaan Serambi Naqiibah ini. Mulai dari mencatat ide-ide artikel, serta yang tak kalah penting, menyusun blog plan untuk Serambi Naqiibah ini.

Menyusun Blog Plan Pemula ala Serambi Naqiibah

A. Blog Plan

Sebenarnya tentang blog plan ini sudah pernah kutuliskan pada saat mengikuti kelas Blogspedia Coaching lalu. Akan tetapi saat itu, karena merasa diburu waktu, blog plan yang kubuat berasa terpaksa harus setiap hari posting satu tulisan.

Nah, dari kelas BRT Network ini, aku memiliki pemahaman ulang tentang blog plan yang wajib dimiliki blogger apalagi blogger pemula seperti Serambi Naqiibah ini. Mbak Marita menyadarkan kembali bahwa setiap blogger minimal membuat outline seperti yang dilakukan mbak Asih, teman satu kelas. Meskipun yang dibuatnya outline acak saja, itupun paling judul dan keyword saja.

Berbeda dengan yang biasa dilakukan mbak Tami, pemilik blog Adinda Tami mengaku biasa menggunakan halaman belakang kalender sebagai reminder blog post.

Padahal, membuat sebuah blog plan itu sangat membantu para bloger agar bisa mengelola blog lebih terencana. Selain membantu untuk mengetahui perkembangan blog kita.

B. Blog Plan Serambi Naqiibah Minggu Ini

Byuh, blog plan kali ini aku akan menuliskan secara rasional di mana kegiatan akhir tahun juga tiada ujungnya. Belum nampak hilal liburan maupun cuti natal dan tahun baru :3. 

Oke, berikut rencana  Serambi Naqiibah selama pekan ini mulai hari Senin (13/12) hingga hari Sabtu.

Senin

Senin kemarin, iya kemarin lusa tanggal 13 Desember 2021, aku masih terpacu mengotak-atik template untuk membenahi gambar yang ada di header dan sidebar serta beberapa postingan dalam bentuk format webp.

Selain itu, setelah mendapat materi dari mbak Marita tentang blog plan ini, aku mulai menyusun blog plan tahun 2022. Mau tahu blog plan tahun 2022 Serambi Naqiibah? Baca artikel ini sampai akhir ya :D

Selasa

Hari Selasa kemarin, aku mulai menyusun outline artikel untuk tugas blog plan kelas BRT Network ini. Yups, tugasnya adalah menulis artikel yang sedang kalian baca ini. Hal yang sama ternyata dilakukan teman bloger asal Jogokariyan, mbak Fadmala, mengerjakan tugas dari kelas BRT. Mbak Fadmala sendiri mengaku akan melakukan hal yang sama.

Selain itu aku menyelesaikan blog walking teman-teman penyumbang komentar pada postingan kelas BRT Network. Karena untuk lanjut kelas, wajib minimal 30 komentar yang nangkring selain dari peserta kelas. Sungguh menakjubkan kan? :3

Alhamdulillah, terlewati sih. Rasanya, ah, mantap!

Rabu

Nah, hari ini aku menyelesaikan artikel blog plan pemula ala Serambi Naqiibah ini. Jangan lupa berikan masukan di kolom komentar ya, Teman-teman!

Selain itu, hari ini akan ada evaluasi di kelas BRT Network, untuk yang lolos akan mengikuti kelas SEO Off Page dari mas Punto pukul 19.00 WIB. Doakan aku bisa lolos biar bisa mengikuti kelas yang kutunggu-tunggu ini ya, Teman! SEO off page! Wow, aku tak sabar untuk mengikutinya! 

Kamis

Untuk hari Kamis, karena aku masih punya utang 1 tulisan organik di bulan ini, aku akan posting pada hari Kamis besok. Artikel ini akan masuk label ulasan.

Selain itu, mungkin setelah mendapat materi kelas SEO off page, aku akan mulai kembali menanam link, hehe. Mari bercocok tanam link blog kita untuk menaikkan traffic blog kita. 

Jumat

Hari Jumat, hari yang lumayan padat sebenarnya bagiku. Setelah SEO offpage, kembali lagi belajar SEO onpage. Jadi hari Jumat aku akan merapikan tulisan lama biar sesuai kaidah SEO. 

Sabtu

Setelah berlelah-lelah dengan aktivitas yang padat, pada hari Sabtu aku akan break blog plan tahunan menjadi bulanan serta riset keyword dan menyusun outline untuk artikel pada minggu berikutnya.

Jadi, selama bulan Desember ini aku berkomitmen diri minimal posting 5 kali dan harus ada minimal artikel organik sesuai label yang ada pada Serambi Naqiibah ini. Doakan Naqi biar bisa konsisten ya, Teman-teman!

Blog Plan Serambi Naqiibah Minggu Ini

C. Evaluasi Blog 2021 dan Blog Plan Serambi Naqiibah Tahun 2022

Setelah membuat catatan menjelang akhir tahun, akhirnya kita sampai pada blog plan tahunan milik Serambi Naqiibah, haha. Kalau yang tulisan blog plan sebelumnya aku menuliskan dengan terburu-buru tanpa riset, asal jadi saja. Kali ini tak akan kubiarkan menulis blog plan tahunan ini tanpa melihat performa blog.

Yups, wajib bagi bloger untuk melihat performa blog sebelum menyusun rencana blog setahun ke depan. Hal ini sangat berguna agar bloger tahu tracking blog samapi saat ini di titik mana. Selain itu, agar masuk akal menuliskan target yang akan dicapai pada tahun mendatang. 

1. Mengikuti Kelas Blog

Pada tahun 2021 ini, setelah mengikuti Blogspedia Coaching, alhamdulillah kecemplung ke kelas blog lainnya.

Bagiku mengikuti beberapa kelas blog kita bisa tahu banyak hal dari berbagai sudut pandai para bloger senior.

Selain kelas dasar blog pemula, kelas SEO mulai dari basic seperti kelas BRT Network ini. Nah, rencana pada tahun 2022, aku akan mencari dan mengikuti kelas SEO lanjutan atau kelas blog lainnya dan update info blogging lainnya.

2. Aktif di Komunitas Bloger

Nah, biasanya setelah mengikuti kelas akan digabungkan ke dalam sebuah komunitas. Dari komunitas, sudah terbukti banyak manfaat yang didapat, mulai dari sharing info update seputar blogging maupun blog walking yang dibuka tiap hari tertentu.

3. Konsisten Posting Artikel

Selanjutnyayang tak kalah penting dari sekadar mencari ilmu atau update blogging. Ilmu yang diterima tak akan menancap selama tidak dilakukan kan? Jadi, apa itu?

Posting artikel ini paling minimal 5 artikel per bulan. Dan setidaknya setiap bulan wajib menulis artikel organik sesuai label yang tersedia dalam Serambi Naqiibah.

Hal yang sama pun ternyata dilakukan mbak Hamim, pemilik blog hamimeha.com ini mengatakan untuk tiap pekan wajib ada postingan organik, bahkan minimal 2 tulisan. Memang berbeda sih, bloger yang lebih senior daripada Serambi Naqiibah ini. Panutaan!

4. Mengikuti Lomba Blog

Sebenarnya, sejak nyemplung di dunia blog, aku juga tertarik untuk mengikuti lomba blog. Tapi memang belum ada yang nyantol jadi juara. 

Ya, mau jadi juara gimana, tulisan masih amburadul begitu berharap jadi pemenang? Kalau mau baca bisa ke lomba Fortune IDN dan Popmama Parenting Academy 2021.

Ndak apa-apa sih, semua memang butuh proses, kan? Kalau kita ndak mulai-mulai, mau kapan kita bisa melangkah? Tinggal kita saja yang mau belajar atau tidak, mau mencoba atau tidak kan?

Bismillah dulu, bismillah lagi, bismillah terus. Mantra yang selalu menjadi andalanku. Apalagi setelah mengikuti kelas mendapatkan 30 juta dari blog.

5. Tracking Traffic Blog

Traffic ini yang sering kelupaan. Padahal dari mengikuti kelas, sudah berhasil memasang Google Search Console maupun Google Analytics. Duh, wajib bagiku untuk sering-sering menengok kedua tool gratis dari Google ini. Apalagi sudah berdomain ini.

6. Rutin Baca Buku

Tanpa membaca, kita pasti akan kesulitan untuk menulis dengan berbagai macam kosakata. Nah, kebiasaan membaca ini yang wajib digencarkan. Duh, apalagi di komunitas Gerakan OWOB (One Week One Book) setoran akhir-akhir ini tidak rutin. Banyak absen merahnya :((.

Blog Plan Serambi Naqiibah 2022

Nah, dari obrolan teman-teman di grup, kami setuju bahwa menyusun blog plan ini memang penting apalagi bagi blogger pemula. Karena dengan blog plan bisa membuat posting secara konsisten dan tahu perjalanan blog masing-masing.

Namun kembali lagi membiasakan konsisten itu yang susah. Butuh energi dan usaha lebih besar untuk mendorong konsisten ini nih. Jadi, apa blog planmu untuk tahun 2022, Teman? Komentar di bawah ya :)

Naqiibatin Nadliriyah
Halo! Saya Naqi. Pembaca buku yang menulis beberapa topik di Serambi Naqiibah. Diantaranya tentang ulasan buku maupun film, tips, fiksi, finansial, dan review produk teman :)

Related Posts

6 comments

  1. aku tertarik ikut owob lho hwakakka amasih menerima anggota baru kah? hahahaha keren banget gadis mdua satu ini ..gogogogogg!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pintu OWOB terbuka lebar, Mbaaak. Sepanjang hidup para admin masih berjalan :D

      Delete
  2. Blog plan aku 2022 apa yaa.. Aku malah masih mengkhayal ini mbak wkwkwk
    Semoga bisa menulis blog plan, apa mau 'beranak' blog lagi apa mau fokus ngurusin mba Naqi eh ngurusin anak maksudnya wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah, Mbak Yuni mah udah teruji bisa ngurus anak apalagi dah punya anakan blog. Sehat-sehat ya, Kakakk :*

      Delete
  3. Mantap blog plan nya Mba, aku masih ada beberapa yg melanjutkan blog plan tahun ini krna ada yg belum tercapai

    ReplyDelete
  4. Duh jadi tersentil, baru juga ikut OWOB bulan lalu, udah mandeg setoran... kayanya bukan hanya blog yang ada plannya, aku keknya kudu bikin reading plan juga nih :D :D

    ReplyDelete

Post a Comment