Header Serambi Naqiibah

Fortune Indonesia, Situs Berita Ekonomi dan Terpercaya

3 comments
Konten [Tampil]

Semakin berkembang teknologi internet dan revolusi industri 4.0, ditambah dengan adanya pandemi tak berkesudahan membuat segala aktivitas bergeser ke dunia maya. Mulai dari pendidikan hingga akses berita beralih ke dunia digital semua.

Kebanyakan situs berita yang beredar selama ini merupakan berita yang  Portal berita IDN Media yang membahas ekonomi dengan topik market, bisnis, finance, dan beberapa topik lainnya.

Fortune Indonesia, Situs Berita Ekonomi dan Terpercaya

Tentang Fortune Indonesia

Fortune sendiri merupakan media bisnis terkemuka di dunia yang berfokus pada Majalah Fortune Indonesia, platform digital, dan konferensi. Majalah Fortune didirikan di New York pada tahun 1929. Cukup lama kan? Bahkan lebih lama daripada negara ini merdeka.

Sementara itu, Majalah Fortune Indonesia resmi meluncurkan edisi perdananya pada tanggal 9 Agustus 2021 kemarin. Fortune Indonesia 100 telah resmi diluncurkan pada 14 September 2021.

Alasan Memilih Fortune Indonesia sebagai Situs Berita yang Memanjakan Pembaca

Semakin maraknya portal berita yang beredar dalam dunia maya membuatku lebih hati-hati dalam memilih sebuah situs berita. Hal ini disebabkan beberapa kali tidak adanya rasa puas saat membaca isi berita. Masih berasa ada yang kurang. Atau bahkan isi berita tak lebih dari hal negatif melulu selama pandemi.

Akan tetapi ketika saya menemukan situs berita Fortune Indonesia, diriku langsung mengacungkan jempol untuk situs ini. Berikut beberapa alasan saya menjatuhkan pilihan kepada Fortune Indonesia sebagai situs berita ekonomi terpercaya.

Alasan Memilih Fortune Indonesia

1. Tampilan situs ramah pembaca

Saat mencari berita, kebanyakan portal berita selalu memecah artikel menjadi bagian kecil yang setiap membacanya harus klik halaman selanjutnya. Nah, sejujurnya saya paling tidak suka dengan situs semacam ini karena memecah konsentrasi selain membuat load data lebih banyak.

Tapi tidak dengan situs Fortune Indonesia ini. Saya baru tahu situs ini sangat memanjakan pembaca, ramah dengan tampilan mobile maupun desktop dan hanya satu halaman tanpa adanya potongan isi artikel dengan klik halaman selanjutnya.

2. Isi artikel anti clickbait

Selain isi artikel yang dipecah, hampir semua berita yang berseliweran pada beranda halaman Google memiliki judul clickbait. Judulnya apa, isinya tentang apa. Sangat mengecewakan pembaca atau minimal saat membaca judul dan kita terbersit tentang satu hal, akan tetapi pada artikel tersebut tidak menemukan apa yang terbersit tadi.

Pada situs berita ini, judul sangat jelas dan tanpa clickbait. Seperti misalnya pada artikel "Biaya Maksimal Transfer Antar-bank Rp2.500 mulai Desember 2021". Dari artikel ini berisi tentang list beberapa bank yang menerapkan biaya transfer antar bank sebesar Rp2.500. Sangat jelas dan membantu tanpa ada rasa kecewa karena informasi yang disajikan sangat lengkap.

3. Kecepatan situs sangat tinggi

Meskipun isi artikel lengkap, akan tetapi loading website agak lama pun mengganggu pembaca termasuk saya. Pengennya baca artikel kan sat set. Loadingnya cepat, isi artikel lengkap. Hal ini bisa ditemukan pada situs berita ekonomi terpercaya ini. 

4. Bahasanya mudah dipahami

Tentu tak kalah penting bagi sebuah situs berita yang membahas topik seputar ekonomi itu ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami. Nah, Fortune Indonesia memenuhi kebutuhan pembaca tentang hal ini.

Topik Artikel Portal Fortune Indonesia

Portal berita ini memiliki beberapa kategori seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya antara lain sebagai berikut:

Topik Artikel Portal Fortune Indonesia

1. Market

Dalam topik ini, pembaca disajikan artikel dengan topik seputar aset seperti saham, forex, bitkoin dan kripto. Selain itu juga artikel tentang naik turunnya pasar saham, izin usaha, ekspor-impor, pertumbuhan ekonomi global, investasi, dan lain sejenisnya pun disajikan untuk pembaca.

Artikel pada topik ini menurut saya penting sebagai nutrisi yang menunjang para pembaca untuk melek seputar pasar modal, tidak hanya yang penting nabung aset saja.

2. Business

Pada topik businees, artikel tentang seputar berita perkembangan bisnis, perusahaan, inovasi dan profil tokoh. 

Artikel menarik yang kubaca adalah yang menyoroti kinerja kuartal III-2021, PTBA mencatat pertumbuhan laba hingga 176%. Hal ini pun menurut saya penting, karena berita semacam ini sedikit banyak pun mempengaruhi arah harga dari pasar modal. 

Yang tak kalah penting bahasanya masih mudah untuk dipahami orang awam yang Untuk selengkapnya bisa dibuka pada topik Business di situs Fortune Indonesia. Topik ini merupakan topik favoritku selain topik market.

3. Finance

Sesuai namanya, pada kategori ini pembaca disuguhkan seputar masalah finansial seperti berita ekonomi, kebijakan Bank Indonesia, pajak, perbankan dan asuransi.

Pada topik ini, pembaca bisa mendapatkan insight dari berita inflasi, profil penting dunia perbankan, laba hingga informasi produk bank. Dalam topik ini juga pembaca bisa mengetahui aturan perundangan yang terkait obligasi, reksadana, pajak, hingga berita yang sedang trend yaitu maraknya pinjaman online.

4. News

Pada kategori ini, pembaca bisa mendapatkan berita politik, kesehatan, industri, energi dan internasional. Topik ini merupakan kategori yang beritanya paling banyak setiap harinya. Hal ini disebabkan topik yang dituliskan lebih umum.

5. Tech

Berita gadget, software, AI, aplikasi dan teknologi terbaru terkumpul pada topik ini. Untuk kalian yang merasa tertarik dengan seputar topik ini bisa menikmati berbagai berita terkini. Yang tentunya membuat kalian tidak ketinggalan dengan kabar berita teknologi.

6. Sharia

Topik ini masih jarang dikulik oleh sebagian besar portal berita. Nah, Fortune membuat isi sajian berita seimbang dengan memasukkan topik ekonomi syariah ini. Sangat bergizi.

Di sini pembaca disuguhkan informasi tentang berita ekonomi, investasi, asuransi, investasi dan perbankan syariah. Segala hal tentang pergerakan ekonomi syariah ditulis dengan rapi di sini. Sangat informatif dan membantu pelaku ekonomi syariah untuk mencari update berita terkait ekonomi syariah.

7. Luxury

Selain topik ekonomi syariah, topik ini menurutku yang unik dari sebuah situs berita ekonomi. Dalam kategori ini pembaca disajikan berita tentang barang mewah, gadget, travel, hotel dan kuliner. 

Beberapa artikel yang menarik pada topik ini, terdapat artikel mengenai mobil mewah, jam tangan mahal, kapal pesiar, wisata kuliner terbaik dan segala artikel yang memanjakan pembacanya. Tentunya lengkap dan informatif, membuat puas para pembaca yang mengakses.

*

Dari ulasan di atas tentu tak ada alasan lagi untuk tidak membuka portal berita ekonomi ini. Fortune Indonesia pantas menjadi situs berita online yang terpercaya. Kalau kalian sebagai generasi milenial maupun pelaku ekonomi, topik apa yang menjadi pilihanmu?

Naqiibatin Nadliriyah
Halo! Saya Naqi. Pembaca buku yang menulis beberapa topik di Serambi Naqiibah. Diantaranya tentang ulasan buku maupun film, tips, fiksi, finansial, dan review produk teman :)

Related Posts

3 comments

Post a Comment