Header Serambi Naqiibah

Precious One dan Strategi Bisnis Penyandang Disabilitas

25 comments
Konten [Tampil]

Kita tahu bahwa penyandang disabilitas adalah sebutan untuk orang yang mengalami keterbatasan fisik, intelektual, mental, dan/atau sensorik dalam jangka waktu lama.

Dengan kekurangan yang mereka miliki, lingkungan sekitar terkadang memberikan cap kepada penyandang disabilitas, bahwa mereka dipandang tidak mampu dalam segala hal dan merupakan penyebab dari berbagai masalah.

Akan tetapi yang dialami Putri Ariani, sosok penyanyi yang mendapatkan Golden Buzzer di America's Got Talent 2023 dari Simon Cowel, akhir-akhir ini sedang banyak diperbincangkan. 

Betapa di luar negeri, penyandang disabilitas memiliki kesempatan yang sama untuk dinilai karena profesionalitasnya. Dengan skill dan karyanya di bidang musik akhirnya Putri mendapat penghargaan yang setimpal dengan kerja kerasnya.

Kita tidak akan tutup mata sih, bahwa fakta untuk karya para penyandang disabilitas di negara kita seakan-akan dihargai karena keterbatasannya dengan menjual kesedihan. Termasuk perihal lapangan pekerjaan.

Lapangan pekerjaan seharusnya terbuka bagi siapa saja termasuk para penyandang disabilitas, karena mereka juga mampu berkarya. Penyandang disabilitas tidak bisa dipandang sebelah mata dan Ratnawati Sutedjo, sang pendiri Precious One membuktikannya.

Apa itu Precious One, bagaimana Precious One berdiri dan teman disabilitas dalam mengelola bisnis serta produk hasil karya mereka. Simak tulisan kali ini ya :).

Precious One dan Strategi Bisnis Penyandang Disabilitas

Apa itu Precious One

Precious One merupakan sebuah yayasan pemberdayaan disabilitas melalui penciptaan lapangan pekerjaan bagi para teman disabilitas. Yayasan ini bertujuan mengurangi pengangguran disabilitas dengan menciptakan produk berkualitas hasil karya disabilitas.

Melalui karya tersebut harapannya nanti akan ada lebih banyak orang yang melihat dan percaya bahwa disabilitas mampu, asal diberi kesempatan. Dengan tagline Special Product for Special People, Precious One membantu menjembatani karya para teman disabilitas.

Berawal dari Nazar, Precious One Berdiri

Kisah bagaimana Precious One berdiri tak lepas dari sang pendiri, Ratnawati Sutedjo yang sedang menderita penyakit hepatitis A yang cukup parah hingga ia tak bisa bekerja dan melakukan apa pun. Saat 22 tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 2001, Ratna merasa tak berdaya dan hidupnya jadi tak berguna.

"Bagaimana perasaan teman-teman disabilitas ya? Mereka punya mata dan telinga, namun tak bisa mendengar. Bagaimana yang tak bisa melihat? Bagaimana yang punya keterbatasan fisik lainnya sehingga tak bisa bekerja? Saya pun berkata pada Tuhan, kalau sembuh saya ingin terjun ke dunia disabilitas."

Sebuah nazar dengan niat mulia, tentu saja Tuhan mendengar doa Ratna dengan memberikan kesempatan kedua untuknya. Setelah pemulihan, Ratna pun memulai untuk mewujudkan nazarnya.

Ratna pun mulai berkenalan dengan seorang teman tuli sekitar tahun 2004. Teman disabilitas pertama Ratna tersebut mulai bercerita tentang kesulitan mereka untuk bekerja karena kekurangannya.

Hati Ratna terketuk dan ingin membantu kehidupan mereka dan supaya mereka bisa mendapatkan kesempatan yang sama, yaitu memiliki pekerjaan. Akhirnya, Ratna mendirikan Precious One dan membuat alat peraga untuk membantu anak-anak berkonsentrasi dalam belajar.

Program yang Ada di Precious One

Selama ini Precious One memang identik dengan karya. Tapi ini bukan hanya tentang para teman-teman disabilitas yang membuat sesuatu, ada hal lain yang terjadi juga di sana. Precious One melakukan banyak hal untuk menjadi bagian dari dunia disabilitas. Mereka terlibat dalam berbagai program untuk membantu.

Lalu, kira-kira apa saja sih program yang ada di Precious One? Berikut empat program yang ada di Precious One:

1. Program Stop Bully Disabilitas

Program stop bullying difabel membantu orang belajar tentang teman mereka yang memiliki disabilitas sehingga mereka bisa menjadi teman yang lebih baik dan tidak menggertak mereka.

Program ini untuk semua orang agar bahagia dan bersyukur atas kehidupan yang mereka miliki, dan juga untuk berbaik hati kepada teman-teman mereka yang mungkin memiliki disabilitas. Hanya karena kita sehat sekarang, bukan berarti kita tidak bisa memiliki disabilitas.

2. Program Special Day for Special Children (SDSC)

Dalam program Special Day for Special Children (SDSC) ini, Precious One akan mengajak 1.000 anak difabel di satu kota untuk bermain secara gratis. 

Precious One ingin memastikan bahwa anak-anak penyandang disabilitas dapat bersenang-senang dan bermain di mal, sama seperti anak lainnya. Program SDSC adalah cara bagi setiap orang untuk membantu dan menjadi bagian dari mewujudkan hal ini.

3. Program Bangga

Program Bangga ini membantu para penyandang disabilitas yang memiliki usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia. Ini membantu mereka memamerkan pekerjaan mereka kepada lebih banyak orang dan mendapatkan lebih banyak dukungan. 

Sebagai pemilik usaha kecil, penting untuk membuat hal-hal yang baik dan menjalankan bisnis yang baik. Akan tetapi penting juga untuk mempelajari tentang pajak agar para pelaku UMKM dapat melakukan hal-hal dengan cara yang benar. 

4. Program Training Perusahaan

Perusahaan membantu para pekerjanya yang tidak memiliki disabilitas untuk mempelajari hal-hal baru dan merasa senang dengan pekerjaan mereka. Ini membuat mereka ingin bekerja lebih keras dan bersyukur atas pekerjaan mereka.

Berlokasi di kawasan Meruya Utara Jakarta Barat, bangunan rumah berwarna putih dengan luas 336 meter menjadi tempat Workshop Precious One.

Strategi Bisnis Penyandang Disabilitas

Ratna dan teman-teman disabilitas memulai dengan membuat sedikit barang dengan sedikit modal. Tapi sekarang mereka membuat banyak hal berbeda seperti tas, topeng, pakaian, boneka, kursi, perkakas, dan bahkan makanan. Semua produk mereka benar-benar berkualitas dan dibuat oleh penyandang disabilitas.

Ratna berharap dengan hadirnya Precious One, stigma buruk masyarakat tentang orang-orang penyandang disabilitas dapat berubah. Pekerja Precious One sebagian besarnya adalah para penyandang tunarungu, ada pula yang tunadaksa. Jika Kamu ingin membeli produknya bisa melalui website Precious One, media sosial (Instagram) @preciousone_catalogue, juga di e-commerce atau marketplace lain.

Saat memulai bisnis (tahun 2004), Precious One melakukan semua pencatatan penjualan secara manual. Mencatat satu per satu bahan baku yang masuk dan produk yang dihasilkan. 

Setelah mengenal iReap POS, Precious One dengan mudah mencatat persediaan barang dan memudahkan proses penjualan. Bahkan bisa digunakan sebagai sistem pencatatan otomatis. Penasaran apa itu iReap POS? Simak terus ya.

Aplikasi Kasir iReap POS Lite (Point Of Sale)

Aplikasi Kasir iReap POS Lite (Point Of Sale)

Aplikasi kasir iReap POS Lite (Point of Sale) adalah sistem kasir toko (POS-Point of Sale) untuk membantu para pelaku UMKM melakukan monitor penjualan, stok, dan keuntungan. Aplikasi kasir ini gratis, tanpa batasan data dan transaksi, juga tanpa iklan. Bisa berjalan offline tanpa koneksi internet, kecuali untuk backup data penjualan.

Akhirnya, saya pun ikutan cobain aplikasi iReap POS Lite untuk usaha jualan buku saya yang masih merintis. iReap POS Lite merupakan aplikasi versi android yang full gratis, tanpa batasan master data produk, tanpa batasan transaksi, dan tanpa iklan.  

sumber: ireappos.com

Kelebihan Aplikasi Kasir iReap POS Lite

Dari pengalamanku mencoba aplikasi kasir iReap POS Lite ini, saya menemukan banyak kelebihan yang diperoleh, antara lain:

1. Mudah Digunakan

Aplikasi Kasir iReap Pos Lite (Point of Sale) ini dirancang sederhana. Sehingga mudah dipahami dan digunakan, bahkan oleh pengguna yang tidak memiliki pengalaman menggunakan aplikasi kasir.

2. Digunakan secara Offline

Pencatatan data dari iReap Pos Lite ini dilakukan secara offline dan tidak menggunakan internet sama sekali. Hal ini berguna terutama untuk para pelaku UMKM yang berada di daerah yang susah sinyal. Tak perlu memikirkan koneksi internet untuk menggunakan iReap Pos Lite ini.

3. Gratis Selamanya dan Tanpa Gangguan Iklan di Aplikasinya

Untuk aplikasi iReap POS Lite memang gratis karena ditujukan untuk para pebisnis pemula dan pelaku UMKM. 

4. Mempercepat Proses Transaksi dan Layanan Pelanggan

Karena sistem kasir toko ini memang diciptakan untuk mempermudah transaksi ya. Sat-set dalam memberikan layanan pada pelanggan.

5. Fitur lengkap

Meski gratis, tapi fitur yang disediakan aplikasi kasir toko ini sudah paket komplit seperti detail penjualan, stok produk, dan laporan keuangan lainnya.

6. Data dan Laporan Keuntungan Bisnis Real Time

Ini yang tak kalah penting. Fitur laporan keuangan lengkap dan laporan keuntungan secara real time untuk setiap produk maupun per transaksi. Data tersebut bisa diakses harian, mingguan, bulanan, atau kapanpun kita membutuhkannya.

Demikian enam manfaat yang kurasakan secara langsung dari aplikasi iReap POS Lite. Mau tunggu apalagi? Segera download untuk merasakan manfaatnya langsung dalam bisnis kamu!




Referensi
https://www.ireappos.com/id/index.php
https://precious-one.com/
https://www.ireappos.com/news/id/

Naqiibatin Nadliriyah
Halo! Saya Naqi. Pembaca buku yang menulis beberapa topik di Serambi Naqiibah. Diantaranya tentang ulasan buku maupun film, tips, fiksi, finansial, dan review produk teman :)

Related Posts

25 comments

  1. Penyandang disabilitaa memang punya hak yang sama seperti lainnya. Kerasa banget sih kak, kalau beberapa waktu ini akses untuk mereka lebih banyak. Termasuk soal bekerja.

    ReplyDelete
  2. Orang luar memang sangat menghargai karya seseorang, tanpa melihat fisik dan kelemahan. Dulu ada penyanyi tuna netra juga Stevie Wonder. Terus ada juga penyanyi luar yang wajahnya tidak cakep. Saya dulu miris, kalau ada orang istimewa ikut sebuah acara, hanya sebagai pemanis saja. Padahal mereka mempunyai kemampuan yang laur biasajuga.
    Makanya keren sekali Precious One ikut mendukung teman-teman, agar potensinya lebih berkembang dan berdaya.

    ReplyDelete
  3. iReap jadi memudahkan siapapun yaa. ngga cuma pebisnis yang udah go internesyeenell tapi juga penyandang disabilitas pun bisa makeee. Efisien kalo dipake emangg.

    ReplyDelete
  4. Iya sih ya. Kadang kalau ditilik lebih jauh, di tanah air kita begini masih banyak yang menyepelekan teman-teman disabilitas. Anggapannya nggak jauh dari kalimat negatif dan pandangannya seolah secara otomatis langsung memandang ke kekurangan mereka. Kagum sih sama apa yang selanjutnya digerakkan dan dihadirkan oleh Precious One.

    ReplyDelete
  5. Salut dengan precious One yang menggandeng teman-teman disabilitas untuk bergabung dalam strategi bisnis yang potensial agar mereka bisa berkarya dan berdaya dengan segala kelebihan yang mereka miliki

    ReplyDelete
  6. Semoga banyak dukungan untuk precious one ini, karena programnya sangat bermanfaat agar tidak ada lagi bully khususnya untuk teman² disabilitas

    ReplyDelete
  7. Jujur ini keren banget loh, Precious One. Menyediakan lapangan kerja buat para penyandang disabilitas. Programnya oke-oke banget lagi. Salut.

    ReplyDelete
  8. Aplikasi kasir seperti iReap POS ini memang berguna ya untuk manajemen produk agar rapi

    ReplyDelete
  9. Sangat memudahkan sekali aplikasi iReap Pos ini, jaman sekarang sudah canggih yaa apa2 dimudahkan dg teknologi

    ReplyDelete
  10. Salut buat PreciousOne yg mau membantu kaum disabilitas agar mereka mampu mandiri dgn beragam karya yg dibuatnya. Jrg loh yg mau memberdayakan kaum disabilitas. Smg upayanya ini bs menyentuh kaum disabilitas dr beragam pelosok desa ya.

    ReplyDelete
  11. keren banget ya Precious One ini pastinya sangat bermanfaat bagi para penyandang disabilitas dan programnya juga banyak pastinya akan membuat mereka semakin berkembang dan penggunaan iReaps ini pastinya sangat membantu dalam proses bisnis mereka

    ReplyDelete
  12. Teman-teman disabilitas sangat butuh dirangkul dan diberdayakan supaya mandiri secara ekonomi. Salut banget sama mereka yang care dengan pemberdayaan ini.

    ReplyDelete
  13. Aplikasi kasir iReap POS Lite (Point of Sale) adalah sistem kasir toko (POS-Point of Sale) untuk membantu para pelaku UMKM untuk terus mengembangkan bisnisnya ya mbak

    ReplyDelete
  14. Masya Allah pas baca tagline langsung nyes mbak
    Special product for special people. Alhamdulillah iReap bisa jadi andalan teman2 disabilitas ya..

    ReplyDelete
  15. Alhamdulillah, terobosan baru yang memudahkan para penyandang disabilitas untuk tetap bisa produktif melalui Precious One dan penggunaan aplikasi kasir iReap POS Lite.

    ReplyDelete
  16. Jadi makin percaya bahwa disabilitas yang punya semangat tinggi, percaya diri bahkan mimpi yang besar bisa sukses jauh lebih hebat dibandingkan yang non disabilitas

    ReplyDelete
  17. Masya Allah,kisahnya begitu menyentuh. Semoga semakin banyak disabilitas yang terjangkau. Untuk mendukung lemberdyaaan bair makin mudah melakukan pengontrolan administrasi bisa dengan menggunakan iReap POS

    ReplyDelete
  18. wah Precious One ini selain jadi ladang sosial bisa jadi ladang pahal juga ya. memberdayakan disabilitas seperti ini bisa mendorong mereka juga untuk makin semangat :D

    ReplyDelete
  19. Masya Allah. Jadi terharu, dari pengalaman bisa jadi penambah semangat buat yg lain. Semoga precious one lebih banyak yg support

    ReplyDelete
  20. Alhamdulillah ya dengan adanya Previous One, disabilitas juga bisa berkarya

    ReplyDelete
  21. Aku suka bangga dan terharu sama orang orang yang peduli sama disabilitas. Mereka bahkan memberikan layanan dan kesempatan buat hidup lebih baik buat para disabilitas karena memang haknya.

    ReplyDelete
  22. Seneng banget dengan adanya Precious One , para disabilitas kini nggak ngerasa terisolasi lagi karena sekarang mereka juga bisa berkarya sendiri

    ReplyDelete
  23. saya termasuk user iReap juga kak, suka banget dengan aplikasi kasir ini karena mudah digunakan. saya pakai yang versi lite. fiturnya sama lengkapnya dengan yang pro

    ReplyDelete
  24. Bagus juga ya aplikasi iReap ini. Bisa membantu bisnis. Bisa coba fitur gratisnya dulu. Kalo cocok, baru deh yang pro.

    ReplyDelete

Post a Comment