Header Serambi Naqiibah

Empat Basic Skincare untuk Pemula

5 comments
Konten [Tampil]

Perawatan kulit merupakan hal yang penting untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Bagi pemula, memulai perawatan kulit terkadang terasa menakutkan karena banyaknya produk perawatan yang tersedia dan belum tahu produk mana yang cocok untuk jenis kulit masing-masing. 

Begitu banyak pilihan skincare yang tersedia hingga kamu bingung mau pilih yang mana? Sebenarnya untuk pemula tidak usah berlapis-lapis seperti wafer yang berlapis itu sih.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui empat basic skincare yang wajib dilakukan oleh pemula dalam perawatan kulit. Apa saja sih empat basic skincare bagi pemula? Baca tulisan ini sampai akhir ya!

Empat Basic Skincare untuk Pemula

Empat Basic Skincare untuk Pemula

Skincare adalah salah satu bagian penting dalam rutinitas perawatan diri untuk menjaga kulit sehat dan terawat. Namun, bagi pemula, memilih produk skincare yang tepat bisa terasa sedikit overwhelming. Berikut adalah empat skincare dasar yang bisa digunakan untuk pemula:

1. Cleansing atau Membersihkan Wajah

Cleanser atau pembersih wajah merupakan salah satu produk skincare yang penting untuk membersihkan kulit dari kotoran, minyak, dan debu maupun makeup yang menempel pada wajah.

Membersihkan wajah setelah  terpapar sinar matahari atau debu di siang hari sepertinya sudah menjadi kebiasaan umum.

 Namun untuk hasil terbaik, gunakan metode double cleansing. yakni dua kali membersihkan dengan dua jenis, yakni dengan minyak lalu pembersihan dengan air. Terutama untuk pembersihan wajah pada malam hari.

Lagi-lagi untuk memilih skincare dasar pertama ini, pilihlah pembersih wajah yang cocok dengan jenis kulitmu, apakah itu kulit berminyak, kombinasi, atau kering. Cleanser yang bagus adalah yang dapat membersihkan kulit secara efektif tanpa membuat kulit terasa kering dan ketat.

Aku sendiri pernah nyoba sabun cuci muka yang kukira cocok, ternyata pas habis dipakai, kulit wajahku malah berasa ketarik dan makin berasa kering dengan seperti bersisik. Akhirnya kembali ke pembersih wajahku semula.

Oleh karena itu, penting untuk memilih cleanser yang cocok dengan jenis kulitmu dan tidak terlalu keras sehingga tidak merusak kulit. Lakukan cleansing dengan lembut dan hindari menggosok wajah terlalu keras agar tidak merusak lapisan pelindung kulit.

2. Toning

Basic skincare toning adalah langkah penting dalam regimen skincare yang terdiri dari produk yang dirancang untuk membersihkan dan menyeimbangkan pH kulit setelah membersihkan wajah dengan cleanser. oning juga membantu membuka pori-pori dan membuat kulit siap menerima perawatan selanjutnya. 

Toner yang tepat adalah yang dapat memberikan kelembapan dan menyeimbangkan pH kulitmu. Produk toner biasanya mengandung bahan-bahan aktif yang bermanfaat untuk kulit, seperti asam salisilat, asam glikolat, dan asam hialuronat. 

Pilihlah toner yang cocok dengan jenis kulitmu dan tidak mengandung bahan-bahan yang bisa menyebabkan iritasi. Gunakan toner setelah membersihkan wajah dengan cleanser dan sebelum menggunakan produk skincare lainnya seperti serum atau moisturizer.

3. Moisturizing atau Melembabkan Wajah

Moisturizer merupakan produk skincare yang berfungsi untuk melembapkan dan menjaga kelembapan kulit. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan terlihat lebih sehat, halus, dan bersinar.

Untuk memilih skincare tahap ketiga ini, pilihlah pelembab yang cocok dengan jenis kulitmu dan tidak terlalu berat atau terlalu ringan. Jangan lupa untuk menggunakan moisturizer setiap pagi dan malam hari setelah membersihkan wajah dengan cleanser dan toner. 

Penggunaan moisturizer dapat membantu menjaga kelembapan kulit, menghaluskan kulit, dan membantu memperbaiki masalah kulit seperti kulit kering atau bersisik.

4. Protecting atau Melindungi Wajah

Tahapan yang terakhir dari basic skincare routine adalah protecting atau perlindungan kulit. Ini merupakan bagian penting dari regimen skincare yang terdiri dari produk-produk yang dirancang untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV, polusi, dan faktor lingkungan lainnya. Perlindungan kulit ini meliputi penggunaan produk seperti sunscreen dan produk antioksidan.

Sinar matahari mengandung sinar ultraviolet (UV) yang dapat merusak kulit dan menyebabkan penuaan dini serta kanker kulit. Jangan lupa untuk menggunakan produk perlindungan kulit seperti sunscreen setiap hari, bahkan jika Anda tidak berada di bawah sinar matahari langsung. Penggunaan sunscreen dengan SPF yang tepat setiap kali keluar rumah, terutama saat beraktivitas di luar ruangan, dapat membantu melindungi kulitmu dari kerusakan akibat sinar matahari.

Gunakan produk skincare yang mengandung antioksidan dan bahan-bahan aktif lainnya untuk membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat faktor lingkungan.

tahapan basic skincare

Demikian empat tahapan basic skincare yang bisa dilakukan untuk para pemula. Yang perlu diperhatikan adalah dalam melakukan perawatan kulit, konsistensi dan penggunaan produk yang tepat sangatlah penting. 

Kamudian, kalau kamu rutin melakukan keempat tahapan basic skincare di atas setiap hari dapat membantu menjaga kesehatan kulitmu dan membuat kulitmu terlihat cantik dan bercahaya. Selamat merawat kulit dan happy glowing!


Naqiibatin Nadliriyah
Halo! Saya Naqi. Pembaca buku yang menulis beberapa topik di Serambi Naqiibah. Diantaranya tentang ulasan buku maupun film, tips, fiksi, finansial, dan review produk teman :)

Related Posts

5 comments

  1. Ini penting banget ya dipahami oleh pemula, biar nggak langsung masuk ke tahapan skincare yang berlapis-lapis, kasian kulitnya kaget :D
    Yang penting emang 4 tahapan tersebut, lainnya cuman pendukung kala dibutuhkan kulit ya

    ReplyDelete
  2. Aku termasuk newbie skincare nih. Dan belum coba double cleansing. Kalau baca begini lebih jelas deh fungsi produk skincare itu

    ReplyDelete
  3. saya baru tahu empat tahapan skincare ini sekitar beberapa waktu belakangan. Agak telat memang tapi sekarang saya berusaha untuk selalu mematuhi empat tahapan ini, dan alhamdulillah kondisi wajah memang agak membaik dibanding sebelumnya

    ReplyDelete
  4. Hiks..yang paling aku sesali dari merawat kulit adalah aku kuramg istiqomah. Padahal makin berumur paparan matahari makin sering tapi magernya lebih besar dari semangat buat bersih2 nih muka hiks.

    ReplyDelete
  5. sebenarnya step perawatan langkah ini memang cukup ringkas ya karena cuma ada 4 tahapan yang kalau rutin dilakukan bisa memberikan hasil yang baik bagi kulit kita. tinggal kitanya nih yang rajin apa nggak dalam merawat kulit kita

    ReplyDelete

Post a Comment