Header Serambi Naqiibah

Kenali Kebutuhan Kulitmu Saat Memilih Skincare

Post a Comment
Konten [Tampil]

Sejak salah satu resolusi 2021 tercentang, yakni menggunakan skincare, saya terus belajar dan memilih untuk memilih skincare yang cocok di kulitku. Kamu mau tahu kan, perjalananku kali ini? :D

Apa Itu Skincare

Kita tahu nih, skincare merupakan serangkaian perawatan kulit dari berbagai produk yang digunakan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah dari luar.

Nah, emak-nenek kita zaman dahulu sebenarnya juga melakukan perawatan wajah, kok. Kalau kalian mengamati emak kalian dulu suka kok pakai pembersih, pelembab dan bedak tabur. Dan ternyata itu merupakan tahapan penting dari perawatan wajah alias skincare itu sendiri.

Produk Skincare

Produk skincare sekarang makin banyak macamnya ya. Berikut aku bagi sesuai tahapannya ya:

1. Pembersih Muka

Tahapan pertama adalah pembersih wajah. Nah, di bagian pertama sebelum cuci muka bisa menggunakan micellar water (berbasis air) atau oil cleanser (berbasis minyak) maupun balm cleanser (tekstur padat).

Yang jelas, sesuai tujuannya, produk pertama ini digunakan untuk membersihkan wajah dari sisa make-up atau kotoran yang menempel di wajah.

2. Sabun Cuci Muka (Facial foam)

Setalah menggunakan pembersih wajah, tentu wajib membersihkan dengan sabun cuci muka. Biasanya aku menggunakan produk skincare satu ini 2x, pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

Dengan mencuci muka sebelum tidur, artinya kamu telah membersihkan kotoran yang menempel dan mengembalikan kadar air yang dimiliki oleh kulit wajah agar tetap lembap. Makanya, cari produk yang

3. Toner/Face Mist

Toner membantu membersihkan sisa kotoran, minyak, dan makeup yang tidak terangkat saat menggunakan susu pembersih atau sabun pembersih wajah. teksturnya cair seperti air

4. Essence

Essence adalah produk skincare untuk melembapkan kulit yang teksturnya lebih kental, tapi tidak sekental serum wajah. Pemakaian setelah toner atau sebelum serum.

Salah satu manfaat essence adalah menutrisi dan melemakan kulit wajah sehingga tampak halus dan sehat. Seiring bertambahnya usia lapisan kulit terluar di wajah kamu akan kehilangan kelembapannya. Akibatnya kulit wajahmu akan menjadi kering bahkan iritasi.

5. Ampoule/Serum

Serum bersifat ringan, memiliki tekstur yang lebih kental daripada essence.

Serum biasanya memiliki keunggulan atau manfaat dalam menangani kondisi kulit tertentu, misalnya melawan tanda-tanda penuaan, atau kaya akan kandungan anti-oksidan. Nah, ini mulai tergantung kebutuhan wajahmu dulu.

6. Emulsion

Emulsion berbahan dasar air, lebih ringan daripada krim atau lotion, lebih kental dan memiliki konsentrasi yang lebih rendah dibanding dengan serum. Emulsion cocok sebagai pelembap untuk kulit kombinasi dan berminyak

Secara umum, emulsion bisa digunakan setelah serum untuk mengunci kelembapan. Dengan kata lain, emulsion dipakai sebagai langkah terakhir (jika kulit kita berminyak dan berjerawat). Namun, untuk kulit kering, bisa menggunakan emulsion sebelum moisturizer. 

7. Sheet Mask

Sebenarnya manfaat dari produk sheet mask yang utama yakni memberikan kelembapan pada wajah secara intensif. 


8. Eye Cream

Eye cream atau krim mata merupakan produk skincare yang sangat penting untuk perawatan kulit daerah mata. Krim mata ini secara khusus digunakan untuk merawat kulit dari tanda-tanda penuaan seperti lingkaran hitam, garis-garis halus, dan kantong mata. 

9. Moisturizer

Moisturizer atau skincare yang berfungsi sebagai pelembab ini banyak bentuknya ya. Yang jelas teksturnya lebih kental pula daripada serum. Bisa berbentuk krim atau gel. Lagi-lagi pilihan moisturizer kembali ke kebutuhan kulitmu.

10. Sunscreen

Sunscreen atau tabir surya ini salah satu hal yang penting dan harus dilakukan di tahap akhir pemakaian skincare. Percuma lah, kita menggunakan berlapis-lapis skincare tapi tidak ditutup tabir surya. Namanya tabir surya, tentu skincare ini hanya digunakan saat pagi hari.

Saat kita beraktivitas di luar tentu sinar matahari mengeluarkan sinar UV-A maupun UV-B. Nah, untuk meminimalisir bahaya dari paparan sinar matahari, sunscreen wajib digunakan.

Memilih Skincare

Kuakui, perjalanan memilih skincare ini rasa-rasanya masih panjang. Untuk jenis kulitku yang kering kerontang sendiri masih butuh waktu untuk tahu persis skincare yang cocok untuk kulit wajah. Karena tiap kulit wajah tiap orang itu berbeda-beda.

Saya sendiri masih baru saja berani menggunakan skincare ini tahun 2021. Tips dari saya secara umum:

1. Sesuaikan jenis kulit

Pastikan kalian tahu betul jenis kulit kalian. Kulit kering, berjerawat, berminyak atau sensitif ya. Karena tiap jenis kulit memiliki jenis perawatan yang berbeda. 

Salah ambil produk skincare yang tidak sesuai dengan jenis kulitmu bisa membuat zonk bahkan menumbuhkan bruntusan atau jerawat. Kamu ndak mau, kan?

2. Sudah terdaftar BPOM 

Ini yang terpenting saat memilih produk skincare. Sudah begitu banyak produk skincare yang merajalela kan? Nah, pastikan produk skincare yang akan kamu gunakan adalah dia sudah terdaftar di BPOM. 

BPOM ini tuh semacam lisensi, surat izin edar. Lisensi dari BPOM sangat penting loh, karena dengan memiliki BPOM artinya produk tersebut sudah diuji dan memiliki kandungan yang aman untuk digunakan. Nggak mau kan, wajah kalian kenapa-kenapa?

3. Perhatikan komposisi produk dan kebutuhan kulitmu

Ini yang tak kalah penting. Selalu perhatikan komposisi atau kandungan dari skincare yang akan kalian gunakan.

Paling tidak, kalian wajib tahu, untuk melembapkan harus ada kandungan apa, untuk mencerahkan ada kandungan apa dan seterusnya. Uttuk kalian yang berjerawat, hindari pemakaian skincare yang mengandung bahan commedogenic. karena bahan-bahan inilah yang akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan adanya jerawat atau komedo.

Hal-hal dasar semacam itulah yang harus kita tahu. Tentu dengan mengetahui kebutuhan kulitmu, pemakaian skincare makin tokcer kan?

4. Jangan termakan iklan

Oke, sekarang dari produk-produk skincare di atas, kita tahu dong, bahwa perawatan kulit yang inti itu ada 3 tahap. Tahapan tersebut adalah pembersih, pelembab dan tabir surya.

Sebenarnya juga sah-sah aja sih kamu memiliki semua produk skincare yang saya sebutkan tadi. Tapi karena saya masih jauh dari kalangan sultan, maka saya sendiri masih menggunakan 3 tahapan inti saja :D.

Jangan termakan iklan kecantikan mentah-mentah ya. Sesuaikan budget keuangan personal kalian dan kebutuhan kulit ya :)

Tips memilih Skincare

Tapi ternyata, nutrisi yang kita berikan pada kulit kita harus seimbang dengan pola hidup kita. Ya percuma dong, kalau skincare kita mahal tapi kita nggak ada olahraga atau makan junkfood terus :(.

Yuk sayangi diri sendiri dengan merawat wajah dan tubuh kita. Selamat memilih skincare yang cocok di kulitmu ya :)


Naqiibatin Nadliriyah
Halo! Saya Naqi. Pembaca buku yang menulis beberapa topik di Serambi Naqiibah. Diantaranya tentang ulasan buku maupun film, tips, fiksi, finansial, dan review produk teman :)

Related Posts

Post a Comment