Header Serambi Naqiibah

6 Rekomendasi Tempat Wisata Sejarah di Jakarta yang Hits

Post a Comment
Konten [Tampil]

Sebagai daerah Ibu Kota Indonesia, Jakarta menjadi kota yang ramai dan gak pernah sepi dari wisatawan. Apalagi, di sini banyak tempat bersejarah yang menjadi saksi bisu berdirinya bangsa Indonesia. 

Tidak hanya memiliki objek wisata edukatif, Jakarta juga memiliki berbagai destinasi wisata yang menarik. Mulai dari wisata alam, budaya, konservasi, hingga wisata hiburan yang seru untuk dikunjungi di  musim liburan. Sehingga, ada banyak hotel di Jakarta Pusat yang bisa kamu temukan. 

Kalau kamu bosan dengan mall, waterpark dan wisata modern yang itu-itu saja,kamu bisa mengunjungi wisata sejarah dan museum di Jakarta untuk menambah pengetahuan dan wawasan. 

Untuk kamu yang ingin berlibur di Jakarta, berikut deretan rekomendasi destinasi wisata sejarah yang hits dan kekinian di Jakarta. Penasaran di mana tempat-tempat wisata itu? Yuk,simak ulasannya berikut ini!

Pilihan Wisata Sejarah Jakarta

Ada apa saja sih tempat wisata sejarah yang ada di Jakarta?

1. Kota Tua

Jangan ngaku pencinta sejarah kalau belum mengunjungi Kota Tua Jakarta. Dulunya, Kota Tua ini bernama Batavia Lama. Bagi kamu yang hobi fotografi, wisata ke Kota Tua bisa menjadi pilihan tepat! 

Di sini, kamu bisa menyewa sepeda jadul alias sepeda ontel yang klasik untuk berkeliling kota sambil berfoto dan mencicipi aneka kuliner yang lezat di sekitar area ini, seperti di Cafe Gazebo, Cafe Batavia dan lainnya. Untuk menjangkau tempat ini cukup mudah. 

Selain bisa memakai kendaraan pribadi, kamu juga bisa menggunakan KRL atau bus Trans Jakarta. Ada banyak hal menarik dan sisi lain Jakarta yang akan kamu temukan di kawasan ini. Dijamin seru banget dan memberikan kamu pengalaman berbeda. 

2. Museum Fatahillah 

Ingin belajar sejarah Jakarta dan bagaimana berdirinya ibu kota? Museum Fatahillah adalah tempat yang tepat untuk menjawab rasa penasaranmu. Musem ini akan  memberikan informasi yang  lengkap tentang jejak sejarah Jakarta. 

Mulai dari zaman prasejarah, berdirinya Jayakarta tahun 1527 hingga zaman kemerdekaan Indonesia. Museum terbesar yang ada di Jakarta ini terdiri dari tiga lantai dan memiliki 25.000 koleksi benda-benda bersejarah termasuk meriam, prasasti, patung dewa dewi, gerabah, mebel antik, dan keramik. 

Ada juga perpustakaan dengan ribuan koleksi buku peninggalan dari zaman kolonial.

3. Museum Wayang

Kamu pasti sudah tau kan dengan wayang kulit? benda seni khas Indonesia ini memiliki sejarah tersendiri. Seni bercerita dengan media wayang sudah diabadikan di museum wayang di Jakarta. 

Awalnya, gedung yang kaya dengan nilai sejarah ini adalah sebuah gereja yang dibangun tahun 1640 dan bernama de Oude Hollandsche Kerk. Gedung ini pernah beberapa kali berganti nama dan dibangun kembali karena rusak akibat gempa bumi tahun 1732. 

Akhirnya, gedung diresmikan tahun 1975 sebagai Museum Wayang oleh Gubernur Jakarta, Ali Sadikin. Sesuai namanya, museum ini memiliki banyak koleksi wayang dan ada juga pertunjukan penampilan seni wayang.

4. Museum Bank Indonesia

Gedung museum yang satu ini sudah berdiri sejak zaman kolonial Belanda di Jakarta. Museum Bank Indonesia awalnya digunakan oleh Bank Pemerintah Hindia Belanda, De Javasche. Saat ini, gedung bersejarah ini resmi menjadi cagar budaya Indonesia dan diabadikan sebagai museum. 

Museum ini menyimpan berbagai macam koleksi alat tukar atau uang yang telah digunakan mulai dari  zaman Majapahit hingga masa kemerdekaan  Indonesia. Uang-uang kuno itu disimpan dengan rapi dan dipajang sebagai koleksi Bank Indonesia.  Museum ini didirikan sebagai destinasi edutainment untuk masyarakat Indonesia agar memahami sejarah Bank Indonesia.

5. Museum Prasasti

Museum yang berada di Jalan Tanah Abang, Jakarta Pusat ini merupakan destinasi wisata yang unik. Awalnya museum ini adalah tempat pemakaman umum peninggalan dari zaman kolonial Belanda. 

Saat memasuki museum yang satu ini kamu akan merasa seperti masuk ke area pemakaman di daerah Eropa kuno dengan batu nisan yang besar dan prasasti berupa patung bergaya gotik. Ditambah dengan pepohonan rindang yang membuat suasana jadi lebih nyaman. 

Karena keuntikan tempatnya, museum ini kerap dijadikan sebagai lokasi untuk pemotretan bagi pasangan yang pre wedding dan para penghobi fotografi untuk berburu foto menarik.

6. Museum Seni Rupa dan Keramik

Museum ini bisa menjadi salah satu destinasi menarik yang bisa kamu kunjungi. Disini ada beragam jenis koleksi dan karya seni yang dipamerkan tak hanya dari Indonesia tapi juga mancanegara. 

Ada banyak koleksi keramik dari mancanegara ratusan lukisan dan ribuan jenis keramik, dari Indonesia, Asia hingga Eropa. Serunya, kamu tidak hanya bisa  melihat koleksi keramik, lukisan, batik lukis dan totem kayu, tapi kamu juga bisa belajar secara langsung untuk membuat kerajinan keramik di sini.

6 Destinasi Wisata Sejarah di Jakarta yang Hits

Itulah 6 rekomendasi tempat wisata sejarah di Jakarta yang wajib dikunjungi. Ini saatnya kamu menjelajahi Jakarta dan menikmati liburan di kota Metropolitan! 

Untuk urusan penginapan, ada banyak hotel di Jakarta Pusat yang bisa kamu pilih, misalnya HI Hotel Senen yang lokasinya strategis dan fasilitasnya lengkap. Jangan lupa untuk memenuhi semua kebutuhan liburanmu di aplikasi Traveloka.

Selain bisa pesan Hotel di Traveloka, kamu juga bisa booking Villa, Apartemen, Resort, Glamping dan berbagai jenis penginapan lainnya di menu Holiday Stays.Kunjungi website atau aplikasi Traveloka dan dapatkan harga promo selama periode campaign Traveloka 12.12 Sale!Jangan lupa ikutan Traveloka Flash Sale dan Daily Sale, untuk mendapatkan kode kupon setiap harinya!

Naqiibatin Nadliriyah
Halo! Saya Naqi. Pembaca buku yang menulis beberapa topik di Serambi Naqiibah. Diantaranya tentang ulasan buku maupun film, tips, fiksi, finansial, dan review produk teman :)

Related Posts

Post a Comment