Header Serambi Naqiibah

Patjar Merah Menyapa Surabaya

30 comments
Konten [Tampil]

 Yeay, akhirnya Patjar Merah bergeliat kembali mengadakan festival literasi dan keliling kota kembali, yiha! Seneng banget akhirnya Patjarmerah bisa hadir kembali setelah berhenti sejenak karena pandemi. Setelah sebelumnya hanya secara daring atau Patjar Merah kaget di area Jakarta sana :D.

Dan Surabaya, I'm coming! Berlangsung dari 29 Oktober hingga 6 November 2022, ada apa saja, sih di Patjar Merah plat L ini? Ikuti tulisanku ini sampai selesai ya!

Patjar Merah Menyapa Surabaya

Kok Patjar Merah diadakan di Surabaya, Nggak di Malang Min?

Sebuah pertanyaan yang sangat mengusik teman-teman yang ada di Malang. Well, aku paham dari awal kenapa PM nggak diadakan di Malang seperti permintaan temen-temen di Malang. 

Ya gimana ya, Patjar Merah itu kan festival literasi dan pasar buku keliling Nusantara. Jadinya ya emang keliling, gantian euy! 

Toh tahun 2019, Patjar Merah sudah pernah hadir di Malang. Dan sekarang gilirannya main ke Surabaya sebelum melanjutkan perjalanan ke Bandung nanti!

Dan senengnya, sewaktu ngobrol bareng Mbak Windy, pemahamanku ini diiyakan sama Mbak W! Sembari memintaku mengajak temen-temen di Malang untuk main ke Surabaya.

Ada Apa Saja di Patjar Merah Surabaya?

Nah, ada apa saja sih? Tentu selain pasar buku yang beragam genre, penulis serta diskonnya, ada sesi literasi yang bisa diikuti. 

Beragam sesi ini bisa terencana berkat kolaborasi apik antarpenerbit, pembicara, dan komunitas yang dengan senang hati membantu dalam gotong royong literasi ini. Selain itu, ada Tim Kaki 1000 yang sangat sigap untuk menghubungi semuanya. 

Seru ya! Berikut yang ada di Patjar Merah selain pasar buku:

1. Obrolan Patjar

Obrolan Patjar ini sesi diskusi literasi bersama penulis, penerbit, komunitas dengan beragam topik, mulai dari obrolin buku, penerbit, penyuntingan, penerjemahan bahkan kesehatan mental. Asyik kan? Sisa hari Sabtu dan Minggu besok, kalian bisa mengikuti obrolan patjar antara lain:

Sabtu, 5 November 2022

Berbahasa Satu, Bahasa Kita - Ivan Lanin

Pertolongan Pertama bagi Kesehatan Jiwa - Syahid Muhammad, dr. Andreas Kurniawan, Sp. KJ, Lia Indra Andriana

Kill Your Darling: Menyunting Karya Sendiri - Ardi Yunanto, Ivan Lanin, Yusi Avianto Pareanom

Media Sosial dan Suaka Kegundahan - Syahid Muhammad, Yoga Maulana, Fidias Sanad

Minggu, 6 November 2022

A Healing Corner: Mencintai Diri & Memulihkan Luka lewat Lagu - Ernestine Oktaviana, S.Psi (Konselor & Terapis DearAstrid), BTS Army Help Center Indonesia, DearAstrid

Ada Hikayat di Kampung Kami - Gatra Nugraha (Mr. Day), Bagas Mahendra Kunta (Pemuda Garasi), Pingki Ayako (ISTB), Suseno Karja (Tambak Bayan)

Sakwakul Roso: Tukar Piring, Tukar Rasa - Hayu Dyah, Nuran Wibisono, Muhammad Farid Syafriel Annam (Surabaya Sehat)

Perkara Menulis: Audiens Menyoal, Panelis Membual - Yusi Avianto, Iqbal Aji Daryono

Na Willa dan Hari-Hari Ramai - Reda Gaudiamo, Nindia Maya (Klub Literasi Anak)

2. Lokakarya Patjar

Sebuah workshop yang diadakan Patjar Merah plat L berisikan lokakarya yang tak kalah seru dengan obrolan-obrolan patjar di panggung utama. Berada di ruang lokakarya yang tertutup jadi kita bisa fokus mengikutinya. Lokakarya Patjar Merah antara lain:

Sabtu, 5 November 2022

Menulis Cerita Anak - Reda Gaudiamo

Memberi Warna Kartu Tarot sambil Belajar Bahasa Prancis - Lea Lunetta (IFI Creative Studio)

Belajar Bahasa Isyarat - Ika Irawan - TIBA (Tim Bisindo dan Aksesibilitas Surabaya)

Minggu, 6 November 2022

Book of Feelings: Main-main dengan Rahasia - Ardi Yunanto, Chitra Astriana, Nitchii

3. Layar Patjar

Berisi nonton film bareng. Selain nobar filme arek-arek, ada juga pertunjukan Virtual Papermoon Puppet Theatre: Kacacaka! Sayang, aku melewatkan pertunjukan Papermoon ini karena hanya diadakan pada hari Rabu, 2 November 2022 kemarin.

4. Panggung Patjar

Pada panggung patjar ini, sesi mendongeng dengan bahasa isyarat bersama komunitas Tuli Mendongeng yang sudah berlangsung pada hari pertama Patjar Merah, 29 Oktober 2022.

Selain itu ada sesi Panggung Suro Srawung Boyo yang tak kalah seru 

Tentu Patjar Merah akan ditutup dengan Panggung Patjar berupa Konser Kecil: Ini Reda bersama Reda Gaudiamo. Kalau kalian mengenal buku anak Na Willa, kalian tak boleh melewatkan sesi ini.

Reda Gaudiamo akan hadir di #panggungpatjar bersama cerita-cerita yang akan dibacakan, sebagian diambil dari kisah-kisah yang tak muncul di serial Na Willa. Menarik, kan?

5. Jelajah Patjar

Jalan-jalan di area sekitar venue dengan ada yang memandu. Asyik juga bisa kenal daerah Ngagel dan Darmo!

Literatour - Nabila Putri 

Ngagel dan Sepotong Kisah Bung Tomo - Bersukaria (Bintang, Reggy)

Telusur Darmo - Bersukaria (Mozes, Laily)

6. Permainan Scan QR

Ya, ini yang tak kalah seru! Kamu bisa mengikuti permainan scan QR ini. 

Caranya instal aplikasi Patjar merah, daftar dan login ke dalam aplikasi. Lalu, scan QR yang tersebar dan tersembunyi di venue! Satu QR bernilai 50 poin, dan poin tertinggi akan mendapatkan hadiah dari Patjarmin! Seru, kan?

Penutup

Begitu senang bisa menghadiri Patjar Merah yang ada di Surabaya ini meski hanya akhir pekan saja. Terima kasih kepada mbak Windy dan tim yang sudah berkenan menghadirkan Patjar Merah di Surabaya! Aku padamu, Mbak W!

Nah, mumpung masih di Surabaya, yuk ke sana! Patjar Merah masih setia menanti kedatangan kalian hingga tanggal 6 November 2022 besok! Dan besok ada konser mini Ini Reda! Seperti apa konsernya? 

Yang pasti kalian akan antusias mengikuti beragam sesi di Patjar Merah dan tak akan menyesal memborong buku di pasar bukunya! So, tunggu apa lagi?


Naqiibatin Nadliriyah
Halo! Saya Naqi. Pembaca buku yang menulis beberapa topik di Serambi Naqiibah. Diantaranya tentang ulasan buku maupun film, tips, fiksi, finansial, dan review produk teman :)

Related Posts

30 comments

  1. Sebelumnya aku belum pernah ikut festival buku. Aku berikutnya mau coba ikut yang di Bandung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, selamat menanti dan menghadiri Patjarmerah di Bandung nanti, Kak. Dijamin seru dan nagih!

      Delete
  2. Wah, seru nih, Patjar Merah. Pastinya selain menggiatkan Literasi, juga ajang menambah wawasan seputar menulis. Banyak sharing keren. terus bisa buat beli buku juga. Semoga Patjar Merah bisa mampir juga ke Jakarta, nih.

    ReplyDelete
  3. Daku belum pernah ikutan acara ini, dan dilihat dari jadwal acaranya mantul semua, apalagi yang obrolan dan workshop, sehingga makin semangat lagi menyukai literasi.

    ReplyDelete
  4. Luar biasa acarana. padat dan sangat bermanfaat. Melihat deretan pengisi Patjar Merah dengan tema tema yang dibawakan, sungguh menggugah jiwa untuk bisa hadir langsung

    ReplyDelete
  5. Ooh jadi ini yang kemaren mba naqi share di sosmed, seru banget pengen ikutan. Di malang kapan ya?

    ReplyDelete
  6. asik, keren, jarang ada kegiatan yang mendukung literasi seperti ini

    ReplyDelete
  7. Seru banget kegiatannya euy. Aku paling seneng sama pasar bukunya. Berada di tengah lautan buku tuh kayak surga bagiku. Sayang banget aku ketinggalan kegiatan ini.

    ReplyDelete
  8. Mbuh yaaa, aku iri, kesell huhu.. pengen ikutaaaan jugaaa. Pas di malang aja tuh terakhir aku ke Patjarmerah, eh tapi kayaknya emang blm ada lagi yaa setelah pandemi haha.. mbuh wis Qiiiii, sungguh beruntung dirimu bisa hadir di sonoooo

    ReplyDelete
  9. Waahh seru banget ya mbak ada Patjar Merah di Surabaya. Saya baru kali ini denger ada festival literasi berjalan. Dari kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan nampaknya sangat seru sih jadi pengen ikut festival Patjar Merah.

    ReplyDelete
  10. mulai ikutan seneng ada acara-acara kopdar gini lagi ya, jadi makin seru nih. Pengen ke pasar bukunya hihi

    ReplyDelete
  11. Pengen banget ikutan acara ini, plis patjar merah mampir dong ke Pekanbaru. Aku pasti datang.

    ReplyDelete
  12. Saya baru tahu tentang acara Patjar Merah ini mba, ternyata festival keliling tentang buku ya, wah bagus bisa menambah minat literasi ya. Sayangnya belum bisa ke Surabaya jadi ga bisa nonton keseruannya deh. Semoga nanti ada di Bandung

    ReplyDelete
  13. Patjar Merah salah satu acara yang menarik untuk menghidupkan kembali Kota Surabaya setelah pandemi. Semoga kegiatan ini diadakan kembali di kemudian hari.

    ReplyDelete
  14. Duh, aku kelewatan nih
    Padahal seru banget ya Patjar Merah ini
    Hiks sedih, semoga next bisa ikutan

    ReplyDelete
  15. Seru banget ini Patjar Merah... aku nunggu-nunggu banget nih. Entah kapan lagi ya Patjar Merah diadakan di Jakarta. Semoga segera ada ya

    ReplyDelete
  16. Wah keren banget ini acaranya, Tapi baru dengar ada Patjar Merah ini. Kapan ya bisa ke Batam, ngisi acara bareng penggiat literasi di Kepri

    ReplyDelete
  17. AAAAK aku udha lama banget pengin ke Patjar Merah, blm pernah keturutan :( semoga suatu saat di tempat yang aku dekat hihi. Dari kemarin liatnya cuma story2 pembicara atau orang2 yang hadir, serangkaian acaranya semenarik itu, pengin datengin semuanya jadinya.

    ReplyDelete
  18. Menghidupkan kembali semangat literasi di tengah kehidupan hingarbingar kesibukan. INi keren banget, Patjar Merah Surabaya. Sukses untuk program-programnya dan semoga semakin merangkul banyak warga Surabaya untuk ikut meramaikan..

    ReplyDelete
  19. Seru banget liat foto2 updatemu di ig mbak. Sayang sekali aku blm sempat ke sana tahun ini huhh.

    ReplyDelete
  20. Ada uda Ivan ya pas acara Patjar Merah ini.. Keren banget acaranya. Berarti acara PM ini akan keliling nusantara Kan.. Nungguin pas bikin acara di Batam deh.

    ReplyDelete
  21. Kayaknya Patjar Merah belum pernah ke Ungaran deh. Paling-paling ke kota sebelah. Seru nih lihat rangkaian acaranya.

    ReplyDelete
  22. Duh, aku jadi pengen deh dateng ke festival literasi gini. Ke Jawa Tengah juga nggak si? Kok aku kudet banget si? :")

    ReplyDelete
  23. Acara Patjar Merah keren banget, padat, kreatif dan full manfaat. Festival literasi kaya gini emang banyak dinanti, tapi sedihnya aku baru tau padahal aku di Surabaya huhu
    Semoga aku bisa menghadiri festival literasi Patjar Merah next time. Aku yakin pasti banyak insight yang didapat dari acara Patjar Merah ini yaa mba.

    ReplyDelete
  24. Setelah Surabaya, trus Bandung ya? Trus mana lagi sih? Pengen ikut patjaran jadinya... 🥲

    ReplyDelete
  25. Ih kok seru banget sih rangkaian acaranya mbak. Sangat mendukung dunia literasi. Bahagia bgt pastinya liat buku² 😍

    ReplyDelete
  26. Patjar merah emang surganya pecinta buku. Tapi, enggak cuman buku yang didapat, menarik sekali mbak

    ReplyDelete
  27. Suka banget nih event2 macam gini, adakah juga di jabodetabek mba? Mau donk info2nya

    ReplyDelete
  28. Roadshow nya sangat menarik dan padat acara yang benar-benar memberikan manfaat. Kenapa namanya Patjar merah mb?

    ReplyDelete
  29. BAgiku momen mahal yang harus terus dinyalakan ya mbak. Biar sering diadakan maksudnya, pengen juga kediri ada macam Patjar Merah kayak di Surabaya dan Malang. Selama disini belum pernah menemukan

    ReplyDelete

Post a Comment