Header Serambi Naqiibah

Menjadi Pahlawan Pembiayaan Negara dengan Sukuk Tabungan

25 comments
Konten [Tampil]

Selamat Hari Pahlawan 10 November! (eh, telat ya!) Apakah kamu ingin menjadi pahlawan negara? Emang bisa? Bisa dong! 

Banyak jalan untuk menjadi pahlawan, salah satunya menjadi pahlawan pembiayaan negara. Menjadi pahlawan pembiayaan negara dengan ikut berpartisipasi dalam produk investasi pemerintah.

Nah, kebetulan dari tanggal 11 November hingga 30 November 2022 ada penawaran produk investasi pemerintah, Sukuk Tabungan.Wah, apa dan gimana tuh caranya? Simak tulisanku kali ini ya:D

Menjadi Pahlawan Pembiayaan Negara dengan Sukuk Tabungan

Apa yang dimaksud Sukuk Tabungan?

Sukuk Tabungan adalah salah satu produk investasi berbasis syariah dari pemerintah. Seri obligasi pemerintah Surat Berharga Negara (SBN) ini termasuk dari bagian Sukuk Hijau atau Green Sukuk. Green Sukuk Ritel ini menunjukkan komitmen dan kontribusi Pemerintah dalam mengembangkan pasar keuangan Syariah dan juga dalam mengatasi perubahan iklim, yang diwujudkan melalui penerbitan instrumen pembiayaan yang inovatif dan berkelanjutan.

Melalui penerbitan Green Sukuk Ritel - Sukuk Tabungan ini, pemerintah akan membiayai proyek ramah lingkungan. Hal ini diharapkan bisa memitigasi dampak perubahan iklim dan adaptasi atas perubahan iklim yang terjadi.

Pembiayaan Green Sukuk ini dialokasikan untuk sektor transportasi berkelanjutan, mitigasi banjir di daerah rawan, pengelolaan sampah, dan efisiensi energi. Sangat mempunyai dampak lingkungan dan sosial, kan?

Mengapa Harus Investasi di Sukuk Tabungan

Sukuk Tabungan memiliki beberapa kelebihan antara lain:

1. Aman untuk Warga Negara Indonesia dan Dijamin Negara

Pembayaran Imbalan/Kupon dan Nilai Nominal Sukuk Tabungan seri ST009 dijamin oleh Negara berdasarkan Undang-Undang SBSN dan Undang-Undang APBN setiap tahunnya, sehingga Sukuk Tabungan seri ST009 tidak mempunyai risiko gagal bayar. 

2. Pengelolaan Investasi Berbasis Syariah

Sukuk Tabungan ini dikelola berdasarkan prinsip syariah, yakni tidak mengandung unsur maysir (judi), gharar (ketidakjelasan) dan riba (usury), serta telah dinyatakan sesuai syariah oleh Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI). Dalam pengelolaan ST, terdapat akad wakalah (perwakilan) yang memberikan mandat dari investor kepada Perusahaan Penerbit Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

Nah, untuk orang-orang yang memegang teguh prinsip syariah islami, Sukuk Tabungan bisa menjadi pilihan tepat kan? 

3. Pemesanan mulai dari Rp 1juta

Penerbitan produk investasi obligasi negara berbasis syariah ini sangat terjangkau oleh masyarakat. Nilai minimal pemesanan ST ditetapkan Rp1 juta (1 unit) selama waktu penawaran. Tentu saja dengan kelipatan Rp1 juta hingga Rp1 miliar (1000 unit) per orang. Mudah dijangkau bukan?

4. Kupon Imbalan mengambang dengan batas minimal

Kupon imbalan, artinya besaran imbalan Sukuk Tabungan yang akan disesuaikan dengan perubahan BI 7-Day Reverse Repo Rate setiap tiga bulan sekali. 

Tentu saja nilai kupon yang diberikan Sukuk Tabungan lebih tinggi daripada  deposito bank BUMN yang rata-ratanya sekitar 2,5-3%.

Eh, tapi itu ada batas imbalan minimal, maksudnya gimana nih? 

Imbalan minimal itu artinya tingkat imbalan pertama yang ditetapkan akan menjadi imbalan minimal yang berlaku sampai dengan jatuh tempo.

Jadi misalnya pada bulan Januari 2023 nanti, BI 7-DRRR ditetapkan sebesar 5,00%, maka pada pembayaran imbalan Maret-Mei 2023 imbalan yang berlaku adalah 6,40% p.a. (5,00% + spread 140 bps).

Akan tetapi, jika pada bulan Januari 2022 BI 7-DRRR turun menjadi 4,50%, maka pada pembayaran imbalan Maret-Mei 2022 imbalan yang berlaku bukan 5,90% (4,50%+ spread 140 bps) melainkan 6,15% p.a. yang merupakan imbalan minimal.

Lebih menarik daripada deposito kan? :D

5. Tenor 2 tahun

Berapa lama jangka waktu investasi Sukuk Tabungan ini? Cuma dua tahun! Jadi, setelah jatuh tempo dua tahun, uang investasi kita di Sukuk tabungan baru bisa dicairkan. Ya, kecuali periode early redemption sih.

6. Tidak dapat diperdagangkan

Kalau Surat Utang Negara lainnya ada yang bisa diperdagangkan di pasar sekunder. Untuk seri Sukuk Tabungan ini, tidak dapat diperdagangkan dalam pasar sekunder.

7. Fasilitas Early Redemption

Sukuk Tabungan adalah instrumen investasi yang tidak dapat diperdagangkan di pasar sekunder, namun terdapat fasilitas Early Redemption

Early Redemption merupakan salah satu fasilitas yang bisa dimiliki investor menerima sebagian pelunasan pokok Sukuk Tabungan oleh Pemerintah sebelum jatuh tempo.

Akan tetapi fasilitas ini hanya bisa dimanfaatkan oleh investor dengan minimal kepemilikan Rp 2 juta di setiap Mitra Distribusi dengan nominal pengajuan minimal 1 juta rupiah dan kelipatannya serta jumlah maksimal yang dapat diajukan untuk Early Redemption adalah 50% dari total kepemilikan investor.

Sukuk Tabungan Seri ST009

Untuk ke-sekian kalinya, Pemerintah Indonesia menerbitkan Sukuk Tabungan dengan format Green Sukuk Ritel. Tentunya ini akan menjadi langkah bersama untuk menjaga bumi melalui instrumen pembiayaan yang inovatif dan berkelanjutan.

Pada akhirnya, seri SBN ritel terakhir di tahun 2022 akan diluncurkan hari ini, yakni Sukuk Tabungan Seri ST009. Dengan masa penawaran 11-30 November 2022, kamu bisa ikutan berkontribusi menjadi pahlawan pembiayaan negara.

Sukuk Tabungan ST009 memiliki imbalan mengambang dengan batas minimal 6,15% p.a dan mengacu BI 7-Day Reverse Repo Rate. Cukup besar daripada kupon SBN seri sebelumnya :D. Jadi makin semangat untuk ikutan membeli ST009 ini.

Lalu, bagaimana cara untuk berinvestasi ST009 ini?

Cara Membeli Sukuk Tabungan

Berikut langkah mudah untuk menjadi investor Sukuk Tabungan.

1. Registrasi 

Akan tetapi sebelum registrasi, siapkan dulu hal-hal berikut:

1. Memiliki KTP asli

2. Memilih Mitra Distribusi

Mitra Distribusi adalah perusahaan dan lembaga keuangan publik yang mendukung pemerintah dalam proses transaksi Investasi Obligasi Pemerintah ini. 

3. Memiliki rekening di Mitra Distribusi yang dipilih

4. Membuat SID (Single Investor Identification)

Setelah semua hal tersebut sudah lengkap, cus registrasi ke mitra distribusi yang kamu pilih!

2. Pemesanan

Pesan berapa unit ST yang akan kamu beli di mitra distribusi yang kamu pilih. tentu minimal 1 unit seharga Rp 1 Juta yaa, dan maksimal 1000 unit alias Rp 1 Miliar.

3. Pembayaran

Setelah pemesanan itu kamu akan menerima kode billing melalui email/sms sesuai kebijakan tiap mitra distribusi. 

Nah, kode billing ini yang akan digunakan untuk setoran dana investasi melalui Bank Persepsi (teller, ATM, internet banking, mobile banking) dalam batas waktu yang ditentukan.

4. Konfirmasi

Tenang, setelah pembyaran selesai, kamu akan mendapatkan konfirmasi keberhasilan pembelian Sukuk Tabungan. 

Menjadi Pahlawan Pembiayaan Negara dengan Sukuk Tabungan

Sudah menjadi kebiasaan saya sejak mengenal produk-produk investasi syariah, ikut menjadi pahlawan pembiayaan negara dalam produk investasi pemerintah berprinsip syariah. 

Apalagi kali ini kuponnya paling besar sepanjang tahun 2022 :D. Aku ndak mau melewatkan ini begitu saja. 

Begitu info ST009 ini sudah bisa dibeli, aku langsung ke mitra distribusi kesayanganku, BNI Sekuritas. Tidak ada alasan lain hanya karena aku punya rekening BNI jadi, ya sudah sekalian kan? :D

Penutup

Yuk jadi pahlawan pembiayaan negara dengan investasi ST009 sebagai wujud nyata mencintai negeri dan kontribusi bersama membangun Indonesia. Segera  ke midis yang bisa kalian jangkau dan segera beli unit ST009 selama masa penawaran ini!

Mari cintai negeri dengan investasi! Kalau tidak kita, siapa lagi?



Referensi:

https://www.kemenkeu.go.id/sukuktabungan diakses 10 November 2022

Naqiibatin Nadliriyah
Halo! Saya Naqi. Pembaca buku yang menulis beberapa topik di Serambi Naqiibah. Diantaranya tentang ulasan buku maupun film, tips, fiksi, finansial, dan review produk teman :)

Related Posts

25 comments

  1. Duh aku ngiler nih pengen punya ST009, karena konon kuponnya yang paling besar di tahun ini. Mudah-mudahan ada rejeki buat belinya meskipun minimum, hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah abis kuotanya tibake, Mbak. AKu juga baru tahu ini abis kuota nasional meskipun tadi jam 2 siang ditambah kuota 250M -_-

      Delete
  2. Waduh masih kebagian gak ya sukuknya? Bagus nih untuk investasi, aman dan syariah pula. Wajib diskusi sama suami nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah abis, Mbaak. Mungkin tahun depan ya bisa dicoba investasi yang seri sukuk lainnya

      Delete
  3. Penawarannya sampai tanggal 30 November 2022 doang nih, Mbak? Duuuh, belum ada alokasi buat investasi ST009, nih. Padahal banyak keuntungannya. Bulan depan coba deh siapa tahu ada rejeki mau nyoba, hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Dan ngerinya kuota nasional udah abis, Mbak :"). Btw, ini seri SBN terakhir pada tahun ini mbak. Jadi, mungkin bisa dicoba tahun depan ya :")

      Delete
  4. Selain investasi untuk diri sendiri, tapi bermanfaat untuk negara juga, ya, kak sekali dayung dua tiga pulau terlampaui, masyaallahu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sekali. definisi dari rakyat untuk rakyat kembali ke rakyat juga sihh Mbak

      Delete
  5. Menarik nih tawarannya pengen nyoba ah...masih ada waktu sampai 30 nov. Makasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat menarik, Kak. Sampe-sampe kuota nasional udah abis. Ngeri banget emang warga Indonesia. Tau ada yang bagus, gamau bagi-bagi -_-

      Delete
  6. Belum paham konsep sukuk dan memang saya belum tahu sisi syariat bolehkah sukuk ini. Jadi masih belum tertarik.

    ReplyDelete
  7. Lumayan banget ya.. Dengan investasi menggunakan sukus bunga dan mempertimbangkan imbal hasil melalui kupon imbalan, bisa untung maksimal 6,15% p.a.

    ReplyDelete
  8. Untuk mencari mitra distribusinya gimana tuh mba, mungkin bisa ditambahkan lagi detailnya. Menarik banget nih kalau isa jadi pahlawan pembiayaan negara dengan cara semudah ini.

    ReplyDelete
  9. Gampil bgt caranya klo mau ambil sukuk ini ya
    Bs menjadi alternatif utk yg bingung mau naruh duit

    ReplyDelete
  10. Investasi yang bentuknya seperti Sukuk tabungan baru ini saya denger Mbak, jadi memang masih meraba bagaimana endingnya. Masih awam juga tapi dapat info dari artikel mbak ini, ada sedikit gambarannya

    ReplyDelete
  11. Ini investasi paling aman. Apalagi buat investor ibu rumah tangga, karyawan dengan profil menengah. Di situasi ekonomi kayak gini kalo trading itu risiko gedhe. Mending sukuk.

    ReplyDelete
  12. Wah udah telat nih kayaknya buat kebagian sukuk tabungan. Tadi baru lewat fyp instagram kalau ini jadi investasi yang minim resiko

    ReplyDelete
  13. Banyak untungnya ya mba investasi dgn sukuk. Insya Allah aman dan bantu negara kt jg

    ReplyDelete
  14. sepakat mbak. itulah mengapa saya berusaha ikut jika ada program sukuk tabungan dari pemerintah, insyaallah aman, saya sudha emmbuktikannya beberpaa kali

    ReplyDelete
  15. Wah, aku belum pernah investasi di sukuk tabungan ini mbak
    Informasi ini membuat aku tertarik juga untuk investasi di sukuk

    ReplyDelete
  16. jujurly bru tahu sukuk tabungan krn baca artikel ini. Bagus nih, Sukuk Tabungan produk investasi berbasis syariah dan djmin negara, mantabbss

    ReplyDelete
  17. Tau sih jenis tabungan satu ini, tapi belum pernah coba, setauku ini ada jg deh di aplikasi reksadan, bener nggak mba?

    ReplyDelete
  18. Saya dan suami juga pengguna BNI memang sebagus itu sih. Tabungan memang untuk jangka panjang

    ReplyDelete
  19. Dulu kalau kuliah banyak dikit di ajarkan soal keuangan dan sukuk tabungan. Sekarang jadi tahu adanya mata kuliah keuangan dulu

    ReplyDelete
  20. Wah ini wawasan baru lho buat aku.. secara literasi finansial lemah nih aku. Dengan banyak membaca ulasan ini membuatku memahami ilmu2 baru

    Baru ini dengar istilah sukuk juga. Maksih ya mbak infonya

    ReplyDelete

Post a Comment