Header Serambi Naqiibah

7 Manfaat Beras Kencur untuk Asam Lambung dan Cara Membuatnya

17 comments
Konten [Tampil]

Hai, gimana kabar Kalian? Semoga dalam keadaan sehat ya!

Rempah-rempah sering digunakan untuk pengobatan secara tradisional. Salah satunya adalah kencur yang bisa dibuat beras kencur untuk asam lambung. Beras kencur merupakan perpaduan antara beras dan kencur yang ditumbuk kemudian dicampur menjadi satu.

Selain untuk mengatasi permasalahan pada lambung, beras kencur juga bisa mengatasi berbagai macam penyakit serta bisa menambah nafsu makan. 

7 Manfaat Beras Kencur untuk Asam Lambung dan Cara Membuatnya

Manfaat Beras Kencur untuk Asam Lambung

Zat flavonoid yang terdapat pada kencur bisa meredakan rasa nyeri di lambung dan mempercepat pemulihan dari kenaikan asam lambung. Tetapi tidak disarankan minum beras kencur untuk obat asam lambung secara berlebihan.

Kencur mengandung mengandung zat sitotoksik dan anti bakteri dengan jumlah yang cukup banyak sehingga efektif mengatasi masalah pencernaan dan lambung. Anti bakteri yang dimiliki oleh kencur bekerja menghambat pertumbuhan bakteri helicobakter pylori yang ada di dalam perut.

Selain punya kandungan anti bakteri, kencur juga memiliki kandungan anti radang yang bisa mecegah luka (erosi) pada dinding lambung. Peradangan pada lambung biasanya disebabkan oleh infeksi.

Kandungan Kencur

Kencur mengandung berbagai macam senyawa kimia diantaranya alkanoid, asam anisat, asam metil Kanil, asam sinamat, borneol, etil ester, kamfen, mineral, paraemarin, pati, penta dekaan, dan sineol.

Cara membuat Beras kencur untuk Mengobati Asam Lambung

1. Bahan yang Diperlukan untuk Membuat Beras Kencur

Membuat beras kencur untuk meredakan asam lambung caranya tidaklah sulit sebab hanya memerlukan beberapa bahan yang mudah didapatkan yakni:

  • Beras 300 gram 
  • Kencur 1 iris
  • Jahe 1 iris
  • Gula merah atau gula jawa 200 gram
  • Asam jawa 1 sendok makan
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya.

Bahan Membuat Beras Kencur

2. Cara Membuat Beras Kencur

Untuk cara membuatnya adalah sebagai berikut:

Cuci beras sampai bersih lalu rendam beras selama kurang lebih 2 jam.

Masukkan kencur, jahe, gula merah, dan asam jawa ke dalam panci dan masak menggunakan api sedang.

Aduk-aduk semua bahan tersebut sampai air mendidih.

Setelah mendidih matikan apinya dan tunggu sampai dingin.

Saring rebusan air tersebut dan ambil ampasnya.

Haluskan ampas tersebut dengan air rendaman beras.

Kemudian peras airnya hingga benar-benar kering.

Tambahnya sedikit garam untuk menyeimbangkan rasanya.

Beras kencur sudah siap dihidangkan.

Manfaat Beras Kencur bagi Kesehatan

1. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Menurut beberapa penelitian, kencur bisa menghambat pertumbuhan sel kanker pada lambung, usus besar, dan mulut.

2. Mengatasi Sakit Perut

Antiradang yang ada pada kencur bisa mengatasi sakit perut yang disebabkan asam lambung atau maag.

3. Membantu Melawan Radikal bebas

Kencur mengandung zat flavonoid yang bisa membantu tubuh untuk melawan radikal bebas yang menyebabkan berbagai macam penyakit.

4. Melawan Penyakit yang diakibatkan oleh Bakteri

Ramuan beras kencur mengandung banyak antibakteri yang bisa digunakan untuk melawan bakteri helicobakter pylori yang sering menyerang pencernaan dan organ pada lambung.

5. Mengendalikan Gula Darah

Banyak yang mempercayai ramuan beras kencur bisa mengendalikan gula darah agar tidak terkena diabetes.

6. Mengatasi Flu dan Batuk

Pada zaman dulu orang tua memberikan ramuan beras kencur kepada anak-anaknya yang sedang terserang flu dan batuk. Hal tersebut cukup efektif karena beras kencur bekeja mengencerkan dahak sehingga mudah untuk dikeluarkan.

7. Beras Kencur Sebagai Antidepresan

Zat antidepresan yang terdapat pada beras kencur mampu menenangkan sistem saraf pusat (efek sudatif). Oleh sebab itu beras kencur sangat dianjurkan bagi orang yang sedang mengalami kecemasan, depresi, gelisah, dan stres.

Manfaat beras kencur untuk asam lambung sudah terbukti sangat ampuh jika dikonsumsi dengan tepat. Meskipun beras kencur aman bagi tubuh tapi sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan agar tidak menimbulkan efek samping.


Naqiibatin Nadliriyah
Halo! Saya Naqi. Pembaca buku yang menulis beberapa topik di Serambi Naqiibah. Diantaranya tentang ulasan buku maupun film, tips, fiksi, finansial, dan review produk teman :)

Related Posts

17 comments

  1. Aku suka banget beras kencur sejak kecil dan sekarang nurun ke anakku. Ternyata manfaatnya banyak sekali, ya

    ReplyDelete
  2. Beras kencur adalah salah satu jamu yang paling enak di tukang jamu. Ternyata khasiatnya bagus untuk asam lambung ya. Selain enak, berkhasiat pula.

    ReplyDelete
  3. Manfaat beras kencur gak hanya buat kesehatan tubuh aja, tetapi juga uniknya ini beras kencur bisa bantu untuk menyembuhkan bengkak/keseleo

    ReplyDelete
  4. Nah, terima kasih infonya nih, kalau beras kencur bisa untuk gangguan asam lambung ya... Enak sih, ada anget-angetnya gitu...

    ReplyDelete
  5. Saya punya asam lambung. Kayaknya perlu nyobain beras kencur nih. Alami pula jadi aman ya.

    ReplyDelete
  6. Mudah ya cara pembuatan beras kencul ini kak. Bahan-bahannya juga mudah ditemukan. Kaya manfaat bisa antidepresan juga.

    ReplyDelete
  7. Ternyata beras kencur itu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan ya. Rasanya juga enak dan mudah dibuatnya..

    ReplyDelete
  8. Beras kencur jamu tradisional sejak dulu kala, sering dulu disuruh minum beras kencur. Nah suami suka banget sampai sekarang beras kencur beli di.tukang jamu keliling.
    Mau bikin sendiri kurang PD takut ga enak ternyata resepnya mudah yaa...

    ReplyDelete
  9. Sebagai penderita asam lambung, saya langsung tertarik dengan informasi ini. Rupanya beras kencur bisa untuk penyakit asam lambung.

    Cara buatnya juga mudah. Bisa dilakukan dg santuy atau nyambi masak di dapur.

    ReplyDelete
  10. Wah iya, beras kencur ini kaya manfaat ya mbak
    Bahan bahan alami yang baik untuk kesehatan tubuh kita
    Termasuk menjaga pencernaan ya

    ReplyDelete
  11. Khasiat kencur itu memang diakui sejak jaman nenek moyang, bahkan sampai sekarang. Meski teknologi sudah canggih, justru bisa diolah sedemikian rupa sehingga lebih higienis dan praktis ya

    ReplyDelete
  12. Aku kalau ada tukang jamu suka belinya beras kencur. Soalnya enak, apalagi bisa mengobati asam lambung, flu dan batuk juga, serta gangguan kesehatan lainnya.
    Ternyata cara buatnya mudah, bisa bikin sendiri di rumah deh.

    ReplyDelete
  13. Selain enak jamu beras kencur ternyata memiliki manfaat yang banyak ya. Wah nggak rugi dong kalo sering beli jamu ini di mbok jamu di pasar

    ReplyDelete
  14. Bener, beras kencur bangus untuk asam lambung dan punya efek menenangkan. Aku di rumah selalu stok nih, beras kencur, kunyit asem dan sirih. Kebetulan, ada langganan pembuat jamu yang rutin 3 hari sekali kirim jamu botolan buatannya untuk kami.

    ReplyDelete
  15. Wah beras kencur kayak akan manfaat dan bikinnya juga mudah ya mba. Bisa buat obat antidepresan juga. Jadi pengen cobain bikin sendiri nih di rumah

    ReplyDelete
  16. Beras kencur ini adalah minuman favorit aku sejak kecil, tapi aku belum pernah bikin sih. Selama ini kalau pengen beras kencur ya aku beli di tukang kamu.

    ReplyDelete
  17. Baru tahu saya kalau beras kencur juga bisa untuk mengobati asam lambung, karena banyak kandungan zat sitotoksi dan anti bakteri. Cara membuatnya juga mudah banget dan bahan-bahannya gasulit untuk dicari.

    ReplyDelete

Post a Comment