Header Serambi Naqiibah

Filosofi Logo Hari Santri 2021

2 comments
Konten [Tampil]

Kemeriahan Hari Santri sudah di depan mata. Para santri sudah mulai menyambutnya dengan karya-karya. Momentum yang kita tunggu-tunggu tentunya akan kita meriahkan segenap jiwa dan raga. 

Launching peringatan Hari Santri 2021 oleh Kementerian Agama RI ditandai dengan adanya logo Hari Santri 2021 yang penuh warna. Logo ini sebuah karya santri bagian dari komunitas AIS Nusantara yang di dalamnya mengandung filosofi yang penuh makna. Sesuai dengan zaman sekarang, kita butuh saling berbagi kepada sesama dan untuk Indonesia.

Hari Santri 2021

Hari Santri ditetapkan presiden Jokowi pada tanggal 22 Oktober 2015 di Masjid Istiqlal Jakarta. Penetapan Hari Santri Nasional dimaksudkan untuk mengingat dan meneladani semangat jihad para santri merebut serta mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang digelorakan para ulama.

Tanggal 22 Oktober merujuk pada satu peristiwa bersejarah yakni resolusi jihad, seruan yang diberikan oleh Hadratus Syekh KH. Hasjim Asy'ari pada 22 Oktober 1945. Seruan ini berisikan perintah kepada umat Islam untuk jihad melawan tentara Inggris yang ingin menjajah kembali wilayah Republik Indonesia pasca-Proklamasi Kemerdekaan. Di belakang tentara Inggris, rupanya ada pasukan Belanda yang ikut membonceng.

Sejak saat itu, peringatan hari Santri selalu dirayakan pada tanggal 22 Oktober. Hal ini menjadi pengakuan resmi pemerintah Republik Indonesia atas peran besar umat Islam dalam berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan serta menjaga NKRI. Ini sekaligus merevisi beberapa catatan sejarah nasional, terutama yang ditulis pada masa Orde Baru, yang hampir tidak pernah menyebut peran ulama dan kaum santri.

Tema Hari Santri 2021

Perbedaan perayaan Hari Santri 2021 adalah kesiapan mental dan ketahanan imunitas para santri dan masyarakat. Tema yang diusung adalah 'Santri Siaga Jiwa dan Raga' yang merupakan bentuk komitmen santri di Indonesia menjaga agama, bangsa dan negara. Santri yang senantiasa siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela tanah air, mempertahankan persatuan Indonesia, dan mewujudkan perdamaian dunia. 

Siaga Jiwa Raga juga diartikan sebagai komitmen seumur hidup santri untuk membela tanah air yang lahir dari sifat santun, rendah hati, pengalaman, dan tempaan santri selama di pesantren.

Desain Logo Hari Santri 2021




Filosofi Logo Hari Santri 2021

Naqiibatin Nadliriyah
Halo! Saya Naqi. Pembaca buku yang menulis beberapa topik di Serambi Naqiibah. Diantaranya tentang ulasan buku maupun film, tips, fiksi, finansial, dan review produk teman :)

Related Posts

2 comments

  1. Masyaallah...bangga menjadi santri. Insyaallah santri merupakan salah satu unsur kekuatan di negeri ini

    ReplyDelete
  2. Tidak bisa dinafikan bahwa santri telah menjadi bagian dari perjalanan kemerdekaan bangsa Indonesia,,,
    Selamat hari santri

    ReplyDelete

Post a Comment