Header Serambi Naqiibah

Keseruan Mengubah Tampilan Blog SEO Friendly

1 comment
Konten [Tampil]

Agustus mulai menyapa, artinya alhamdulillah sudah 2 bulan mengikuti Blogspedia coaching for newbie bersama Mbak Marita. Dan, materi yang paling aku dan teman-teman tunggu selain mengganti domain sendiri adalah mempercantik tampilan blog agar SEO friendly ini. Tidak terbayang setelah berhasil mengganti domain blog sendiri akhirnya sampai juga pada tahap ini.

Keseruan Mengubah Tampilan Blog SEO Friendly

Pentingnya Mengubah Tampilan Blog

Perjalanan membuat blog bagiku adalah seperti sedang membangun rumah. Maka sambil membangun rumah, sudah selayaknya harus sekaligus menata tampilan rumah untuk bisa menarik seseorang menjadi tamu yang nyaman dan betah berkunjung ke rumah kita.

Begitu pula dengan tujuan mengubah tampilan blog ini. Selain untuk menjadi lebih menarik dan rapi, tujuan utamanya adalah biar blog kita dideteksi oleh Google dengan standarnya, sesuai dengan kaidah Search Engine Optimization(SEO). 

Saat blog kita diterima Google karena sudah memenuhi standarnya, maka akan banyak yang mengunjungi blog kita. Tentunya, tulisan kita akan semakin banyak dibaca dan diambil manfaatnya oleh warganet :).

Namun alangkah baiknya kita perlu memperhatikan hal berikut sebelum mengubah tatanan blog kita

1. Kenali dashboard bloggermu

Tak kenal maka tak sayang. Sayang kan, kalau ndak tahu tempat untuk mengganti font, warna dsb.Ya kali kita mau mengubah tatanan blog kita tapi tidak tahu dan paham letak yang akan diganti yaa. 

2. Pilih theme/template blog yang loading ringan dan responsive

Hal ini perlu dilakukan karena mempengaruhi google buat mengenali blog kita. Selain itu kalau blog kita lama loadingnya pengunjung mana yang betah mengunjunginya kan? Pengunjung pasti akan lebih memilih bertamu ke tempat yang responnya cepat.

3. Pahami dasar desain blog

Sebelum melangkah untuk menata ulang tatanan blog kita, tentu kita harus tahu dan paham dasar desain sebuah blog yang SEO friendly.
Pahami Dasar Desain Blog

a. Ketahui layout blog yang ideal

Layout blog yang ideal yaitu layout yang seperti berikut:
- isi konten berada di sebelah kiri dan sidebar ada di sebelah kanan
- lebar header maksimal 200px
- white space sekitar 70%
- detail kontak
- spotlight media sosial
- desain minimalis

b. Gunakan warna blog maksimal 2 atau 3 warna kombinasi 

c. Font yang ramah dengan warna hitam dengan background tulisan warna putih

d. Struktur heading sesuai SEO

Untuk struktur heading yang sesuai SEO yakni
- judul artikel menggunakan format major heading (judul utama) dengan simbol h1
- subjudul menggunakan format heading (judul) dengan simbol h2
- sub-sub judul berikutnya menggunakan format subheading dengan simbol h3
- sub-sub judul pada tingkat sebelumnya menggunakan format minor heading (judul kecil) dengan simbol h4
Jadi, memang heading dalam penulisan artikel juga mempengaruhi SEO friendly suatu blog.

Cara Mempercantik Tampilan Blog SEO Friendly

Ada dua cara untuk mengubah tampilan blog kita agar SEO Friendly

1. Mengoptimalkan template bawaan Blogspot

Beberapa template bawaan yang disediakan oleh Blogspot juga ringan dan loading cepat. Namun, pilihan templatenya hanya terbatas. Jadi kita bisa memainkan warna, dan beberapa penataan lainnya seperti yang sudah tercantum pada tutorial Blogspedia.

2. Memanfaatkan template gratis pihak ketiga

Sayangnya, pada template bawaan Blogspot, struktur headingnya kurang SEO friendly. Oleh karena itu, kita bisa menggunakan cara kedua ini, memanfaatkan template pihak ketiga. Selain itu pilihan template ketiga ini lebih banyak.

Langkah Mengganti Tatanan Blog Menggunakan Pihak Ketiga

Sampai sini, akhirnya saya memutuskan untuk mengubah tampilan blogku ini dengan cara kedua. Selain karena template bawaan blogspot kurang SEO friendly, alasanku adalah template pihak ketiga, fiksioner, yang kugunakan ini sesuai dengan desain blog impianku. Rasanya bahagiaaa banget pas tahu template ini gratis dan mudah pasangnya. Saking bahagianya, sampai lupa menangkap layar (screenshoot) pada beberapa langkah, hehe. Cuss simak pengalamanku yuk!

Langkah Mengganti Tatanan Blog Menggunakan Pihak Ketiga

a. Siapkan alat pembantu

Ada 3 tools yang kita butuhkan dalam membantu mengubah tampilan blog SEO friendly antara lain:

  • Meta SEO inspector

Meta SEO inspector ini berupa ekstensi yang bisa dipasang pada google chrome dan berguna untuk mengecek struktur heading blog kalian, apakah sudah sesuai SEO atau belum.

Link : https://chrome.google.com/webstore/detail/meta-seo-inspector/ibkclpciafdglkjkcibmohobjkcfkaef (silakan salin pada browser kalian ya)

  • Seoptimer

Laman ini berguna untuk mengecek template blog sudah optimal atau belum. Bisa dipakai juga untuk optimalisasi blog kamu sendiri. Nanti ada penilaian blog kalian dan beberapa rekomendasi yang muncul.

Link : seoptimer.com (silakan salin pada browser kalian ya)

  • Speed Insight

Dengan laman ini kalian bisa cek kecepatan blog. Pada laman ini, ada dua kecepatan yang dites, yaitu blog dalam tampilan mobile dan dekstop. Ketika demo template blog pihak ketiga fast loading-nya baik, namun ketika dipasang di blog kalian jadi menurun, ndak usah khawatir ya. Hal ini wajar karena demo dari blog kan hanya contoh, jadi tulisan ndak banyak, sementara blog kita kan pasti ada banyak tulisan, gambar yang sangat mempengaruhi kecepatan blog kita. Ini nih aku yang lupa menangkap layar blog sebelum diganti, mwehehe

Link : https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/ (silakan salin pada browser kalian ya)

b. Cek template

Sebelum memilih template, sebaiknya template harus dicek dengan ketiga tools tadi. Cek struktur heading, tingkat keoptimalan blog, dan kecepatan blog. 

c. Unduh template

Setelah siap, masuk ke website tempat mengunduh template, lanjut mengunduhnya.

d. Pasang dan sesuaikan dengan blog impian

Disini mulai ada sedikit drama deh. Sepertinya proses mengubah tampilan blog SEO friendly tanpa drama tidak akan seru, tapi memang tidak se-drama pasang domain sendiri sih. Atau barangkali tiap perjalanan hidup yang dilalui Naqi harus ada bumbu drama yak? Hehe.

Setelah kita mengunduh template pihak ketiga, mulai pasang! Sebelumnya, jangan lupa back up dulu template blog kita sebelumnya dan berdoa, hehe. Bismillah, pasang dan atur deh!

  • Buka file template unduhan, ekstrak!

Karena file download berupa file .rar maka perlu diekstraksi dulu. Lalu buka file .xml dengan notepad (open with).

  • Fokus

Pas dibuka dengan notepad, jangan harapkan yang muncul adalah tulisan yang bisa dibaca, haha. Isinya penuh dengan kode-kode yang mendadak bikin mual. Fokus, salin semua kode jangan ada yang tertinggal.

  • Masuk dashboard blogger, menu theme/tema, customize/sesuaikan

Saat di sini lah yang paling menentukan untuk mengatur dan menyesuaikan tampilan blog sesuai keinginan kita. Pada pilihan Edit HTML merupakan tempat untuk menempelkan kode template tadi, hapus semua kode yang ada di tempat ini, lalu tempel(paste) kode dari template unduhan tadi. Selanjutnya sesuaikan warna, font dan widget lainnya sesuai blog impian kita.

  • Simpan

Jangan lupa klik simpan di pojok kanan bawah. Setiap kali usai mengatur tatanan blog, klik simpan.

e. Cek ulang

Setelah selesai pasang template pihak ketiga, jangan senang dulu. Cek yang perlu diganti dengan link milik kita, dan segala yang perlu diedit. Setelah dirasa cukup, cek ulang dengan alat pembantu tadi.

Perbandingan Seoptimer Blog sebelum dan sesudah dipermak

Senangnya dalam hati saat melihat peningkatan saat dicek dengan seoptimer. Akan tetapi, drama itu muncul saat dicek dengan Meta SEO Inspector. Muncul warning tanda merah, hehe. Panik? Panik lah, Naqi gitu. 😆

Cek ulang

Setelah konsultasi dengan coach, akhirnya tahu salahnya ada di mana. Kebanyakan menghapus bagian kode HTML. Mwehehee. 

Ruwet? Kamu mau baca jawaban yang mana. Iya, tapi kalau kita nggak ruwet sendiri, mana bisa belajar? Nggak juga kalau kita mau telaten dan pelan-pelan mengerjakan sesuai perintah. Kuncinya jangan panik dan kerjakan dengan kepala dingin, hehe.

Kode HTML

Penutup

Pada akhirnya, menata dan mengubah tampilan blog sesuai SEO itu perlu dilakukan. Selain untuk keindahan tampilan, juga menjadikan pencitraan blog kita tampak lebih profesional. Tentunya akan membuat betah dan nyaman pengunjung rumah kita. Terlihat bedanya blogku antara sebelum dengan sesudah dipermak pada gambar di bawah.

Tampilan blog sebelum dan sesudah dipermak

Yang kita butuhkan adalah kemauan untuk memulai dan keberanian mengeksplor lebih jauh blog impian kita. Serta yang tak kalah penting adalah cermat dan teliti untuk setiap tahap perubahan yang akan kita lakukan pada blog kita. Dan tentu guru yang membimbing kita dengan sabar saat kita mulai tersesat.

Aku sadar, perjalanan blogging ini belum berhenti sampai sini. Perjalanan masih sangat panjang. Karena setelah rumah sudah berdiri dan bagus maka tanggung jawab selanjutnya adalah mengisi dan merawatnya sepenuh hati. Karena apalah arti keberadaan rumah kalau tidak dihuni dan dirawat, bukan? Yok, tetap semangat nge-blog! Terima kasih banyak, Mbak Marita yang sangat telaten mengajari step by step!

Naqiibatin Nadliriyah
Halo! Saya Naqi. Pembaca buku yang menulis beberapa topik di Serambi Naqiibah. Diantaranya tentang ulasan buku maupun film, tips, fiksi, finansial, dan review produk teman :)

Related Posts

1 comment

  1. Baru paham, kenapa sebelum kelas mulai Coach Marita meminta kita untuk menyusun draft tentang blog kita. Ternyata semakin kesini semakin menjelaskan mau dibaw kemananya. Untuk sudah ditugaskan di awal.

    ReplyDelete

Post a Comment