Header Serambi Naqiibah

Jagat: Media Sosial Berbasis Shareloc buat Cari Teman Se-Frekuensi

11 comments
Konten [Tampil]

Aplikasi berbasis shareloc semakin populer saat mobilitas dan konektivitas menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari. Berbagi lokasi, juga dikenal sebagai shareloc, adalah fitur yang memungkinkan pengguna berbagi lokasi geografis mereka dengan teman-teman atau keluarga mereka secara real-time. 

Salah satu aplikasi yang menawarkan layanan ini adalah aplikasi Jagat. Apa itu aplikasi Jagat dan bagaimana fitur dan layanan yang ditawarkan aplikasi ini? Simak pengalamanku menggunakan  aplikasi Jagat ini ya!

Apa itu Aplikasi Jagat

Aplikasi Jagat Adalah

Aplikasi Jagat adalah aplikasi berbagi lokasi yang memungkinkan kita untuk dengan mudah mengetahui keberadaan teman-teman kita. Ini termasuk saat teman, keluarga, pasangan, orang tua, atau anak kita menggunakan aplikasi ini bersama-sama.

Oleh karena itu, aplikasi Jagat memungkinkan penggunanya untuk mendeteksi lokasi dan memiliki pengalaman baru dan seru dengan teman-teman yang sering mereka temui. 

Jadi memang bisa dikatakan aplikasi Jagat sebagai media sosial berbagi lokasi atau shareloc.

Tampilan dan Fitur Aplikasi Jagat

Sebelum diriku membagikan pengalamanku menggunakan aplikasi Jagat, Kalian harus tahu tampilan dan fitur-fitur yang ada di sini. Apa saja fitur dan bagaimana tampilannya? Yuk kenalan!

Profil

Pada tampilan halaman awal aplikasi Jagat ada profil kita sebagai pengguna. Pada profil aplikasi Jagat 

Untuk membuat profilmu lebih mudah dikenali, sebaiknya kamu mengubah foto profilmu menjadi foto pribadi. Pada bagian atas juga ada tanda gender, yang pasti sangat memudahkan untuk mengidentifikasi pertemanan di kemudian hari.

Di samping ID yang bisa digunakan untuk mengundang teman, ada tanda mata itu menunjukkan banyak teman yang sedang memikirkanmu, katanya. Ahaha! Asyik juga ya!

Dan paling kanan ada tanda piala yang disebut pops. Pops itu menampilkan setiap orang yang sudah kamu undang untuk bergabung dengan Jagat dan menjadi temanmu.

tampilan profil Jagat

Tampilan Profil aplikasi Jagat ini kamu bisa mengulik lebih lanjut dengan menambahkan teman atau lainnya. Bisa tambahkan aku sebagai teman ya! :)

Sementara fitur di aplikasi Jagat ini juga tak kalah menarik, antara lain:

Location Sharing dan Social Map

Ya, namanya aplikasi media sosial berbasis shareloc, tentu saja fitur utama adalah berbagi lokasi atau Location Sharing. Pada fitur ini, kita bisa berbagi lokasi dengan orang-orang secara real time loh.  Jadi nggak ada alasan  tidak akan jadi emosi karena tau posisi teman janjian kita ada dimana.

Selain itu kita juga bisa mengirimkan foto dan video bersama dengan data lokasi kepada teman lainnya melalui In-App Message. Terus, kita dapat mengirimkan notifikasi kepada kontak kita dengan menggunakan Emoji Bombing, sticker tiga dimensi yang lucu dan dapat disesuaikan dengan situasi atau perasaan yang ingin kita bagikan. Gimana, menarik kan?

NOW

Ini adalah fitur yang bisa kamu gunakan untuk mengunggah foto maupun video secara real time. Jadi saat kamu unggah fotomu, teman yang menggunakan aplikasi Jagat dapat melihat fotomu tadi secara langsung.

Tentunya fitur ini beda dengan media sosial lainnya. Kalau story di media sosial bisa diambil dari galeri kan ya, fitur NOW hanya bisa diambil dari kamera secara langsung. Jadi bener-bener real time ya!

Caranya tinggal kamu buka halaman awal aplikasi Jagat, dan klik ikon bergambar kamera cus klik untuk membuat momen real time! Cocok banget buat kamu yang jadi si-paling update lah. Apalah aku yang sering #latepost, hehe.

Kita dapat melihat foto kegiatan pengguna aplikasi Jagat lainnya selain kita sendiri. Eh kok bisa?

Bisa dong, cuma dengan mengaktifkan radar, kita dapat melihat unggahan NOW pengguna lain dalam radius 50 km. Tampilannya mirip dengan story pada aplikasi lainnya, kalian juga bisa menambahkan teks, emoji, atau stiker, tetapi unggahan foto tetap real-time.

Fitur Now aplikasi Jagat

Planet

Ini nih fitur yang baru kutemui ada di aplikasi Jagat ini. Fitur Planet ini berguna untuk mengumpulkan dan menghubungkan momen yang terkait dengan subjek atau tema tertentu di tempat yang menarik.

Gambar-gambar yang berasal dari postingan NOW yang diberikan hashtag tertentu akan terkumpul menjadi semacam satu wadah gitu jadinya mirip komunitas ya? 

Dengan demikian, pengguna dapat dengan mudah menjelajahi dan menikmati berbagai konten yang serupa, yang menghasilkan pengalaman sosial yang lebih terhubung dan menarik di dunia Jagat. Selain itu, kamu juga dapat mencari teman atau komunitas yang memiliki minat yang sama denganmu.

Misalkan nih, ada planet Foodies, maka di dalam tempat itu terkumpul foto atau video orang-orang yang membagikan kulineran.

Fitur Planet Jagat

Group Nearby

Dalam hidup kita, ada saat-saat ketika kita butuh suasana baru semacam teman baru misalnya. Nah, fitur Jagat yang ini siap membantu! Ikon grup terletak di bagian menu sebelah kanan halaman beranda.

Grup Nearby ini akan membantumu menemukan teman baru di sekitar, dan itu bisa menjadi cara yang bagus untuk bertemu dengan teman satu frekuensi! Kamu juga dapat saling mendeteksi lokasi dan berbicara satu sama lain melalui chat di grup.

Pengalaman Pakai Aplikasi Jagat 

Hadirnya aplikasi Jagat ini menjadi mainan seru di tengah kejenuhan informasi yang ada pada media sosial. Bayangkan betapa banyak info berita yang dibagikan apalagi musim pemilu kan ya?

Aplikasi yang berguna untuk memastikan keamanan dan keterhubungan keluarga atau teman-teman dalam kehidupan sehari-hari. Dengan fitur-fitur seperti pelacakan lokasi real-time, pemberitahuan keselamatan, dan komunikasi dalam aplikasi. 

Aplikasi Jagat ini membuat koordinasi dan komunikasi menjadi lebih mudah dan lebih efisien. Gak ada drama lagi buat janjian ketemu sama temen kan. Bisa dicek aja udah otewe beneran atau masih di rumah.

Terutama saat menggunakan fitur Planet. Seru dan asyik bisa lihat hasil foto dari para pengguna yang se-frekuensi kan? Barangkali di sini juga nanti bisa nemu jodoh kali ya? Tapi aku sih belum dapat ya, ahaha!

Yuk Berteman di Jagat

Gimana? Seru kan nyimak diriku menggunakan media sosial berbasis shareloc ini. 

Dengan aplikasi jagat ini, kita bisa berbagi hal dengan teman yang se-frekuensi sesuai minat kita. Menarik, bukan? Yuk kita berteman di Jagat! Kamu bisa download aplikasi jagat di Playstore untuk pengguna android atau App store.

Yuk Berteman di Jagat

Jika kamu masih ingin mengetahui lebih banyak tentang aplikasi ini, kamu juga bisa mengunjungi media sosial instagram atau tiktoknya di akun Jagat @jagatapp_id.

So, yang sudah menggunakan aplikasi Jagat ini, yuk berteman dan komen di bawah ya!


Naqiibatin Nadliriyah
Halo! Saya Naqi. Pembaca buku yang menulis beberapa topik di Serambi Naqiibah. Diantaranya tentang ulasan buku maupun film, tips, fiksi, finansial, dan review produk teman :)

Related Posts

11 comments

  1. Aku belum instal apps Jagat.
    Tapi jadi tertarik dengan Fitur Aplikasi Jagat yang sangat kekinian sekali. Paling bingung kalau cari rekomendasi tempat makan yang seru pas lagi di suatu tempat. Pinginnya kan nyobain hal-hal baru yaa.. Jadi, dengan fitur planet Foodies, bisa menemukan banyak hidden gems ya..

    ReplyDelete
  2. Kayaknya aplikasi ini cocok deh buat yang punya usaha seperti warung atau kuliner, dengan fitur berbagi share loc, teman-teman bisa menemukan hidden gem apapun dengan mudah, kadang kalau baru pindah rumah suka kebingungan nyari warung atau rumah makan terdekat.

    ReplyDelete
  3. Bagus banget aplikasi nya . Apalagi bagi yang suka networking luas bisa memanfaatkan aplikasi ini

    ReplyDelete
  4. Aplikasi Jagat ini memang seru sih ya untuk bisa terus saling update antara circle pertemanan atau bahkan anggota keluarga. Dan bagusnya di Jagat, level privasi seseorang tetap bisa diatur sesuai keinginan.

    ReplyDelete
  5. Bagus juga nih ya mbak aplikasi Jagat. cocok buat food hunter kyk aku. bisa nemu rekomendasi tempat makan enak

    ReplyDelete
  6. Sudah pernah pakai ini. Seru banget sih! Andai ada jaman aku masih single mahasiswa gitu, bakal seru banget mainan Jagat App HAHAHA. Terus bisa ketemu orang baru juga. Mau setel privasi juga bisa

    ReplyDelete
  7. Seru pakai aplikasi jagat ini, bisa cari teman dari kesukaan dan bahkan bisa jadi ajang reuni kuliah juga

    ReplyDelete
  8. Kelihatannya aplikasi ini cocok buat dipakai bercengkrama di lingkungn sekitar. Meski tergolong media sosial tapi fiturnya buat pertemanan jadi terasa lebih dekat.

    ReplyDelete
  9. Punya teman sefrekuensi itu penting ya
    Makanya aplikasi Jagat ini sangat membantu
    Biar kita mudah menemukan teman sefrekuensi

    ReplyDelete
  10. Konsep baru yaaa ini dalam berteman. Selama ini taunya hanya share tempat2 kuliner dan wisata dan kasih review. Ternyata bisa juga pake app Jagat ini untuk tambah teman. Mau ulik dulu aaahh...

    ReplyDelete
  11. Makasih kak infonya, iya sih jaman semakin maju berteman pun semakin mudah.

    ReplyDelete

Post a Comment