Header Serambi Naqiibah

Cara Meningkatkan Konversi dan Penjualan Bisnis di Era Digital

32 comments
Konten [Tampil]

Siapa di sini yang punya bisnis dan sedang membutuhkan strategi untuk memasarkan produknya, terutama dalam era digital begini? Nah, kali ini aku mau membagikan strategi pemasaran untuk meningkatkan konversi dan penjualan bisnis kamu. Simak sampai akhir ya!

Cara Meningkatkan Konversi dan Penjualan Bisnis di Era Digital

Pentingnya Konversi dan Penjualan dalam Bisnis

Dalam lingkungan bisnis yang semakin bergantung pada teknologi dan internet, tentu saja konversi dan penjualan dalam suatu bisnis akan menjadi penting. Sebelumnya apa sih konversi dan seberapa penting sih konversi dan penjualan dalam bisnis? Check this out ya!

Apa itu Konversi dalam Bisnis?

Kata serapan dalam bahasa Inggris ini memiliki arti sesuatu yang menggantikan sesuatu yang lain atau ketika sesuatu itu berubah. Dalam pemasaran bisnis digital, strategi konversi adalah ketika orang melakukan sesuatu di situs web yang membantu pemiliknya menghasilkan uang. Ini bisa berupa mengunduh buku, membeli produk, mendaftar email, atau melakukan panggilan telepon. 

Setiap kali seseorang menunjukkan minat pada sesuatu di situs web, hal itu membuat mereka semakin dekat untuk membeli sesuatu. Menggunakan strategi ini memudahkan orang untuk membeli barang dan membantu pemilik situs web menjual lebih banyak barang.

Konversi bisa berarti berbagai hal, mulai dari pembelian produk atau jasa hingga tindakan seperti mendaftar newsletter, mengisi formulir atau bahkan checkout untuk membeli produk penjualanmu. Setelah kamu mengidentifikasi konversi yang relevan, pastikan untuk mengukurnya dengan baik.

Alasan Konversi dan Penjualan dalam Bisnis ini Penting

Konversi dalam bisnis sangat penting karena merupakan ukuran keberhasilan dalam mencapai tujuan bisnis yang kamu kerjakan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa konversi memiliki peran kunci dalam dunia bisnis:

1. Meningkatkan Brand Awareness

Konversi ini merupakan langkah penting dalam membangun brand awareness. Pelanggan yang baru saja membeli produkmu dan merasa puas, cenderung membicarakannya kepada orang lain. 

Hal ini memiliki potensi untuk menyebarkan iklan yang efektif melalui teman, keluarga, dan rekan kerja. Ini pada gilirannya membantu audiens yang lebih luas menjadi lebih sadar merek (brand awareness).

2. Meningkatkan interaksi dengan pelanggan

Konversi melibatkan pelanggan dalam tindakan yang berarti, seperti pembelian produk atau saat pendaftaran pra pesan. Ini adalah langkah awal dalam pembentukan hubungan yang lebih kuat antara bisnis dan pelanggannya. Melalui konversi, pelanggan merasa lebih terlibat dan terhubung dengan brand kamu.

Selain itu dari konversi juga adanya peluang untuk berkomunikasi dengan pelanggan lebih lanjut melalui umpan balik atau memberikan perhatian kecil sehingga bisa memberikan promosi dan penawaran lanjutan bukan? Atau bisa jadi interaksi yang positif dengan pelanggan bisa menjadi solusi masalah atau keluhan. Sehingga mengubah dari pengalaman negatif menjadi pengalaman positif.

Interaksi yang kuat dengan pelanggan dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi bisnismu, termasuk meningkatkan loyalitas pelanggan, retensi, dan pertumbuhan bisnis. 

3. Memperluas jangkauan target pemasaran

Melalui konversi, kamu dapat mencapai audiens baru yang mungkin belum terpapar kepada brand kamu sebelumnya. Seperti halnya saat pelanggan menceritakan pengalaman mereka yang positif terhadap proses pembelian produk kamu,  

Jadi, salah satu alasan pentingnya konversi dalam bisnis kamu adalah tentang menciptakan efek bola salju yang memperluas jangkauan target pemasaran bisnismu. Semakin banyak konversi yang kamu hasilkan, semakin besar peluang  untuk mencapai dan memengaruhi audiens yang lebih luas.

4. Meningkatkan efisiensi operasional

Dengan memahami pola konversi, kamu dapat mengalokasikan sumber daya bisnis dengan lebih efektif. Kamu dapat menyesuaikan staf, inventaris, dan infrastruktur dengan permintaan yang sebenarnya dan menghindari pemborosan.

Selain itu, melalui data konversi, kamu dapat mengumpulkan wawasan yang mendalam tentang perilaku pelanggan. Sehingga kamu bisa mengurangi waktu dan upaya yang terbuang pada calon pelanggan yang kurang cocok dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Konversi yang baik bukan hanya tentang meningkatkan pendapatan, tetapi juga tentang meningkatkan efisiensi operasional bisnis yang sedang kamu bangun, kan?

Cara Meningkatkan Konversi dan Penjualan Bisnis di Era Digital

Setelah memahami apa itu konversi dalam bisnis, berikut cara meningkatkan penjualan yang bisa kamu lakukan di era digital antara lain:

6 Cara meningkatkan penjualan

1. Branding Produk 

Branding produk yang kuat adalah langkah awal yang penting untuk meningkatkan konversi dan penjualan bisnis yang kamu kerjakan di era digital ini. Pahami target pasar dan buat branding yang kuat untuk brand usaha kamu!

Namun, itu hanya satu bagian dari keseluruhan strategi pemasaran. Kombinasikan dengan taktik-taktik pemasaran digital yang relevan dan perhatikan hasilnya secara teratur untuk mengoptimalkan performa bisnismu ya! 

2. Optimasi Media Sosial

Di Indonesia, penggunaan media sosial meningkat pesat dari tahun ke tahun. Menurut Data Reportal, 167 juta orang menggunakan media sosial pada tahun 2023, dengan 153 juta di antaranya di atas usia 18 tahun, atau 79,5% dari total populasi yang berada di usia produktif. Hal ini menyebabkan media sosial menjadi sangat penting untuk dioptimasi dalam hal bisnis. 

Artinya, pelaku bisnis saat ini dapat memperluas target pasar mereka melalui interaksi di media sosial. Karena jangkauannya yang tak terbatas, marketing media sosial telah banyak digunakan sebagai alternatif untuk promosi. 

Selain meningkatkan promosi branding dari produknya, penjual dapat menggunakan media sosial untuk mendapatkan pelanggan internasional dan bahkan luar provinsi. Posting foto, video, dan deskripsi produkmu harus cukup mudah diakses.

3. Optimasi Mesin Pencari (Search Engine Optimization/ SEO)

Salah satu strategi penting untuk meningkatkan konversi di era digital yakni dengan mengoptimalkan situs web bisnis rumahan kamu untuk mesin pencari. Kamu dapat meningkatkan visibilitas dan memudahkan calon pelanggan menemukan produk, menarik lalu lintas organik yang relevan, dan akhirnya meningkatkan konversi. 

Selalu perhatikan perkembangan dan perubahan algoritma mesin pencari seperti Google untuk memastikan situs web kamu tetap relevan ya!

4.  Iklan Online (Ads)

Iklan online dapat menjadi alat yang sangat efektif untuk meningkatkan konversi dalam bisnis jika dikelola dengan baik. Tentu saja yang perlu diperhatikan adalah memilih target audiens dari iklan atau membuat desain iklan yang tidak mengganggu serta alokasi anggaran yang kamu berikan untuk pasang iklan online sih ya. 

Pastikan kamu memahami platform iklan yang kamu gunakan, mengukur kinerja kampanye secara berkala, dan selalu berusaha untuk meningkatkan hasilnya.

5. Agensi Pemasaran Digital (Digital Marketing Agency)

Untuk membantu bisnismu berkembang, kamu dapat menggunakan perusahaan jasa yang disebut digital agency. Agensi ini akan bekerja sama untuk mempromosikan bisnismu. Cukup menarik bukan?

Sebagai contohnya, kamu bisa bermitra dengan digital agency Indonesia. Agensi digital di Indonesia ini tentunya bisa dipercaya untuk membantu meningkatkan penjualan bisnis kamu. Mereka akan menawarkan berbagai cara untuk memasarkan bisnis secara online, dan tentunya mereka memiliki tim ahli yang tahu banyak tentang pemasaran digital.

Nah, kamu bisa mencoba digital agency Indonesia terpercaya yang bisa meningkatkan penjualan produk kamu secara online apalagi untuk kamu yang memiliki bisnis digital! Apakah kamu tertarik menggunakan jasa agensi digital ini?

Oh iya, pastikan hubungan dengan mitra ini selalu baik ya. Dengan begitu bisnis yang kamu kelola bisa melesat sat set!

6. Analisis dan Pemantauan

Dari cara-cara sebelumnya, ini yang tak kalah penting. Analisis dan pemantauan adalah elemen kunci dalam upaya meningkatkan konversi bisnis yang kamu punya. Gunakan tools untuk melacak kinerja konversi yang kamu lakukan untuk bisnis kamu.

Dengan memahami data dan kinerja bisnis yang kamu kelola, kamu dapat mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki, mengambil tindakan yang sesuai, dan mengoptimalkan proses untuk mencapai hasil yang lebih baik. 

Dari laporan analisis yang teratur kamu bisa memantau secara langsung dan mengambil langkah yang tepat untuk meningkatkan konversi dan penjualan produk dari bisnis kamu!

Redcomm, Agensi Terpercaya untuk Digital Marketing di Indonesia 

Nah salah satu cara meningkatkan konversi dan penjualan bisnis tadi adalah menggunakan jasa digital marketing agency Jakarta. Perusahaan jasa digital agency Jakarta ini tentu banyak dong. Kali ini aku informasikan salah satu digital agency Jakarta.

Redcomm adalah salah satu agensi pemasaran digital di Jakarta. Kantor pusatnya ada di Jakarta, tepatnya di daerah Tanah Abang.

Sejak tahun 2018, Redcomm sebagai campaign asia agency of the year 5 tahun berturut-turut ini merupakan perusahaan digital agency Jakarta yang didapuk sudah berpengalaman selama 20 tahun. Keren kan?

Mereka bisa membantu bisnis baru dan bisnis online dengan cara cerdas untuk mempromosikan produk kamu. Perusahaan agensi digital di Jakarta ini dapat membantu kamu sebagai pemilik bisnis dan tim pemasaran dalam pemasaran online.

Hingga saat ini, Redcomm telah membuat lebih dari seribu kampanye untuk ratusan perusahaan dan bisnis. Apa saja bisnis yang telah bekerja sama dengan Redcomm? Perusahaan-perusahaan besar yang namanya sudah familiar bagi banyak orang di Indonesia tentu saja. Salah satunya adalah XL, Coca-Cola, KitKat, Grab, BCA, UNIQLO, Astra, Mayora, JOOX, Samsung, dan Unilever.

Keunggulan lain dari Redcomm sebagai digital marketing agency Indonesia adalah timnya yang terdiri dari orang-orang yang berpengalaman dalam berbagai bidang, seperti animator, videographer, fotographer, sinematografi, dan penulis. Jadi Redcomm dapat membuat strategi pemasaran digital yang unik, inspiratif, dan unik dalam berbagai format, seperti video, infografis, dan buku.

Keunggulan Redomm, digital agency Jakarta

Penutup

Meningkatkan konversi dan penjualan dalam bisnis memang memerlukan strategi yang terstruktur dan upaya yang berkelanjutan. Dengan pemahaman yang mendalam berbagai strategi meningkatkan konversi dalam penjualan bisnis ini,

Apalagi salah satu strategi meningkatkan konversi dan penjualan bisnismu dibantu Redcomm Digital marketing agency Indonesia dengan 5x gold winner sebagai agensi terpercaya untuk digital marketing di Indonesia, bisnis kamu bisa mencapai pertumbuhan yang signifikan. 

So, teruslah memantau dan mengoptimalkan strategi kamu sesuai dengan perubahan dalam pasar dan tren bisnis kamu. Dengan fokus pada upaya ini, kamu dapat mencapai kesuksesan jangka panjang dalam bisnis. Semangat dan salam sukses!


Referensi:

  • https://redcomm.co.id/
  • https://data.goodstats.id/statistic/agneszefanyayonatan/menilik-pengguna-media-sosial-indonesia-2017-2026-xUAlp#

Naqiibatin Nadliriyah
Halo! Saya Naqi. Pembaca buku yang menulis beberapa topik di Serambi Naqiibah. Diantaranya tentang ulasan buku maupun film, tips, fiksi, finansial, dan review produk teman :)

Related Posts

32 comments

  1. Trims, semangat berbisnis

    ReplyDelete
  2. Branding produk atau toko memang sangat penting. Kalau branding kita sudah kuat, rasanya akan lebih mudah melakukan penjualan produk. Lalu konversi pun bisa meningkat..

    Meski begitu, mempercayakan urusan pemasaran kepada agensi pemasaran, kayak Redcomm juga bagus. Apalagi pencapaian Redcomm juga tinggi banget.

    ReplyDelete
  3. Banyak ya kak yg hrs dilakukan demi mencapai konversi tinggi ke penjualan. Pdhl kita udh melakukan bnyk hal tuh. Tp konversi ke penjualan msh rendah.

    Emg udh saatnya UMKM hrs memakai jasa digital marketing agency agar promosinya bs ditingkatkan melakui channel yg benar. Unungnya demi mencari konversi tggi ke penjualan. Kyk ke Redcomm ini yg udh kredibel mengurusi marketing produk/jasa.

    ReplyDelete
  4. Wah ada jasa digital marketing terpercaya ya. Pastinya bikin usaha makin maju dan pemilik usaha nggak usah pusing lagi mikirin marketing digital lagi. Serahin aja ke Redcomm

    ReplyDelete
  5. poinnya penting semua nih buat dilakukan buat yang lagi buka usaha. tapi, agak pusing juga ya kalo dilakuin sendiri. emang paling efisien kali diserahkan ke digital agency biar kita bisa fokus ke hal lainnya

    ReplyDelete
  6. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan konversi penjualan ya Kak? Semuanya bisa sih kita kerjakan sendiri. Tapi kalau sampai keteteran, mungkin alternatifnya bisa sewa jasa digital marketing seperti Redcomm.

    ReplyDelete
  7. Branding produk ini salah satu teknik jitu sehingga calon kustomer mudah ingat dan mendatangkan pelanggan lebih mudah juga

    ReplyDelete
  8. Kalau untuk pebisnis yang baru memulai usaha memang paling mudah pakai jasa digital agency aja ya

    ReplyDelete
  9. Mau ningkatin penjualan memang nggak cukup dari mulut ke mulut doang yah, rssanya memang kudubantuan juga dari jasa digital agency Redcomm

    ReplyDelete
  10. UMKM kalau mau begitu-begitu saja pastinya sangat disayangkan
    Sudah ada banyak cara meningkatkan penjualan
    Bisa gabung ke digita, agency seperti Redcomm

    ReplyDelete
  11. Laporan analisis ini yang memang perlu orang yang paham dan tahu apa yang akan dilakukan setelah itu. Serahkan sama agensi digital kayak Redcomm aja kalo gitu biar gak pusing

    ReplyDelete
  12. Era digital ini membuat kita semua berubah yaa..
    Dan saatnya kita belajar untuk branding yang baik. Kalau butuh waktu, itu pasti. Tapi bekerjasama dengan perusahaan digital agency Jakarta yang terbaik seperti Redcomm, pastinya bisa memperpendek waktu dan sekaligus meningkatkan penjualan dengan cepat.

    ReplyDelete
  13. karena semua semakin canggih, untuk meningkatkan penjualan selain dari periklanan dan optimasi SEO, sekarang yang lagi trend hadirnya jasa digital agency. Cukup bermitra dengan mereka maka semua proses bahkan analisa data bisa langsung didapatkan dengan mudah tanpa menyita energi dan waktu,,

    ReplyDelete
  14. Redcomm ini bisa membantu para pelaku bisnis online untuk bisa meningkatkan penjualannya ya mbak

    ReplyDelete
  15. penting banget branding toko biar banyak pelanggan, redcom sangat membantu pelaku usaha agar penjualannya meningkat

    ReplyDelete
  16. tipsnya lengkap banget kak, jadi makin tahu bahwa peran agency digital di era modernisasi sekarang begitu penting,

    ReplyDelete
  17. Terima kasih, ka.. Aku kebantu banget memahami makna konversi bisnis untuk meningkatkan penjualan. Karena aku pikir yang namanya konversi ini hanya untuk perubahan yang dratis.
    Ternyata di dunia usaha pun butuh adaptasi yang memanfaatkan digital marketing terpercaya. Uda pasti ingetnya Redcomm sih ya...

    ReplyDelete
  18. Meningkatkan konversi penjualan bisa dilakukan banyak cara ya, apalagi bisa andalkan digital marketing juga nih

    ReplyDelete
  19. Caranya bnyk bgt ya kak buat ningkatin konversi ke penjualan. Kalo ngelakuin satu2 sendiri, repot bgt tuh. Blm lagi biaya dan tenaganya. Mknya kita ga usah capek2 ngurus gituan. Serahkan aja ke agensi digital marketing Redcomm. Mereka udh terpercaya bgt tuh ngurusin ginian. Kita fokus di produk aja. Biar marketing, Redcomm yg urusin.

    ReplyDelete
  20. Sekarang makin mudah nih mendapatkan ilmu bisnis. Jadi kita engga dari nol. Banyak cara untuk meningkatkan penjualan, salah satunya melalui digital marketing agency. Kita engga ribet mikir sendiri deh...

    ReplyDelete
  21. Susah gampang lho bikin strategi pemasaran apalagi di era digital. Apalagi yang masih adaptasi juga bingung mau ningkatin konversi penjualan. Salah satunya dengan memperluas jangkauan target pemasaran. Tapi ngga usah khawatir sih, kan udah ada RedComm yang terpercaya untuk digital marketing buat ngebantu ningkatin penjualan bisnis kita. Udah pengalaman juga.

    ReplyDelete
  22. Kalo bisnis udah maju aku sih pengennya justru investasi ke sumber daya, peningkatan kualitas produksi, dan itu ngga mungkin dihandle sendirii, wajib diserahkan ke ahlinya kalo ngga mau keteteran, jadi adanya Redcomm ini mempermudah banget ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju dong sama Mbak Ji. Kita cukup keteter sama penjualan aja yah kan, hehe..

      Delete
  23. Portfolio perusahaan yang udah kerja sama dengan Redcomm banyak banget nih. Jadi nggak ragu pakai jasa Redcomm untuk bantu meningkatkan konversi penjualan

    ReplyDelete
  24. Ternyata ada banyak cara yang bisa ditempuh ya kalau kita mau meningkatkan konversi penjualan. Cuma emang kalau belum paham dengan caranya akan lebih baik memanfaatkan jasa digital agency seperti Redcomm ini yang udah berpengalaman menangani berbagai brand.

    ReplyDelete
  25. Redcomm ini hadir sebagai solusi pemasaran agar target pasar nya tepat ya. Apalagi sudah banyak penghargaan yang diraih, jadi lebih yakin untuk gunakan jasa nya

    ReplyDelete
  26. tips-tipsnya pastinya bermanfaat banget kak untuk ningkatin penjualan terutama bagi para pemilik usaha online yang baru saja buka, jadi wajib banget nerpain ini agar penjualannya terus naik

    ReplyDelete
  27. Suka dengan infografis yang Mbak Naqi buat di artikel ini. Jadi lebih paham cara meningkatkan konversi dan penjualan bisnis di era digital.

    ReplyDelete
  28. ternyata membuat newsletter cukup penting juga ya, meski sebagian konsumen/orang gak suka isi-isi form gitu. tapi kalo brandingnya udah kuat justru pengen banget isi newsletter ya. yang jadi PE nge brandingnya ini nih, untuk itu serahkan ke ahlinya saja, redcomm ya

    ReplyDelete
  29. Banyak sekali langkah yang perlu dilakukan untuk meningkatkan jangkauan pasar dan menaikkan profit bisnis sih ya. Mulai dari branding sama menjaring awareness, pun masih banyak lainnya. Rasanya memang bisa jadi pilihan sih jika dalam menjalankan bisnis juga bekerjasama dengan digital agency yang mumpuni.

    ReplyDelete
  30. Kayaknya aku harus belajar bisnis lagi nih biar bisa berbisnis dengan sukses. Artikelnya bisa dijadikan acuan mbak. Keren

    ReplyDelete
  31. Jasa digital marketing dpt dipercaya kak, soalnya lebih matang & profesional dlm pengerjaannya nya.

    ReplyDelete

Post a Comment