Header Serambi Naqiibah

Legenda Asal Mula Nama Desa Paciran, Lamongan

9 comments
Konten [Tampil]

Sebenarnya yang namanya legenda tentu banyak ragam kisah yang dituturkan. Salah satunya juga tentang asal mula nama Desa Paciran. Apakah kalian tahu desa yang ada wisata laut terkenal ini? :D

Kisah asal mula nama Desa Paciran ini pernah kudengar saat aku duduk di bangku MI (SD). Saat itu aku suka sekali dengan kisah-kisah legenda. Alhasil sampai saat ini kisah ini masih melekat kuat. Bagaimana kisahnya? Simak tulisan kali ini yaa

Legenda Asal Mula Nama Desa Paciran, Lamongan

Desa Paciran 

Sebelum kuceritakan tentang legenda asal mula nama Desa Paciran, aku kenalin dulu desa kelahiranku ini ya.

Desa Paciran yang merupakan tanah kelahiranku ini terletak di Kabupaten Lamongan, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Desa yang terletak di daerah pesisir utara Pulau Jawa ini memiliki sejarah dan budaya yang kaya serta keindahan alam yang menarik.

Desa Paciran terkenal sebagai pusat produksi gula aren, karena banyaknya pohon aren/siwalan yang tumbuh di daerah tersebut. Selain itu, Desa Paciran juga terkenal dengan hasil pertaniannya seperti padi, jagung, kacang dan lain sebagainya.

Selain petani, sebagian besar mata pencaharian warga Desa Paciran juga nelayan karena memang daerah Paciran merupakan daerah tepi pantai utara Pulau Jawa

Apa itu Legenda

Legenda merupakan sebuah cerita rakyat yang diwariskan dari generasi ke generasi melalui lisan atau tulisan. Biasanya legenda seringkali dihubungkan dengan tokoh atau tempat tertentu yang memiliki nilai historis atau keindahan alam yang menakjubkan.

Oleh karena itu, legenda memiliki unsur-unsur fantasi, keajaiban, dan keindahan yang dihubungkan dengan budaya atau kepercayaan masyarakat setempat. Beberapa cerita legenda biasanya dijadikan sebagai acuan dalam perilaku atau kepercayaan masyarakat, misalnya dalam mempertahankan tradisi atau menjaga kerukunan antarwarga.

Legenda juga dapat menjadi sumber inspirasi bagi seniman, penulis, dan pembuat film. Beberapa karya seni populer, seperti film, novel, atau drama, seringkali mengambil inspirasi dari cerita-cerita legenda untuk diadaptasi menjadi karya seni yang baru.

Legenda Asal Mula Nama Desa Paciran, Lamongan

Desa Paciran memiliki cerita yang sudah melegenda di masyarakat setempat tentang asal usul nama Paciran. Beberapa kisah masih berhubungan dengan kisah perjalanan Sunan Sendang (Raden Nur Rahmat). Akan tetapi yang masyhur seperti yang pernah diceritakan saat aku masih kecil.

Dahulu kala, Raden Nur Rahmat ingin membuat masjid di daerahnya. Akan tetapi, di daerahnya tidak ditemukan kayu jati, hanya batuan kapur dan pohon siwalan. Kemudian,Sunan Drajat yang memberikan gelar Sunan Sendang Duwur memerintahkan beliau untuk pergi menemui Mbok Randa Mantingan atau Nyai Ratu Kalinyamat di Mantingan, Jepara untuk membeli masjid.

Ratu Kalinyamat adalah putri Sultan Trenggono Sultan Demak Bintoro. Beliau menikah dengan Raden Thoyib (Sultan Hadlirin Soho) cucu Raden Muchayat, Syech Sultan dari Aceh. Saat menjadi bupati di Jepara, R Thoyib tidak lupa bersyiar agama Islam

Raden Thoyib membangun masjid indah di wilayahnya pada 1531 Masehi. Banyak ulama dan kiai saat itu kagum terhadap keindahan dan kemegahan masjid tersebut.Nah, Sunan Drajat memerintahkan Sunan Sendang Duwur pergi ke Jepara untuk menanyakan masjid tersebut.

Sesampainya di Mantingan, Ratu Kalinyamat mengatakan bahwa wasiat suaminya yang sudah meninggal adalah masjid tersebut tidak dijual. Akan tetapi, jika ada seseorang yang dapat memindahkan masjid sendirian dalam satu malam, maka dia dapat memilikinya secara gratis.

Tanpa disangka, atas izin Allah, Raden Nur Rahmat mampu memindahkan seluruh masjid dalam semalam. Namun, dalam perjalanannya, salah satu pintu masjid tersebut terjatuh dan dalam bahasa penduduk setempat peristiwa itu "cicir" (jatuh). Nah dari peristiwa inilah daerah tersebut dinamakan desa Paciran yang artinya desa tempat jatuhnya pintu.

Asal Mula Nama Desa Paciran, Lamongan

Namun, kembali disebutkan bahwa cerita ini lebih bersifat legenda, dan tidak ada catatan sejarah yang pasti mengenai kebenarannya. Meskipun demikian, cerita ini telah menjadi bagian dari tradisi lisan dan budaya masyarakat di Jawa Timur, terutama di wilayah desa Paciran dan sekitarnya

Legenda Desa Paciran masih tetap diwariskan oleh masyarakat setempat hingga saat ini. Desa Paciran juga menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Lamongan karena keindahan alamnya salah satunya ada Wisata Bahari Lamongan (WBL), Maharani Zoo and Goa dan situs sejarah yang juga sangat menarik untuk dikulik.

Naqiibatin Nadliriyah
Halo! Saya Naqi. Pembaca buku yang menulis beberapa topik di Serambi Naqiibah. Diantaranya tentang ulasan buku maupun film, tips, fiksi, finansial, dan review produk teman :)

Related Posts

9 comments

  1. waah ternyata ada sejarah historisnya tanah kelahiran mba naqiibah, BTW masih kental juga legenda kesultanan dengan asal usul nama desa paciran

    ReplyDelete
  2. Jadi penasaran apakah masjidnya jadi dipindahkan beneran? Tapi namanya legenda ya Mbak, pasti ada yang menarik dari sudut pandang kita sekarang ini. Aku pikir cicir itu apa lho, Mbak.. Kayaknya legenda tentang tempat kelahiranku juga menarik nih buat ditulis.

    ReplyDelete
  3. Jawa tengah kaya akan sejarah Islam ya. Baru tahu ada desa bernama paciran di sana. Kira2 sunan sendang dikubur di mana? Apa di daerah paciran juga? Kisahnya mirip kayak ratu Balqis yang singgasananya dipindahkan dlm semalam.

    ReplyDelete
  4. WBL itu tanjung kodok bukan? Ke lamongan tuh lewat doang mbaaa kalo pas mudik via jalur pantura. Pengen deh rasanya ke sana. Eksplor lalu lihat2 di Paciran. Sepertinya di sana masih asri ya lingkungannya, apa Páras?

    ReplyDelete
  5. Lamongan, tempat beli legen kesukaan bapak dan buah siwalan kesukaan ibu. Ternyata ada desa yang punya legenda soal pintu juga ya. Sama dengan di kota kelahiranku Pati, ada legenda soal pintu gerbang Majapahit.
    Saya tiap kali lewat Lamongan suka lihat plang nama makam Sunan Drajat dan Syekh Maulana Ishaq tapi belum berkesempatan singgah euy. Mudah-mudahan lain waktu ada rejeki buat ziarah ke sana dan main-main ke Desa Paciran tempat kelahiranmu, mbak.

    ReplyDelete
  6. Wah ini ya legenda desa paciran. Aku pernah kesana mbak. Sahabatku tinggal di paciran, di sendang kayaknya
    Dulu juga kuliah lapangan di paciran
    Sekalian jalan jalan ke WBL
    masih ada kan ya WBL

    ReplyDelete
  7. Ternyata legendanya menarik sekali ya, terutama cerita Raden Nur Rahmat memindahkan seluruh masjid dalam semalam. Dan ternyata salah satu pintu masjid terjatuh atau cicil di desa itu. Gak semua daerah punya cerita semenarik ini lho

    ReplyDelete
  8. saya pikir pacitan tadi ternyata paciran yaa. jujur baru dengar nama desanya. trus gimana dengan pintu yang jatuh itu mbak cerita kelanjutannya?

    ReplyDelete
  9. Setiap daerah biasanya punya legenda atau cerita rakyat sendiri2 ya, kisah bisa terbentuknya atau asal muasal namanya.. Tapi sepertinya di jaman sekarang, tidak terlalu banyak orang yang berminat mencari tau dan mendokumentasikannya ya.. Eh btw, aku baru mengenal Desa Paciran ini, belum familiar namanya :D

    ReplyDelete

Post a Comment