Header Serambi Naqiibah

Langit Musik, Platform Streaming Musik untuk Pencinta Musik

32 comments
Konten [Tampil]

Siapa nih yang suka dengerin musik sambil ikutan nyanyi? Atau ada yang sudah punya band sendiri buat nyalurin hobi musisi? Sudah nyiptain lagu sendiri?

Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat musisi di Indonesia menemukan cara baru untuk memasarkan musiknya. Beberapa menggunakan unduhan berbayar dan layanan streaming. Kehadiran internet ini bisa membantu para musisi di Indonesia terutama musisi lokal. 

Nah, kali ini Naqi mau cerita tentang aplikasi Langit Musik yang sangat bermanfaat buat para pencinta musik bahkan musisi lokal yang baru membangun brandingnya. Simak tulisan kali ini ya!

Langit Musik, Platform Streaming Musik untuk Pencinta Musik

Apa itu Langit Musik

Langit Musik adalah platform musik yang menawarkan akses ke berbagai genre musik, mulai dari pop, rock, hingga musik tradisional Indonesia. Layanan musik ini menawarkan cara baru untuk download dan streaming lagu secara legal dan tanpa batas melalui PC dan juga ponsel.

Dengan berlangganan Langit Musik, kamu bisa menikmati lebih dari 30 juta lagu dari artis lokal dan mancanegara. Selain itu, aplikasi ini memiliki katalog lebih dari 9 juta lagu, dan 76% di antaranya merupakan karya musisi lokal dan band indie. 

Langit Musik menawarkan fitur-fitur yang menjadikannya platform streaming musik yang unik. Misalnya, Anda dapat membuat daftar putar sendiri dan membaginya dengan teman di berbagai platform media sosial. Selain itu, Anda juga dapat melihat chart musik terbaru dan mengikuti berbagai kompetisi dan acara musik yang diselenggarakan oleh Langit Musik.

Kenapa Harus Langit Musik?

Berikut dua alasan utama kenapa harus menggunakan langit Musik:

1. Langit Musik akan memudahkan pengalamanmu untuk mendengarkan musik karena memiliki tampilan yang keren dan minimalis.

2. Langit Musik memiliki beberapa lagu bagus untuk kamu pilih untuk membantumu menemukan lagu yang tepat. Langit Musik telah mengumpulkan banyak pilihan lagu yang akan membantu kamu menemukan lagu yang tepat.

Nuon Digital Indonesia yang merupakan anak perusahaan Telkom Indonesia inilah yang mengelola Langit Musik. Platform streaming musik ini menawarkan sistem bagi hasil kepada para musisi yang mengunggah karya musiknya di sana. Dilansir dari Pricebook, Langit Musik memperoleh pendapatan melalui penjualan paket premium dan juga bundling yang dikenakan pada para pengguna aplikasi.

Jika Kamu mengaku pencinta musik, Kamu bisa mencoba mendengarkan lagu apapun melalui aplikasi Langit Musik ini. Karena hal ini bisa mendukung musisi dan band indie lokal. Nah, kamu dapat membantu mempromosikan musik mereka dengan membagikannya di media sosial. 

Dampak Streaming Musik untuk Genre Indie di Indonesia

Adanya pandemi dan kemajuan teknologi membuat industri musik sedang berubah. Berikut ini adalah lima dampak dari hadirnya streaming musik:

Dampak Streaming Musik untuk Genre Indie di Indonesia


1. Memperluas Akses ke Musik Lokal

Tak perlu disangkal lagi, kehadiran streaming musik telah membawa dampak positif bagi industri musik indie di Indonesia, terutama dalam memperluas akses ke musik lokal. Sebelum adanya streaming musik, musik indie seringkali sulit ditemukan di toko-toko musik atau radio tradisional, karena terbatasnya jumlah label rekaman dan stasiun radio yang bersedia memainkan musik indie.

Namun, dengan adanya platform streaming musik seperti Langit Musik, penggemar musik indie dapat dengan mudah menemukan dan mendengarkan lagu-lagu dari artis indie tanpa harus mencari di toko musik fisik atau menunggu di stasiun radio.

2. Meningkatkan Eksposur

Platform streaming musik memungkinkan artis indie untuk mengirimkan musik mereka langsung ke platform tersebut dan diakses oleh penggemar di seluruh dunia. Hal ini memperluas basis penggemar artis indie dan memungkinkan mereka untuk menjangkau pendengar yang lebih luas. 

Selain itu, platform streaming musik juga menawarkan fitur rekomendasi musik yang dapat membantu artis indie untuk ditemukan oleh pendengar yang memiliki minat yang sama.

3. Menambah Penghasilan

Sebelum adanya platform streaming musik, artis indie seringkali kesulitan untuk mendapatkan penghasilan yang memadai dari musik mereka karena terbatasnya akses ke pasar dan keterbatasan promosi.

Menurut laporan World Economic Forum (WEF) dan PricewaterhouseCoopers (PwC) pada 2019, sebagian besar uang yang dihasilkan industri musik berasal dari unduhan digital, penjualan album fisik, lisensi musik untuk film, iklan, dan permainan. Ini berarti pertunjukan live atau konser tidak lagi sepenting dulu.

Menurut Ketua Umum Federasi Serikat Musisi Indonesia, Candra Darusman, 97% penjualan musik saat ini dikuasai oleh layanan streaming musik atau platform musik digital. Sisanya 3% untuk penjualan fisik.

4. Meningkatkan Profesionalisme

Penggunaan layanan musik streaming telah membawa dampak positif bagi perkembangan musik indie di Indonesia, terutama dalam meningkatkan standar profesionalisme di dalam industri tersebut. 

Dengan adanya platform streaming musik, para musisi indie harus mempertimbangkan aspek-aspek profesional dalam produksi musik mereka, serta membuka peluang untuk mempromosikan diri mereka dengan lebih terstruktur. Ini juga meningkatkan rasa percaya diri para musisi indie dan memberikan kesempatan bagi mereka untuk menunjukkan bakat mereka kepada khalayak yang lebih luas.

5. Memudahkan Distribusi Musik

Secara keseluruhan, streaming musik telah memberikan dampak positif bagi genre musik indie di Indonesia dengan memudahkan distribusi musik. Platform streaming musik memungkinkan artis indie untuk mempromosikan musik mereka dengan biaya yang lebih terjangkau dan mengakses pasar internasional. Dalam hal ini, basis penggemar artis indie semakin meluas dan membantu mereka menjangkau pendengar yang lebih luas tanpa harus mengeluarkan biaya distribusi fisik yang mahal.

Platform musik digital melalui streaming musik ini memang berperan penting dalam membantu pertumbuhan industri musik Indonesia terutama musik lokal/indie. Ini adalah langkah awal dalam upaya agar musik Indonesia dikenal di dunia internasional.

Layanan Add-on IndiHome Langit Musik

Nah, sangat bermanfaat ya platform streaming musik Langit Musik ini. Jika kamu ingin membantu membangun industri musik Indonesia, kamu bisa berlangganan untuk menikmati aplikasi Langit Musik. Berapa sih harganya? Mahal nggak ya? Itu kan yang muncul dalam benak kalian?

Kabar baiknya adalah jika kamu merupakan pelanggan IndiHome, kamu bisa mendapatkan paket premium yang sudah termasuk internet cepat, musik, dan keuntungan lainnya. Paket ini harganya Rp 22.000 per bulan, tetapi kamu tidak perlu membayar sekaligus. 

Layanan Add-on IndiHome Langit Musik

Kamu bisa menambahkan add-on Langit Musik seharga Rp 10.000 dan mendapatkannya selama satu bulan. Mudah digunakan dan tidak memiliki aturan yang rumit. Tagihan bulananmu akan mencakup biaya berlangganan.

Aplikasi Langit Musik memungkinkan Anda mendengarkan musik tanpa iklan dan tanpa harus menunggu lagu berikutnya diputar. Anda juga dapat mengunduh musik sehingga Anda dapat mendengarkannya secara offline. Ayo download aplikasi Langit Musik sekarang juga!




Referensi:

  1. https://www.pricebook.co.id/article/news/13070/mendorong-pertumbuhan-musik-indie-lewat-platform-streaming-musik
  2. https://kemenparekraf.go.id/hasil-pencarian/potensi-pemasaran-karya-musisi-lokal-dalam-platform-musik-digital
  3. https://nuon.id/
  4. https://indihome.co.id/addon/langitmusik


Naqiibatin Nadliriyah
Halo! Saya Naqi. Pembaca buku yang menulis beberapa topik di Serambi Naqiibah. Diantaranya tentang ulasan buku maupun film, tips, fiksi, finansial, dan review produk teman :)

Related Posts

32 comments

  1. Kalau ada aplikasi streaming musik yang memiliki tampilan dinamis dan menarik, serta memudahkan pasti akan menjadi pilihan. Apalagi ada banyak koleksi musik lokal di dalamnya, bisa mengobati kerinduan. Yang ini, Langit Musik dari IndiHome bisa menjawabnya

    ReplyDelete
  2. sebagai penikmat musik tentu aku sangat excited dengan add on Langit Musik ini, selain langganannya sangat terjangkau dengan berlangganan add-on Langit Musik, maka secara tidak langsung kita telah mendukung perkembangan musisi Indonesia

    ReplyDelete
  3. Musisi indie itu banyak yang bagus. Namun hanya beberapa saja yang tembus di belantika musik Indonesia. Makanya kehadiran langit musik ikut mendukung musisi indie untuk terus berkarya, plus memajukan musik Indonesia. Selain itu, memudahkan kita juga untuk mendengarkan musik-musik.

    ReplyDelete
  4. Banyak banget musisi lokal di sana. Apalagi musik indie. Keren2 loh. Kualitas suara dan musiknya ga kalah ama musisi kelas atas dr musik label ternama. Aku jg langganan Langit Musik nih.

    ReplyDelete
  5. Band indie jadi ada wadah buat menampilkan kreasi dan karyanya ya. Apalagi sekarang ada Add-On Langit Musik dari IndiHome, kita bisa cari band band indie tanah air yang punya karya bagus

    ReplyDelete
  6. Senang banget ya kalau ada wadah buat para seniman dan musisi seperti Langit Musik ini.

    ReplyDelete
  7. Pilihan musik jadi beragam dengan adanya platform Langit Musik ini, grup-grup Indie yang keren bisa ditemui di sini. Mantul

    ReplyDelete
  8. Para pecinta musik akan dimanjakan dengan layanan add-on di Langit musik karena hanya perlu mengeluarkan 10ribu saja per bulan bisa mendengarkan sekaligus mendukung para musisi indie untuk terus berkarya

    ReplyDelete
  9. gak bisa dipungkiri sih, kehadiran aplikasi musik seperti langit musik atau produk lain bantu banget musisi indie untuk mendapat eksposure dan penghasilan. tentu diperkuat dengan branding di sosmed agar netizen ngeh, ooh ini loh ada band atau musisi indie baru. karena kalo bicara soal bisnis musik, luas ya, hahaha. karena terkait selera pasar secara global, sementara musik indie hanya kalangan tertentu.

    ReplyDelete
  10. Genre Indie di Indonesia idaman dri dulu, engga bakal terlupakan kak. Penuh kenangan pastinya.

    ReplyDelete
  11. senang banget ya sekarang para musisi Indie dapat berkembang dan dikenal oleh banyak masyarakat Indonesia berkat Langit Musik yang dikeluarkan oleh IndiHome dan partner, pastinya makin memudahkan kita dalam mengakses lagu-lagu Indie

    ReplyDelete
  12. Puas banget deh dengerin musik di Langit Musik. Pilihan lagunya banyak banget dengan berbagai genre, suaranya juga jernih, dan yang pasti legal alias bukan bajakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, setuju banget nih. Langit Musik sebagai media musisi indie berkreasi yah. Tentunya mendukung anti pembajakan deh. Buat masyarakat, selain murah langganannya juga banyak pilihan genre...

      Delete
  13. Langit Musik jadi wadah bagi musisi indie lebih dikenal. Dan pecinta musik jadi bebas mendengarkan musik secara legal. Keduanya sama-sama diuntungkan

    ReplyDelete
  14. Adanya add-on Langit Musik dari IndiHome ini bikin hidup makin berwarna. Selain harganya yang murmerrrr, cuma 10K, kualitasnya juga gak main-main ya. Plus bisa mendukung perkembangan musisi Indie pula. Jadi, makin mantep deh berlangganan Langit Musik ini.

    ReplyDelete
  15. Lewat platform musik ini, jadi peluang buat musisi indie lebih dikenal sekaligus raih penghasilan juga ya

    ReplyDelete
  16. senang deh rasanya jika hasil karya anak bangsa jadi lebih dihargai banyak orang dengan kehadiran platform streaming seperti Add-On Langit Musik ya, tentu ini akan membuat musisi kita juga jadi lebih semangat dalam berkarya, pendapatan mereka pun juga jadi meningkat :)

    ReplyDelete
  17. Aku banget nih, Kak. Dengerin musik sambil ikut nyanyi. Kalau pas lagi streaming musik di Langit Musik tuh enaknya kita bisa mengenal lagu-lagunya para musisi Indie yang masih baru. Setidaknya yang belum pernah kudengarkan. Menyenangkan banget.

    By Yuni BInt Saniro

    ReplyDelete
  18. Belakangan aku menyadari kalau musisi lokal dan indie makin lama makin punya pangsa pasarnya sendiri dan jalur karir profesional mereka kebanyakan dimulai dari jalur platform seperti Langit Musik dan lainnya sih.

    ReplyDelete
  19. Belakangan memang musisi indie dan lokal sudah mulai bangkit. Semoga dengan adanya add-on langit musik ini bisa memfasilitasi karya merek agar lebih dikenal

    ReplyDelete
  20. Seneng deh ketika para pemusik indie ada wadah untuk mendapatkan penghasilan. Semoga Langit Musik kian banyak penggunanya, jadi musisi Indonesia terus berkembang.

    ReplyDelete
  21. Aku dong kak. Dengerin musik sambil nyanyi. Apalagi kalau musik kesukaan dan hapal liriknya. Wes talah. Kegiatan apapun langsung berhenti dan lanjut nyanyi. Wkwkwk

    ReplyDelete
  22. Baru tahu langit musik punya beragam koleksi lagu dalam negeri maupun mancanegara, biaya langganannya pun terjangkau menarik untuk dicoba

    ReplyDelete
  23. Zaman dulu maah dengerin musik enak banget di mp3 yaak, terus kalo udah gituu jadi diputer ulang2 dibawa kemana2. skrg mah cukup dengerin Langit Musik ajaa dah hhaahah bisa didengerin dimana aja dan kapan aja

    ReplyDelete
  24. Beneran ya langganan Aplikasi Langit Musik ini cuma 10k perbulan? Menurutku murah dan terjangkau sih. Sayang banget dilewatkan buat yang suka dengerin musik tanpa iklan.

    ReplyDelete
  25. seneng deh, dunia musik tuh makin berkembang apalagi diisi sama musisi-musisi lokal yang keren-keren lho. Langit musik bisa jadi jalan buat mereka terus eksis ya

    ReplyDelete
  26. Langit Musik jadi wadah baru buat musisi-musisi lokal untuk mengenalkan dan mempromosikan karya mereka.

    ReplyDelete
  27. distribusi musik yang mudah tentu sangat memungkinkan banya masyarakat yang mendengarkan ya mbak, jadinya teman2 musisi juga mudah dikenal

    ReplyDelete
  28. Tinggal nambah Rp 10.000 aja udah bisa dapat tambahan add on fasilitas streaming musik. Ini sih murah banget

    ReplyDelete
  29. Harganya terjangkau banget buat bisa langganan nih di Langit Musik. Satu bulan coba dulu deh biar tahu dulu gimana platformnya ini.

    ReplyDelete
  30. Mendukung sekali musisi lokal dan musik indie agar terus berkembang dengan baik dan menciptakan karya yang menginspirasi penuh semangat. Salah satu bentuk dukungannya dengan berlangganan layanan musik add on Musik Langit dari IndiHome. Mudah dan harga berlangganannya terjangkau.

    ReplyDelete
  31. sebelum teknologi mendunia, dulu dengerin musik aja lumayan susah. Sekarang kemana-kemana makin gampang, apalagi adanya platform streaming musik dari indihome kayak gini, makin dimanjakan dong, he

    ReplyDelete

Post a Comment