Header Serambi Naqiibah

Ganti Cara Belajar dengan Zenius Education

48 comments
Konten [Tampil]

Halo, apa kabar? Sudah liburan sekolah ya? Atau masih ada yang sedang ujian? Kali ini saya mau berbagi tentang cara belajar yang efektif dan mengganti bersama Zenius Education. Penasaran, nggak? Coba ikuti penjelasanku di bawah ini ya.

Zenius Education itu Apa Sih?

Zenius Education atau PT. Zona Edukasi Nusantara adalah perusahaan pendidikan berbasis teknologi asal Indonesia. Yups, sebuah aplikasi bimbingan belajar online yang interaktif.

Di Zenius ini, kamu bisa belajar banyak hal dari dasar. Iya loh, dasar yang baik itu sangat penting. Soalnya kalau udah paham sama pelajaran dasar, selanjutnya kita akan lebih dimudahkan untuk menyelesaikan soal-soal tryout, UTBK, PAS, PTS, PAT, dan lain sejenisnya. 

Materi di dalam Zenius juga bisa disesuaikan dengan tingkat pendidikan. Ada pilihan saat mendaftar jadi pengguna Zenius yang bisa diganti saat masuk aplikasi di bagian profil: SD, SMP, SMA, orang tua, dan Umum. Nah, ada pilihan untuk umum seperti saya ini sangat berguna. Yups, bagi kalian yang harus tetap belajar walau tak lagi muda. Soalnya sering diminta buat ngajarin keponakan kan? *sigh.

Zenius Education memiliki misi untuk menumbuhkan kecintaan belajar di diri siapapun, di manapun, untuk bertanya segalanya! Tentu ini adalah sebuah misi yang sangat bagus karena bisa memberikan dukungan kepada para pelajar untuk bisa lebih bersemangat belajar dengan berbagai gaya belajar. 

Ganti Cara Belajar dengan Zenius Education

Apa Saja Fitur Zenius Education?

Nah, karena Zenius Education merupakan aplikasi belajar online, tentu saja untuk menikmati fiturnya, kita membuat akun terlebih dahulu. Zenius menyediakan layanan berbahasa Indonesia yang disajikan dan bisa diakses secara online melalui website (zenius.net) dan aplikasi android. Layanan ini bisa diakses siapapun dengan mudah, kapanpun, dan dimanapun berada.

Berikut fitur keren yang dimiliki aplikasi Zenius yang bisa dijadikan teman belajar oleh siapapun:

1. ZenCore

ZenCore merupakan fitur pertama dari Zenius App yang berupa tempat untuk melatih keterampilan (skill) dan pengetahuan (knowledge) yang berisi soal-soal bersifat adaptif. Kalau boleh menyebut, bagiku, ZenCore ini seperti tempat pemanasan otak. Pada fitur ZenCore ini terdapat CorePractice dan CoreInsight.

CorePractice

Pembelajaran di dalam aplikasi Zenius ini bersifat adaptif, seperti pada ZenCore dengan bahasan kategori Verbal Logic, Matematika, dan Bahasa Inggris. (secara listical dan penjelasannya masing-masing

Seperti yang kukatakan sebelumnya, bagiku fitur ZenCore ini menjadi tempat pemanasan otak. Bagaimana tidak, ada 4 materi dasar atau fundamental skills yang bisa dikerjakan, antara lain:

a. Matematika Dasar

Mendengar matematika rasanya seperti mendengar hantu nggak sih? Itu kata ponakanku yang benci banget sama pelajaran satu ini, haha. 

Tenang, soal matematika yang diujikan adalah matematika dasar kok. Seperti operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian bilangan bulat maupun pecahan. Nah, disini berpacu melawan waktu yang tersedia! Makin deg-degan dong! Sat set, materi paling kusuka, haha.

b. Verbal dan Logika

Materi ini berisi soal bahasa indonesia. Hei, walaupun terlihat gampang tapi jangan lengah saat mencoba kuis ini. Saya sendiri agak lemah bagian ini.

Tips dariku, saat mengerjakannya harus lebih fokus dan teliti untuk menjawab soal karena banyak soal yang membutuhkan konsentrasi. Banyak juga soal dengan jebakan yang lucu karena berkaitan dengan logika. Cukup seru!

c. Bahasa Inggris

Soal bahasa Inggris lumayan mudah ya. Karena memang yang diujikan merupakan dasar dari struktur kalimat, tenses dan grammar. 

d. Sains

Menjadi pengajar Fisika, ternyata sangat membantu saat mencoba mengerjakan soal bagian ini, haha. Bagaimana tidak. Soal-soal disini berkaitan dengan cahaya, material, gaya, perubahan zat dsb. yang kebetulan semuanya banyak dari materi pelajaran Fisika.

Setelah menyelesaikan soal, kita akan mendapatkan laporan berupa jumlah soal benar, soal salah, rata-rata waktu dan tingkat akurasinya. Kita juga bisa membaca pembahasan jawaban dari soal tadi. Selain itu juga akan ditampilkan informasi Overall Score yang didapatkan setiap menyelesaikan satu level.

Eits, tenang saja! Kuis di CorePractice ini juga ternyata menyesuaikan dengan level kelas kita saat memilih tingkat sekolah saat mendaftar kok. Jadi sebaiknya saat mendaftar aplikasi Zenius isi data diri sesuai diri kita masing-masing. Kita bisa ganti cara belajar dengan bermain di CorePractice ZenCore ini.

Jadi, memang Zenius diatur bukan cuma siswa sekolah aja. Bisa buat persiapan AKM, UTBK, Ujian Mandiri, tes CPNS, bahkan materi psikotest juga ada nih. Seru banget, kan?

CoreInsight

Melalui CoreInsight kita bisa meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan yang insightful, seperti filsafat, sejarah, antropologi, sains, dan lainnya supaya wawasan dan perspektif kita semakin luas.

2. Zenius Live Class

Fitur berikutnya yang bisa dicoba pada aplikasi Zenius adalah Zenius Live Class. Fitur ini merupakan pilihan terbaik untuk meningkatkan motivasi murid dalam proses pembelajaran. 

Setiap pelajar bisa memilih kelas apa saja yang diminati dan ingin diambil. Para pengguna bisa berdiskusi dengan tutor tentang mata pelajaran di sekolah secara umum maupun spesifik dengan mudah dan menyenangkan. Seperti materi Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Sejarah, Bahasa Indonesia, juga Bahasa Inggris

Ada juga rekaman kelas untuk melihat live yang sudah berlangsung dalam rentang waktu teretntu. Yang tak kalah asyik, kita juga bisa menanyakan pertanyaan langsung kepada tutor bila ada materi yang belum dimengerti. 

3. ZenBot

Fitur yang satu ini merupakan fitur yang unik yang ada dalam aplikasi Zenius. Seiring perkembangan teknologi, dan berkembangnya Artificial Intelligence, Zenius Education hadir melalui ZenBot yang sangat dirasakan manfaat dari keberadaannya.

Melalui fitur ini siswa bisa menyelesaikan permasalahan menantang pada pelajaran Matematika, Fisika, dan Kimia melalui video pembelajaran dari foto pertanyaan yang diunggah ke aplikasi. Dalam hitungan detik, maka jawaban akan diperoleh.

Kelebihan Fitur ZenBot 

Fitur ZenBot ini memiliki beberapa kelebihan diantaranya:

  1. Tanya sepuasnya gratis
  2. Siaga 24 jam
  3. Dijawab oleh tutor terpercaya
  4. Super cepat
  5. Membuat kita lebih mengerti tentang soal

Fitur asyik ini bisa menjadi teman bagi siswa saat belajar. Selain itu, juga menumbuhkan motivasi belajar seiring dengan keseruan belajar yang dialami. Nah, bagi orang tua atau umum, bisa membantu menemukan solusi dengan cepat saat menemukan kesulitan sewaktu mendampingi anak belajar.

4. Zenius Content Library

Selain 3 fitur unggulan pada aplikasi Zenius, ada juga fitur Zenius Content Library. Fitur Zenius Content Library ini memberikan akses pencarian konten materi yang bisa diakses kapan saja. Layaknya perpustakaan, fitur ini berisi lebih dari 100.000 konten yang terdiri dari Matematika, Sains Alam dan Ilmu Sosial.

Setelah saya coba search di kolom pencarian, tadaaa. Muncul banyak sekali konten yang bisa diakses dan dipelajari hanya lewat satu aplikasi ini. 

Fitur Zenius Education

Tips Belajar Efektif

Saya yakin, setiap individu memiliki gaya belajar masing-masing. Ada yang lebih mudah memahami saat membaca saja, dengan mendengar, bahkan harus langsung mempraktikkannya. Namun, berikut saya buat tips belajar efektif tentu saja bukan hal yang instan. Semua butuh proses.

1. Buat Jadwal Belajar yang Rutin

Tetapkan waktu yang rutin untuk belajar. Setelah maghrib kah, setelah makan malam kah, atau pulang sekolah. 30 menit asal rutin dilakukan setiap hari lebih baik daripada 2 jam hanya saat sebelum ujian.

2. Ciptakan Suasana Nyaman

Satu hal yang paling utama sebelum kita mulai belajar. Suasana nyaman ini bisa berupa ruangan yang sunyi atau sambil mendengarkan musik yang disukai, sendirian atau belajar bersama teman.

Selain itu, mungkin bisa disiapkan juga air mineral ya. Otak yang diajak berpikir perlu refresh. So, jangan lupa minum air putih! Ciptakan suasana nyaman ala diri kamu ya!

3. Siapkan Buku atau Kertas untuk Catatan Hasil Belajar

Setiap belajar akan hal baru atau mengulang materi, usahakan catat apa pun yang diperoleh. 

"Ikatlah ilmu dengan menulisnya" Sayyidina Ali Karramallahu wajhah

4. Banyak Latihan

Mengulang-ulang soal latihan bisa mempermudah pemahaman kita. 

5. Belajar sambil Praktik

Untuk beberapa materi memang lebih mudah dipahami saat kita langsung mempraktikkannya. Seperti saat belajar berbicara dengan bahasa Inggris, atau belajar mengoperasikan komputer. Belajar dengan sains pun terkadang lebih asyik saat kita mempraktikkannya.

6. Jangan Malu Bertanya, Nanti Sesat di Jalan!

Euy, namanya proses belajar, pastilah ada saat tertentu yang masih belum dipahami. Nah, jangan takut untuk bertanya! Seperti kata pepatah, malu bertanya, sesat di jalan! 

Tips Belajar Efektif ala Naqiibah

Ganti Cara Belajar dengan Zenius Education

Nah, dari tips belajar yang kubagikan tadi, Zenius Education memiliki sistem pembelajaran yang bisa diikuti untuk belajar dengan efektif. Zenius sendiri memiliki dua jenis pembelajaran yang bisa dipilih, yakni:

1. Sistem Pembelajaran Online Melalui Aplikasi Zenius

Seperti yang sudah dijelaskan fitur-fitur pada aplikasi Zenius yang bisa diakses secara online oleh semua orang, kapanpun dan di manapun. Tentu saja,  pembelajaran online yang disediakan Zenius memberikan banyak pengalaman menyenangkan saat belajar karena bersifat adaptif. 

Tak hanya fokus pada belajar untuk para pelajar. Akan tetapi, Zenius Education juga memperhatikan kemampuan berpikir kritis dan logis seperti pada CorePractice fitur ZenCore.

Nah, tunggu apalagi, segera download Aplikasi Zenius untuk iOS atau Aplikasi Zenius untuk Android. Terus, registrasi akun. Biar bisa langsung nyobain fiturnya yang keren ini! Zenius, bikin cerdas beneran!

2. Sistem Pembelajaran Offline Melalui New Primagama Powered by Zenius

Selain ekosistem online, Zenius juga hadir secara offline melalui New Primagama Powered By Zenius. Tentunya kita semua sudah akrab dengan Primagama, bedanya saat ini menjadi New Primagama Powered by Zenius.

New Primagama powered by Zenius ini menggabungkan kekuatan dari sistem pembelajaran luring (tatap muka) dan pembelajaran jarak jauh (belajar daring) alias metode hybrid. 

Nah, metode hybrid ini akan disajikan dalam two-teachers model, yaitu metode di mana para siswa akan mendapatkan materi-materi pelajaran dari tutor Zenius secara online dan bisa memperdalam pemahaman materi melalui bantuan tentor offline dari New Primagama. Mantap, kan?

Pengalaman menggunakan ZenCore dan ZenBot di aplikasi Zenius Education

Kesimpulan

Nah, aplikasi Zenius ini sangat membantu dan mendukung semua pelajar dengan berbagai gaya belajar, kan? Ganti cara belajar yang penting-penting aja buat kejar materi sekolah! Ada paket belajar Zenius yang dapat diakses mulai dengan Rp199,000,00 per tahun. Buruan manfaatkan kesempatan menarik ini untuk menjadikan Zenius bagian dari solusi belajar anak di rumah.



Referensi:

zenius.net

Naqiibatin Nadliriyah
Halo! Saya Naqi. Pembaca buku yang menulis beberapa topik di Serambi Naqiibah. Diantaranya tentang ulasan buku maupun film, tips, fiksi, finansial, dan review produk teman :)

Related Posts

48 comments

  1. Dulu pas sekolah dan kuliah sering ikut kelas online di beberapa platform tapi nggak peenah coba zenius. Kek.y keren deh

    ReplyDelete
  2. Pelajaran anak zaman now udah susah walaupun masih SD, jadi kepikiran buat daftarin anak les online juga.

    Terima kasih untuk ulasannya Mbak.

    ReplyDelete
  3. Ternyata selain online ada pembelajaran offline juga dari Zenius. Belajar sekarang sudah lebih mudah karena aksesnya gampang.

    ReplyDelete
  4. waaah tips nya bagus banget nih bisa dicoba, khususnya buat teman-teman yang sedang sekolah atau sekolah supaya belajarnya makin produktif

    ReplyDelete
  5. penasaran juga dengan zenius ini. apa anakku yang 6 tahun sudah bisa ikutan program ini ya? praktis soalnya tinggal akses online

    ReplyDelete
  6. Iya nih udah taun ajaran baru. Harus semangat kembali mendampingi anak2. Aku juga udah nyobain Zenius sih. Apalagi ada fitur live class yang cocok banget buat diksusi ama tutor secara langsung.

    ReplyDelete
  7. Wow, cara belajar di era 4.0 beragam ya Mbak? Salah satunya dengan Zenius ini. Pastinya anak-anak suka karena seru, butuh challenge dan pastinya untuk mengukur pemahaman mereka pada materi-materi tertentu yang diajarkan.

    ReplyDelete
  8. Allhamdulilah ya Mba. Ada zenius nih yang bisa mendukung anak-anak dalam belajar dan juga orangtua lebih ringan karena bisa belajar di sini

    ReplyDelete
  9. Semakin banyak pengalaman semakin mudah kita mengambil pelajaran. Saya dan anak belum pernah belajar di Zenius. Mendapatkan informasi ini jadi pengen mencobanya juga. Semoga anak makin senang belajarnya

    ReplyDelete
  10. Udah sering lihat ulasan aplikasi Zenius ini tapi belum pernah coba. Benar-benar sebuah kemajuan di era 4.0 ya kak Zenius ini.

    ReplyDelete
  11. Mengganti cara belajar dengan Zenius Education emang paling pas buat menghadapi tahun ajaran baru ini ya mbak
    Asik belajar di Zenius

    ReplyDelete
  12. Asyik jg nih ya belajar di Zenius education. baca program2 yg dtawarkan sprtnya menarik sekali

    ReplyDelete
  13. Dengan Zenius Education membantu anak-anak belajar lebih dalam mengenai sebuah materi pelajaran. Yang bikin salut adalah anak-anak juga tetap menulis sehingga ada proses belajar yang dialami.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling suka sama fitur-fitur dari Zenius Education.
      Bisa tanya jawab soal kapan saja selama 24 jam ini asik banget, gak harus maksa-maksa anak belajar. Yang penting mereka paham tanggungjawab dengan apa yang sedang dihadapi.

      Delete
  14. Zenius ini memahami gaya belajar anak sekarang yaaa... Menyesuaikan gitu deh tipe pembelajarannya. Anak jadi mudah paham karena cara belajarnya menyenangkan.

    ReplyDelete
  15. pakai Zenius bisa buat kita jadi jenius emang karena kita jadi kecanduan ingin terus belajar.
    saya dan si Sulung juga udah gunakan Zenius ini untuk mengisi waktu dan biar tahu kemampuan diri sekarang.

    ReplyDelete
  16. Benar-benar membantu dalam belajar ya, ada banyak keuntungan yang didaptkan dengan memakai Zenius ini. Pastinya memberikan pengalaman berbeda juga bagi anak, jadi tidak bosan dengan metode belajar yang sama, karena ada selang selingnya.

    ReplyDelete
  17. Dulu kalau mengisi waktu kosong itu saya iseng suka isi teka teki silang online. Sekarang saya memilih buka Zencore, secara disana juga kita sama mengasah otak kok ya hehee

    ReplyDelete
  18. cara belajar Zenius ini emang disukain banget karena anak bisa memilih metode yang dirasa cocok. Apalagi metode offline online juga ada, hampir semua ilmu sekolah diajarin

    ReplyDelete
  19. Aplikasi belajar ini jadi andalan. Selain bisa asah otak, bisa juga nih jd solusi buat jawab soal2 sulit. Bantu ponakan ngerjain pr dan belajar jadi gak bingung2 lagi kalau pakai aplikasi ini mbak

    ReplyDelete
  20. andai aja zaman aku sma udah ada zenbot, mungkin aku ga kebingungan saat belajar fisika, kimia, atau matematikaa hahah dan pada akhirnya lari ke kelas IPS deeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi aku yang bergantung pada bimbel demi paham pelajaran eksakta itu, hahahaha..

      Aku berasa lahir di jaman yang salah.

      Delete
  21. Anak sulungku waktu lihat ZenCore langsung komen model pertanyaannya mirip TPS di UTBK. Makanya nih, buat adeknya langsung kuarahkan supaya pakai Zenius juga :))

    ReplyDelete
  22. Belajar verbal dan logika agak belibet sih ini, dan untungnya ada Zenius yang bikin belajar jadi menyenangkan sehingga bisa lebih mudah paham juga materi pelajaran sekolah

    ReplyDelete
  23. Wah, fitur ZenBot nya keren juga.
    Fitur-fitur Zenius ini sangat memudahkan untuk belajar

    ReplyDelete
  24. Seru banget emang belajar di zenius. Adekku aja sampe lupa main game kalo sudah buka zenius👍

    ReplyDelete
  25. Jadi pengen masukin anak aku ke New Primagama nih, kalau SD mulai kelas berapa Mbak?
    Biar anak aku bisa belajar secara online di Zenius tapi bisa belajar secara offline juga.

    ReplyDelete
  26. aq pengen ngajak anak belajar via aplikasi Zenius ini mbak, pasti dia lebih semangat belajar via aplikasi gitu

    ReplyDelete
  27. Zenius menemani masa SMA-ku dulu. kalau dulu mesti punya CD buat belajar dari Zenius sampai minjem ke kakak kelas hahaha. sekarang makin gampang diakses euy mantap, ditambah ada ZenCore pula buat asah otak :D

    ReplyDelete
  28. Jadi penasaran sama Zenius ini karena banyak yang merekomendasikan. Pengen coba juga deh buat anak-anakku.

    ReplyDelete
  29. belum pernah nyobain zenius sih, tapi sepertinya metode belajarnya asik ya, jadi bikin anak-anak tertarik :)

    ReplyDelete
  30. Aku jg sudah pakai nih Zenius.. Memang mantap sekali ya, apalagi fitur ZenCore dan ZenBot nya ini nih.. Cocok banget deh untuk mengisi waktu luang anak sekolahan apalagi pas liburan gini ya..

    ReplyDelete
  31. fitur zencore dan zenbot paling aku suka dari Zenius, belajar jadi lebih mudah dan asyik, orang dewasa aja seneng belajar pakai zenius apalagi anak sekolah ya kan

    ReplyDelete
  32. Fitur ZenBot nya juara banget sihh, bisa Bener-bener memberikan pencerahan kepada emak-emak yang bingung cara ngajarin anaknya soal matematika yang sulit nya minta ampun. Trus Zenius juga ada banyak Fitur lain yang gak kalah seru ya

    ReplyDelete
  33. Pas aku ada anak dua. Satu SD, satunya SMP. Kapan kapan aku ulik Zenius juga ah.

    ReplyDelete
  34. Wah kalo anak2 saya masih sekolah bakal seneng nih ada Zenius Education
    Karena banyak fitur yang mrmbantu anak agar lebih trampil dan memahami materi

    ReplyDelete
  35. Bagus ya misinya Zenius ini, sejalan juga dengan programnya kemdikbud untuk menjadikan pelajar Indonesia sebagai pembelajar sepanjang hayat.

    Bisa blended learning juga ternyata di Zenius ya bimbingannya, online pakai aplikasi zenius, offline dengan bimbingan tentor new primagama

    ReplyDelete
  36. Belajar ada beragam teknik dan model pembelajaran, bisa dipandu juga menggunakan tools seperti Zenius. Jadi menyenangkan belajar.

    ReplyDelete
  37. Anak saya bergabung di Zenius untuk belajar matematika. Jadi ilmu tambahan selain yang sudah didapat di sekolah. Bermanfaat banget nih bantuan Zenius karena tidak semua orang tua bisa mengajarkan ilmu pasti kepada anak-anaknya.

    ReplyDelete
  38. Sekarang banyak cara untuk belajar online salah satunya dengan bimbingan belajar zenius, kalau offline primagama juga bagus cara pembelajarannya hihihi pengalaman soalnya

    ReplyDelete
  39. Thankiss mbak infonya ini. Mungkin untuk saat ini belum saya gunakan tapi kalau anak sudah beranjak remaja dengan tingkat kelas bertambuh butuh juga ini. Biar gak terlalu puyeng mikir pelajaran si anak😅. Zenius Education ini cocokable buat anak ataupun emak dan bapak🤗

    ReplyDelete
  40. Saya udah tertarik untuk mengajak anak saya bergabung di Zenius. Dari lama udah tahu sih sebetulnya, tapi belum kena gong buat gabung. Sekarang mulai mau :D

    ReplyDelete
  41. Cara belajar yang mengasikkan nih bareng Zenius, sehingga anak-anak bisa nyaman karena banyak fitur yang bermanfaat

    ReplyDelete
  42. Keren banget ini Mbk dengan belajar bersama Zenius Education banyak fitur pendukung ya. Belajar jadi lebih menyenangkan. Sepakat banget belajar harus terjadwal dan rutin. Sama kayak kita ngeblog ya hehe...

    ReplyDelete
  43. Wah, dengan paket belajar 199000/th ini sudah keitung terjangkau ya Mba. Fitur-fiturnya Zenius juga oke. Ada live classnya juga. Jadi bisa langsung nanya kalau engga paham ya.

    ReplyDelete
  44. Sekarang semua bisa merasakan suasana belajar online maupun offline ya, salah satunya dengan bergabung menjadi bagian dari Zenius Education. Coba aja cara belajar seru ini udah dari dulu. huhuhuhu

    ReplyDelete
  45. Zenius emang cocok buat belajar di rumah. Latihan soalnya lengkap. Anak anak jadi terpacu apalagi model soalnya diberikan kayak quis gitu. Pasti menyenangkan

    ReplyDelete
  46. Sekarang mau cari banyak ilmu jadi gampang, bisa belajar di Zenius ini, pastinya akan ada banyak hal yg didapat pastinya. Kerennn

    ReplyDelete

Post a Comment