Header Serambi Naqiibah

Amalan dan Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah

Post a Comment
Konten [Tampil]

Marhaban Syahro Dzulhijjah. Tanpa terasa waktu bergulir begitu cepat.

Bulan Dzulhijjah Adalah

Bulan Dzulhijjah merupakan bulan terakhir di penghujung tahun 1443 Hijriyah. Dzulhijjah artinya pemilik haji. Dinamakan demikian karena umat muslim melakukan ibadah haji di bulan tersebut.

Dzulhijjah menjadi salah satu syahral haram (bulan haram) dalam Islam selain Dzulqaidah, Muharram, dan Rajab. Syahrul haram merupakan bulan yang dimuliakan oleh Allah. Dinamakan bulan haram karena Allah Swt. telah mengharamkan kaum muslimin untuk berperang di dalamnya.

Amalan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah

Sebagai salah satu dari empat bulan yang dimuliakan, tentu banyak keutamaan di dalam bulan Dzulhijjah. Banyak amalan yang disunnahkan untuk dilakukan pada bulan tersebut.

1. Dzikir

Imam An-Nawawi menyatakan:

واعلم أنه يستحب إكثار من الأذكار في هذا العشر زيادة على غيره ويستحب من ذلك في يوم عرفة أكثر من باقى العشر   

Artinya: "Ketahuilah bahwa disunnahkan memperbanyak zikir pada sepuluh awal Dzulhijjah dibanding hari lainnya. Dan diantara sepuluh awal itu memperbanyak zikir pada hari Arafah sangat disunnahkan". 

Amalan untuk memperbanyak dzikir ini lebih diutamakan lagi pada hari Arafah, yaitu tanggal sembilan Dzulhijah, terutama bagi jamaah haji. Di antara zikir yang perlu diperbanyak adalah melafalkan tahlil, takbir, dan tahmid. 

2. Puasa

Puasa Dzulhijjah merupakan salah satu ibadah menjelang hari raya Iduladha yang mempunyai banyak keutamaan. Puasa sunah dilaksanakan pada sembilan hari pertama Dzulhijjah. Karena tanggal 8 dan 9 adalah waktu puasa Tarwiyah dan Arafah, puasa Dzulhijjah dapat dikerjakan pada tanggal 1-7 Dzulhijjah.

عَنْ بَعْضِ أَزْوَاجِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَصُومُ تِسْعَ ذِى الْحِجَّةِ وَيَوْمَ عَاشُورَاءَ وَثَلاَثَةَ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ أَوَّلَ اثْنَيْنِ مِنَ الشَّهْرِ وَالْخَمِيسَ.

Beberapa istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa pada sembilan hari awal Dzulhijah, pada hari ‘Asyura’ (10 Muharram), berpuasa tiga hari setiap bulannya.” (HR. Abu Daud 

3. Menunaikan Ibadah Haji 

Sebagaimana namanya, bulan Dzulhijjah adalah bulan untuk beribadah haji bagi umat islam. Akan tetapi, umat islam yang telah memenuhi syarat dan wajib tertentu, yang paling utama adalah mereka yang mampu menunaikannya. 

4. Memperbanyak Amal Shalih

Amal salih yang bisa dikerjakan lebih sering pada10 hari pertama bulan Dzulhijjah antara lain sedekah, shalat sunnah, membaca Al Quran, membaca shalawat, dan sebagainya.

5. Shalat Iduladha

Seperti yang kita ketahui bahwa pada tanggal 10 Dzulhijjah merupakan hari raya Iduladha bagi umat islam. Tentu saja, kita disunnahkan untuk melakukan shalat Iduladha.

6. Tidak Memotong Rambut dan Kuku bagi Orang yang Berkurban

Bagi muslim yang akan beribadah kurban, disunnahkan menahan diri untuk memotong rambut dan kuku sampai dia selesai berqurban. 

 عن أم سلمة رضي الله عنها أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: "إذا دخلت العشر، وأراد أحدكم أن يضحي، فلا يمس من شعره وبشره شيئاً

Dari Ummu Salamah ra. Nabi Muhammad bersabda: “Jika kamu melihat hilal bulan Dzulhijjah dan salah seorang di antara kamu ingin berkurban, maka hendaklah ia menahan diri dari (memotong) rambut dan kukunya“. (HR Muslim)

7. Berkurban di Hari Raya Iduladha dan Hari Tasyrik

Ini yang istimewa pada bulan Dzulhijjah. Bulannya umat islam yang melaksanakan haji. Untuk kaum muslim yang tidak melaksanakan ibadah haji, merayakan hari raya Iduladha. Nah, bagi umat Islam sangat disunnahkan untuk berkurban dimana mereka menyembelih hewan kurban.

Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah

Hadits tentang keutamaan 10 hari pertama bulan Dzulhijjah yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas ra., bahwasanya Rasulullah saw bersabda

Hari 1 Bulan Dzulhijah

Adalah hari di mana Allah swt mengampuni dosanya Nabi Adam AS. Barang siapa berpuasa pada hari tersebut, Allah Swt. akan mengampuni segala dosanya.

Hari 2 Bulan Dzulhijah

Adalah hari di mana Allaah swt mengabulkan doa Nabi Yunus AS dengan mengeluarkannya dari perut ikan. Barang siapa berpuasa pada hari itu seolah olah telah beribadah selama satu tahun penuh tanpa berbuat maksiat sekejap pun.

Hari 3 Bulan Dzulhijah

Adalah hari di mana Allah swt mengabulkan doa Nabi Zakaria. Barang siapa berpuasa pada hari itu, maka Allaah swt akan mengabulkan segala do’anya.

Hari 4 Bulan Dzulhijah

Adalah hari di mana Nabi Isa AS dilahirkan. Barang siapa berpuasa pada hari itu akan terhindar dari kesengsaraan dan kemiskinan.

Hari 5 Bulan Dzulhijah

Adalah hari di mana Nabi Musa AS dilahirkan, barang siapa berpuasa pada hari itu akan bebas dari kemunafikan dan adzab kubur.

Hari 6 Bulan Dzulhijah

Adalah hari dimana Alloh swt membuka pintu kebajikan untuk Nabi-Nya, barang siapa berpuasa pada hari itu akan dipandang oleh Allaah swt dengan penuh Rahmat dan tidak akan diadzab.

Hari 7 Bulan Dzulhijjah

Adalah hari ditutupnya pintu jahannam dan tidak akan dibuka sebelum hari kesepuluh lewat. Barang siapa berpuasa pada hari itu Allah swt akan menutup tiga puluh pintu kemelaratan dan kesukaran serta akan membuka tigapuluh pintu kesenangan dan kemudahan.

Hari 8 adalah Hari Tarwiyah

Barang siapa berpuasa pada hari itu akan memperoleh pahala yang tidak diketahui besarnya kecuali oleh Allah Swt.

Hari 9 adalah Hari Arafah

Barang siapa berpuasa pada hari itu puasanya menjadi tebusan dosanya setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.

Lafal bacaan niat puasa Arafah: 

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ يَوْمِ عَرَفَةَ لِلهِ تَعَالَى 

Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnati Arafah lillâhi ta‘âlâ. Artinya, “Aku berniat puasa sunnah Arafah esok hari karena Allah SWT.”

Hari 10 adalah Hari Raya Iduladha

Pada hari ke-sepuluh, dilarang berpuasa

Barang siapa menyembelih Qurban, maka pada tetesan pertama darah Qurban diampunkan dosa dosanya dan dosa anak-anak dan istrinya. 


Wallau a'lam

Naqiibatin Nadliriyah
Halo! Saya Naqi. Pembaca buku yang menulis beberapa topik di Serambi Naqiibah. Diantaranya tentang ulasan buku maupun film, tips, fiksi, finansial, dan review produk teman :)

Related Posts

Post a Comment