Header Serambi Naqiibah

5 Peristiwa Penting dalam Bulan Rabiul Awal

1 comment
Konten [Tampil]

Ada yang sering mengamati pergantian bulan hijriyah selain untuk kebutuhan puasa Ramadhan dan hari raya saja? Kalau ada yang sama, sini toss kita. Hehe. Minggu kemarin, saya diingatkan ibuk tentang masuknya bulan Maulid ini. "Malam Jumat sudah menginjak bulan Maulid, Nduk. Perbanyak baca selawat".

Sebuah pesan yang sangat dalam. Ahlan wa sahlan bin nabiy. Mari menyambut bulan penuh mulia ini dan mengisinya dengan banyak berselawat selama bulan ini. Hal ini disebabkan pada bulan ini terdapat peristiwa kelahiran manusia nun agung. 

Dan ternyata tak hanya peristiwa lahir dan wafatnya Nabi Muhammad pada bulan Rabiul Awal ini. Apa sajakah itu? Intip artikel berikut yak.

Bulan Rabiul Awal

Bulan Rabiul Awal berada pada urutan ketiga setelah Shafar. Seperti halnya bulan lainnya, bula ini merupakan bulan kemuliaan bagi umat islam. 

Ada satu lagu nasyid yang saya sukai berjudul Nasamatu Hawak yang dibawakan munsyid asal Turki, Mevlan Kurtishi.

Lirik yang paling saya sukai ada di bagian ini:

نَسَماتُ هَواكَ لهَا أَرَجُ        (Semerbak wangi hembusan cinta kasihmu (Nabi Muhammad))
تحَيا وتعِيشُ بِها المُهَجُ        (Membangkitkan hati dan menghidupkan jiwa.)
ما الناسُ سِوى قَومٍ عَرَفُوك  (Sekelompok manusia ada yang selalu mengingatmu (Nabi Muhammad))
وغَيرُهُمُ هَمَجٌ هَمَجُ            (Sebagian yang lain hina dina sebab berpaling darimu.)

Bagiku, potongan lirik  ما الناسُ سِوى قَومٍ عَرَفُوك وغَيرُهُمُ هَمَجٌ هَمَجُ  yang memiliki arti sekelompok manusia ada yang selalu mengingatmu (Nabi Muhammad) dan sebagian yang lain hina dina sebab berpaling darimu ini merupakan sebuah pengingat bahwa akan ada dua golongan manusia, yang selalu mengingat Rasulullah dan yang tidak. Dengan hadirnya bulan maulid ini, semoga kita dijadikan orang yang mengingat akan perjalanan Rasulullah yang membuat rahmat bagi seluruh alam.

5 Peristiwa Penting dalam Bulan Rabiul Awal

Nah, ada peristiwa apa sajakah di dalam bulan ini? Berikut yang bisa saya rangkum ya

1. Kelahiran Rasulullah Saw.

Sejarah sudah mencatat bahwa Nabi Muhammad Saw. dilahirkan pada hari Senin, tanggal 12 Rabiul Awal tahun Gajah.

Ya Rasulullah. Engkau adalah alasan Tuhan menciptakan alam semesta beserta isinya ini. Dalam sebuah hadits qudsi menyebutkan bahwa 

يا احمد لولاك لما خلقت الافلاك

Hai Ahmad, jika engkau tidak ada, maka alam semesta ini tidak akan Aku ciptakan.

Hadits di atas merupakan hadis yang ramai dibicarakan di mana nur muhammad adalah makhluk yang paling pertama kali diciptakan oleh Allah Swt. sebelum segala sesuatu.ia diciptakan oleh Allah 2000 tahun sebelum alam raya ini.

2. Rasulullah Hijrah ke Madinah

Loh, sebentar. Rasulullah hijrah ke Madinah pada bulan Rabiul Awal? Bukannya penetapan kalender hijriyah itu berdasarkan Rasulullah hijrah? Jadi yang benar yang mana ini?

Khalifah Umar bin Khottob ra. menetapkan kalender hijriyah memang berdasarkan hijrah Rasul, akan tetapi rencana hijrahnya Rasulullah ini sudah keluar dan disepakati sejak adanya baiat Aqabah.

3. Shalat Jumat Perdana di Masjid Quba

Dalam perjalanan Rasulullah hijrah ke Madinah, sebelum tiba di kota Madinah al-munawwarah, beliau singgah di kota Quba selama beberapa hari. Saat itu hari Senin, 8 Rabiul Awwal setelah tiba di Quba, kira-kira 7 kilometer dari Madinah, Rasulullah dan para sahabat sempat beristirahat selama 4 hari dan membangun sebuah masjid. Di hari ke lima, yakni Jumat pagi, Rasulullah dan para sahabat meninggalkan Quba menuju Madinah.

4. Wafatnya Rasulullah Saw

"Robiul awal dhohire, rabiul awal wafate. Alaikas-sholah, alaikassalam"

Sekilas teringat potongan pujian yang selalu didengungkan saat bulan Rabiul Awal di TPQ dulu. Setiap Rabiul Awal tiba, kami para murid TPQ sibuk meramaikan lomba dalam serangkaian acara peringatan Maulid Nabi. Selain lomba, acara puncak peringatan Maulid selalu diawali dengan takhtimul quran bil ghoib juz 30, 29 dan 28 pada sore hari dan pada malam hari baru pengajian. Saat itu, saya selalu bahagia karena berkesempatan ikut serta meramaikan lomba maupun menjadi tim pembaca selawat, ah kangennya masa itu.

5. Abu Bakar Diangkat Menjadi Khalifah Pertama

Pada saat wafatnya Nabi Muhammad yang dipercaya hari Senin 12 Rabiul Awal 11 H., hari itu pula terjadi peristiwa besar dalam umat islam. Wafatnya Rasulullah menjadi penanda mulainya masa kepemimpinan khulafaur rasyidin. Ya, saat itu juga, Abu Bakar as-Shiddiq didaulat menjadi khalifah pertama di depan jenazah Rasulullah. Yang artinya saat jasad Nabi Muhammad belum dikebumikan, masa pemerintahan umat islam diserahkan sepenuhnya kepada sahabatnya, sayyidina Abu Bakar as-shiddiq.

Perayaan Maulid Nabi

Bagaimana caraku mengungkapkan rasa terimakasihku, rasa syukur menyambut hari kelahiran Beliau. Bagaimana aku mengenal dan mempelajari kembali jejak beliau. Toh yang dilakukan saat maulid bukan hal yang dilarang oleh Allah dan Sang Kekasih. Sekali lagi, ini salah satu bentuk cinta kami kepada Sang Kekasih. Membaca sirah, menyenandungkan shalawat.

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰٓئِكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ ۗ يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

"Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya." (Qs. Al Ahzab 33 : ayat 56)

Mereka yang tidak mau memperingati hari Nabi besar Muhammad SAW, katakan mereka adalah orang yang paling hebat di dalam sunnah Rasulullah SAW. Oke, kalian tidak mau maulid tidak apa-apa. Ikuti sunnah Rasulullah, itupun bagus." - Habib Ali Zainal Abidin al-kaff

Jadi, sudahlah ndak usah terus-terusan eyel-eyelan. Kalau tak mau melakukan ya ndak usah ganggu yang mau melakukan. Ealah, umat islam zaman now masih saja terjebak, tenggelam dalam fanatisme urusan bidah, sesat, kafir? Kalau tiap tahun yang dibahas gini terus, gimana umat islam mau jaya? Sementara negara lain berlomba-lomba mengeksplorasi antariksa, sampai melakukan pendaratan di bulan.

Selamat hari lahir, Kanjeng Nabi. Semoga kami diakui sebagai umat Njenengan, dan bisa berjumpa kelak. Aamiin.

Penutup

Nah, dari penjelasan di atas, bukankah selayaknya kita sebagai umat Islam menyambut bulan Rabiul Awal ini dengan sukacita? Selain menyambut lahirnya manusia paling mulia, semoga kita bisa mendapatkan syafaat dari Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. Amin

Naqiibatin Nadliriyah
Halo! Saya Naqi. Pembaca buku yang menulis beberapa topik di Serambi Naqiibah. Diantaranya tentang ulasan buku maupun film, tips, fiksi, finansial, dan review produk teman :)

Related Posts

1 comment

  1. اللهم صل على نبينا ورسولنا محمد

    ReplyDelete

Post a Comment