Header Serambi Naqiibah

Review Seorang Pria yang Melalui Duka dengan Mencuci Piring

Post a Comment
Konten [Tampil]


Buku Seorang Pria yang Melalui Duka dengan Mencuci Piring

Buku yang judulnya bikin tergelitik ya. Kzl banget pas ada yang baca judul buku ini trus bilang pria kok berduka apalagi cuci piring. Hey, itu hal manusiawi dan bisa terjadi atau dilakukan pria atau perempuan.

Identitas Buku

  • Judul Buku   : Seorang Pria yang Melalui Duka dengan Mencuci Piring
  • Penulis          : dr. Andreas Kurniawan
  • Penerbit        : Gramedia Pustaka Utama 
  • Tahun Terbit : 2023 
  • Tebal buku    : xv +191 hlm
  • Jenis Cover   : Soft Cover
  • Harga            : IDR 95.000
  • Genre            : Nonfiksi 
  • ISBN             : 978-602-06-7467-4

Sinopsis Buku

Ketika menyambut pasien yang sedang berduka, seorang psikiater akan menggali keilmuan yang dimiliki. Dia akan mengulik semua teori duka yang pernah dipelajari di masa kuliah dulu dan mengingat pengalaman dari pasien-pasien sebelumnya. Kemudian, dia menyintesis itu untuk membantu si pasien yang sedang berduka di hadapannya. Tapi, ketika Andreas—seorang psikiater—kehilangan anaknya, dia melakukan hal yang berbeda. Dia melemparkan semua teori tersebut ke luar jendela dan memutuskan untuk mencari makna tentang mengapa ini semua terjadi. Dalam pengalamannya, dia menemukan bahwa duka bisa dilalui dengan mencuci piring kotor yang menumpuk di dapur.

Buku ini adalah proses Andreas memaknai kehilangan besar dalam hidupnya. Diceritakan santai dengan tambahan sedikit bumbu humor gelap, buku ini memuat panduan bermanfaat yang langsung bisa diaplikasikan dalam hidup, seperti: “Tutorial Mencuci Piring”, “Tutorial Menyusun Puzzle”, dan tentunya “Tutorial Menerima Kematian Seorang Anak”. “Hampir semua orang mempertanyakan: apa hubungannya antara duka dan mencuci piring? Jawaban saya adalah duka itu seperti mencuci piring, tidak ada orang yang mau melakukannya, tapi pada akhirnya seseorang perlu melakukannya.”

6 Langkah Mencuci Piring untuk Melalui Duka


1. Buang sisa makanan ke tempat sampah



2. Bilas piring menggunakan air mengalir



3. Rendam alat makan di dalam air, tambahkan sabun bila ada noda yang paling sedikit nodanya



4. Cuci piring dan alat makan dengan spons, mulai dari yang paling sedikit nodanya



5. Keringkan peralatan makan yang sudah selesai dicuci



6. Rutin membersihkan spons dan area pencucian



Review Buku Seorang Pria yang Melalui Duka dengan Mencuci Piring

Buku ini berisi sebagian curhat beliau tentang kehilangan sosok kesayangan, ayahnya dan anaknya. Selain itu sesuai judulnya, disini ada tutorial mencuci piring atau langkah-langkah mempersiapkan diri untuk berduka.

Duka adalah perasaan manusia yang ngotot ingin tetap menjaga cinta tersebut, jauh setelah orang yang dicintai sudah tidak ada lagi di muka bumi ini (hlm. 57).

Tutorialnya ampuh, Dok! Meski langkah ke-enam agak terseok-seok membersihkan spons dan area pencucian.

Selama baca buku ini banyakan meler. Apalagi pas baca bagian Hitungan Mundur ke Detak Jantung Terakhir. Sekilas keingat sendiri pas jaga ibuk di rumah sakit menjelang ibuk dinyatakan meninggal dunia.

Buku yang kuyakini bisa menjadi teman baikku ketika terusik atas duka kehilangan ibuk beberapa bulan yang lalu. Terima kasih sudah menuliskan buku untuk melalui duka dengan mencuci piring ini, Dok. Sangat tidak biasa caranya, tapi leh uga! Tercerahkan!

Hidup akan terus berlanjut dengan kekosongan tempat itu di hatimu. Bagiku, ini adalah penghargaan terbesar yang bisa kuberikan pada mereka yang sudah pergi. (Hlm.141)

Jadi, mau sampai kapan kamu mau berduka? Anyway, Dok, aku boleh gabung dengan Klub Berduka ya! Apakah kalian sudah baca buku Seorang Pria yang Melalui Duka dengan Mencuci Piring ini? Atau Kalian udah baca buku apa bulan ini? Tulis di kolom komentar yaaa :))



Naqiibatin Nadliriyah
Halo! Saya Naqi. Pembaca buku yang menulis beberapa topik di Serambi Naqiibah. Diantaranya tentang ulasan buku maupun film, tips, fiksi, finansial, dan review produk teman :)

Related Posts

Post a Comment