Header Serambi Naqiibah

Cara Mendidik Anak Untuk Belajar Mengaji dengan Nyaman

28 comments
Konten [Tampil]

Salah satu pendidikan yang wajib diberikan oleh orang tua kepada anak dalam agama Islam adalah pendidikan agama. Dalam hal ini termasuk belajar mengaji Alquran. 

Mengaji juga membantu anak memperoleh keterampilan membaca dan menghafal, sehingga dapat meningkatkan kemampuan bahasa dan membantu proses belajar di sekolah. Selain itu, dengan mengaji, anak-anak dapat memperoleh nilai-nilai agama yang lebih baik, seperti ketakwaan, keikhlasan, dan toleransi.

Cara Mendidik Anak Untuk Belajar Mengaji dengan Nyaman

Cara Mendidik Anak Untuk Belajar Mengaji dengan Nyaman

Mendidik anak untuk belajar mengaji adalah hal yang penting dalam agama Islam. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam mendidik anak untuk belajar mengaji:

1. Mulai sejak dini

Mendidik anak untuk belajar mengaji sejak dini merupakan salah satu kewajiban bagi orang tua dalam Islam. Mengajarkan anak untuk belajar mengaji sejak dini bukan hanya membantu anak-anak untuk menghafal Alquran, tetapi juga membentuk karakter dan moral yang baik dalam diri anak.

Belajar mengaji sejak dini juga bisa membantu membentuk kebiasaan belajar dan disiplin. Hal ini disebabkan adanya konsistensi dan ketekunan untuk menghafal dan membaca Alquran setiap hari. Selain itu, mengaji juga bisa meningkatkan rasa percaya diri dan meningkatkan pengalaman spiritual anak.

Mengenalkan anak pada bacaan Alquran sejak dini bisa dimulai saat anak masih bayi. Dengan membiasakan membacakan ayat-ayat suci Alquran sebelum tidur, ketika bangun pagi, atau ketika sedang bersama-sama, anak diharapkan mengenali bacaan sedari awal.

2. Pilih guru yang tepat

Tips yang kedua dan tak kalah penting adalah memilih guru untuk anak belajar mengaji karena seorang guru yang baik akan membantu ananda lebih mudah dan tertarik dalam belajar mengaji. Menurut saya, kriteria untuk menjadi guru mengaji apalagi guru mengaji Alquran adalah sebagai berikut:

  1. Sanad keilmuan jelas
  2. Ilmunya mendalam, layak, dan kompeten untuk mengajarkan ilmu
  3. Akhlaknya baik, ucapan yang keluar darinya sesuai dengan perbuatannya.
Selain itu, untuk menemani anak-anak belajar mengaji, memilih guru yang dapat diandalkan yakni bisa membersamai ananda untuk menguasai bacaan Alquran dengan nyaman.

3. Gunakan metode yang tepat

Memilih metode belajar mengaji yang tepat untuk anak sangatlah penting karena dapat mempengaruhi proses pembelajaran dan hasil yang akan dicapai oleh anak.

Setiap metode pembelajaran memiliki tahapan dan tingkat kesulitan yang berbeda, sehingga penting untuk memilih metode yang sesuai dengan usia anak. Sebagai contoh, metode talaqqi (menirukan ulangan bacaan) cocok untuk anak usia dini, sementara metode tilawah (membaca Alquran dengan baik dan benar) cocok untuk anak yang lebih besar.

Yang lebih penting bagi orang tua adalah memahami bahwa belajar mengaji harus dilakukan secara bertahap, sesuai dengan kemampuan anak. Orang tua juga perlu memberikan penghargaan dan motivasi yang tepat untuk anak ketika mereka berhasil menguasai bacaan Alquran.

4. Buat suasana belajar yang menyenangkan

Buatlah lingkungan yang mendukung belajar mengaji, seperti menyediakan buku-buku Alquran, surah pendek, dan audio pembacaan Alquran. 

Berikan pujian dan penghargaan kepada anak saat ia berhasil menghafal surah atau ayat-ayat Alquran. Hal ini dapat meningkatkan rasa percaya diri dan semangat belajar anak.

Pada era digital yang makin membuat anak-anak kecanduan gawai menjadi tantangan orang tua untuk membuat suasana belajar menyenangkan. Nah, ini bisa menjadi kesempatan para orang tua untuk mencari tempat belajar mengaji yang asyik sehingga bisa membuat anak betah belajar Alquran

5. Tetapkan jadwal belajar mengaji

Tetapkan jadwal belajar mengaji yang konsisten, baik itu setiap hari atau beberapa kali dalam seminggu. Jadwal ini dapat membantu anak untuk terbiasa dan meningkatkan kemampuan belajar.

Tentu saja jadikan jadwal belajar mengaji ini sebagai kebiasaan sehari-hari, sehingga anak terbiasa dan merasa penting untuk melakukannya setiap hari.

6. Jadi teladan yang baik

Tips yang terakhir adalah menjadi teladan bagi anak. Salah satu langkah awal yaitu mendampingi dan membimbing anak dalam proses belajar mengaji, terutama saat masih belajar membaca Alquran. Hal ini dapat membantu anak dalam memahami dan menguasai bacaan Alquran dengan baik.

Dengan menjadi teladan yang baik bagi ananda yakni selalu berdoa, membaca Alquran dan melakukan ibadah lainnya dengan tepat waktu dan benar.

Demikian tips mendidik anak untuk belajar mengaji dengan nyaman di atas, diharapkan ananda akan lebih mudah dan tertarik dalam belajar mengaji, dan semoga menjadi seorang yang taat dalam menjalankan agama Islam.

6 cara orang tua mendidik anak mengaji

Albata, Tempat Belajar Mengaji Kekinian

Albata merupakan tempat dimana anak-anak bisa belajar Alquran dengan metode Montessori. Iya, Albata ini Taman Pendidikan Alquran atau yang kita kenal dengan TPQ. Uniknya, Albata ini menyediakan belajar mengaji online maupun offline bagi anak usia 1 hingga 7 tahun menggunakan metode Montessori. Kita tahu bahwa metode ini akan mengajak anak seperti bermain, karena anak dibiarkan bereksplorasi dan belajar dengan kecepatannya sendiri.

Anak-anak tidak merasa seperti belajar yang penuh tekanan, tetapi suasana belajar sangat nyaman dan menyenangkan.  Albata ini sudah berdiri sejak 2019 dan fokus pada penanaman nilai-nilai dasar agama berdasarkan Al Quran dan Assunnah. Nah, kurikulum yang diberikan Albata sangat komprehensif, antara lain:

  1. Tauhid
  2. Adab dan akhlak
  3. Fiqih
  4. Sirah, mulai dari kisah Nabi, sahabat hingga ulama klasik
  5. Tartil, yakni belajar mengenal huruf Hijaiyah hingga membaca Alquran 
  6. Tahfidz atau hafalan Alquran

Gimana? Sangat lengkap kan kurikulum yang disediakan Albata ini. Apalagi ditambah dengan metode Montessori, betapa serunya belajar mengaji di TPQ Albata ini.

Testimoni Belajar mengaji bersama TPQ Albata

TPQ Teens Online Private

TPQ Teens Online Private merupakan Tempat Pendidikan Quran (TPQ) untuk anak usia 7-13 Tahun. 8x pertemuan dalam 1 bulan, tiap pertemuan berdurasi 50 menit. 

Keunggulan TPQ Teens Online Private

TPQ Teens Online Private yang disediakan oleh Albata ini memiliki beberapa keunggulan antara lain:

  1. Sesuai Quran dan Sunnah
  2. Pembelajaran Fun Learning
  3. Pengajaran eksklusif, 1 murid dengan 1 pengajar
  4. Pengajar (ustadzah) terbaik, diseleksi dari universitas ternama
  5. Menggunakan aplikasi TalkCloud+ (aplikasi khusus untuk edukasi/pembelajaran anak, kids friendly) bukan Zoom.
  6. Bisa diikuti dari mana saja

Lalu berapa sih biaya TPQ Teens Online Private? Belajar mengaji online di kelas TPQ Teens Online Private ini lumayan terjangkau karena bersifat privat, yakni Rp750.000,00 perbulan

Nah, dengan TPQ Teens Online Private, belajar mengaji Al-Quran jadi menyenangkan bukan?

Naqiibatin Nadliriyah
Halo! Saya Naqi. Pembaca buku yang menulis beberapa topik di Serambi Naqiibah. Diantaranya tentang ulasan buku maupun film, tips, fiksi, finansial, dan review produk teman :)

Related Posts

28 comments

  1. Sesuai pengalaman, memang saat anak-anak belajar mengaji, itu harus pas dan nyaman dengan guru ngajinya. Makanya dari 3 kriteria di atas, guru ngaji itu harus sabar juga. Soalnya kalau belajar mengaji bersama, kan tingkat tanggap anak-anak berbeda. Ada yang cepat bisa, ada yang tidak.
    Nah, bagus ini bisa belajar mengaji secara online. Jadi bisa disesuaikan dengan ketanggapan setiap anak.

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah anak saya yang kecil sudah mulai rutin ngaji. Memang betul, biar anak betah mengaji, cari guru yang pas dan suasana yang nyaman. Selain itu juga faktor teman-teman juga ikut berpengaruh. Sekarang enak ya, bisa belajar ngaji online di rumah 🏠 aja lewat ALBATA

    ReplyDelete
  3. Wah udah ada kelas onlinenya aja ini, keren banget euy! bisa nih dicoba buat Isya wkwkw eh tp teens itu untuk teens bneran ga sih atau bisa buat bocah kek isya hihi

    ReplyDelete
  4. Wah kebetulan nih, mendidik anak untuk mengaji sudah jadi bahan diskusi aku sama suami.. Baru tahu ada alternatif kelas online ini.. Thanks infonya kak!

    ReplyDelete
  5. Mengajar mengaji untuk anak memang tidak mudah, namun dengan pembiasaan kita bisa membentuk mereka cinta mengaji. Meskipun seakan tidak memperhatikan saat diajari, namun mereka menangkap apa yang diajarkan. Apalagi saat ini ada kelas mengaji online, anak-anak pasti makin tertarik

    ReplyDelete
  6. Benar banget Mbak. Mengaji memang harus dibiasakan sejak kecil, dalam suasana yang menyenangkan, dan guru yang asyik. Agar anak betah dan ketagihan untuk sering mengaji.

    ReplyDelete
  7. Anak belajar mengaji memang kudu nyaman suasana dan kondisinya ya. Biar dia suka dan cepat memahami bacaannya.

    ReplyDelete
  8. Jadi penasaran mengaji dgn metode Montessori ini. Apakah jg efektif ya utk mengaji. Selama ini aku cmn pake Iqro atau mengajak anak utk ikut TPQ dekat rumah.

    ReplyDelete
  9. Kalau untuk orang tua ada nggak belajar ngaji online? Rasanya ingin belajar ngaji lagi biar lebih baik lagi bacaannya

    ReplyDelete
  10. Sekarang enak ya,anak-anak bisa belajar ngaji online. Tak perlu keluar rumah jadinya.

    ReplyDelete
  11. Wah informasi penting banget nih, mau coba buat anak-anak. Karena aku rasa anak-anak kurang efektif kalau nggak ada tambahan online.

    ReplyDelete
  12. poin teladan yang baik ini agak menampar ya haha iya sih emang bener namanya juga anak2 pasti mereka lebih mudah melakukan kalo ada contoh nyatanya. jangan sampe anak2 bilang 'ibu sama ayah aja nggak ngaji kok nyuruh aku ngaji' 😂

    ReplyDelete
  13. Dengan metode yang tepat belajar mengaji jadi menyenangkan nih buat anak-anak. Apalagi juga ustad/ustadzah-nya juga asik teknik pengajarannya

    ReplyDelete
  14. Teens tapi usia 7-13 ya? Hm... kalau untuk remaja yang usia 13-19 gitu ada juga nggak ya?

    ReplyDelete
  15. Pas lihat website albata dan membaca program-program yang ada di sana, ternyata lumayan lengkap program yang ditawarkan. Kurikulumnya juga menggunakan montessori, pasti banyak anak yang suka dengan sistem pembelajarannya

    ReplyDelete
  16. Menanamkan pendidikan agama sejak dini akan memudahkan kita dalam mengajarkan anak tentang baca tulis Al Quran, ya Mbak. Apalagi kita menemukan guru dan metode yang tepat. Belajarnya pun kian senang.

    ReplyDelete
  17. Kalau tahu metode yang tepat dan bisa menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, tentu belajar mengaji akan mengasikkan ya mbak

    ReplyDelete
  18. Jadi keingetan, anakku dulu sempat ngajinya hanya di sekolah aja, tp karena hanya seminggu sekali jadinya lama banget progressnya. Akhirnya, tak ajarin lagi ngaji sendiri di rumah tiap hari, dan alhamdulilah progressnya lumayan cepat. Emang nih, butuh konsisten kalau belajar ngaji biar makin lancar.

    ReplyDelete
  19. Bisa jadi referensi nih untuk anak di masa depan. Albata ini lengkap juga ya fasilitasnya

    ReplyDelete
  20. Emang paling susah ngajarin anak ngaji. Harus pake metode yang gampang. Semoga Albata ini mampu membuat anak-anak lekas pandai mengaji ya.

    ReplyDelete
  21. Ngajarin anak mengaji memang harus sejak dini. kebetulan nih aku lagi nyari guru ngaji yang pas buat anakku, kayaknya ikut TPQ online Albata bisa jadi alternatifnya.

    ReplyDelete
  22. Betul banget, kalo saya pribadi buat belajar sesuatu kalau yang ngajar nya asik dan nyaman pastinya lebih mudah diterima gitu

    ReplyDelete
  23. Sebagai orang tua, kita memang harus memahami bahwa belajar mengaji itu perlu dilakukan secara bertahap, sesuai dengan kemampuan anak. Dan yang penting kita juga harus memberikan penghargaan dan motivasi yang tepat untuk anak ketika mereka berhasil menguasai bacaan Alquran.

    ReplyDelete
  24. Wah baru tau TPQ dengan metode Montessori. Pastinya anak akan nyaman belajar ngaji ya karena metodenya yg menyenangkan

    ReplyDelete
  25. Mendidik anak ini memang mashaAllah~
    Selain memilihkan tempat mengaji yang baik dengan sanad yang sesuai dengan keluarga, semoga ananda bisa mendapatkan ilmu bermanfaat. Pilihan terbaik bisa dimulai dari Albata.

    ReplyDelete
  26. sebagai muslim kita memang sebaiknya mengajarkan anak mengaji sejak dini ya, mbak. menarik nih metode albata ini ada montessorinya. kalau anakku belajar ngaji ke rumah guru ngaji sih tapi kayaknya nanti mau cari tpq lagi biar lebih lancar ngajinya

    ReplyDelete
  27. Jadi teladan yg baik bagi anak sangat efektif dalam mengajarkan anak belajar mengaji. Karena sudah jadi kebiasaan setiap harinya. Apalagi kalau ada reward kalau sudah lancar ngaji, hmm anak jadi makin semangat, hehe

    ReplyDelete
  28. Saya setuju kak untuk hal yang pertama kita teladani untuk anak dimulai dari mengajarkan anak mengaji, bila perlu memantapkan ilmunya harus ada guru ngaji.

    ReplyDelete

Post a Comment