Header Serambi Naqiibah

Mau Berdaya Saing secara Global? Siapkan 5 Keterampilan Dasar Berikut!

27 comments
Konten [Tampil]

Dalam era globalisasi yang sudah memasuki era society 5.0 dan revolusi industri 4.0, yang entah nanti akan menjadi 6.0 atau berapa, tantangan peningkatan mutu kualitas diri sendiri sudah tak bisa ditawar lagi. Persaingan di dunia kerja secara global semakin ketat.

Dengan jumlah sekitar 1,4 juta lulusan sarjana per tahun, apa kita hanya mengandalkan selembar kertas ijazah beserta transkripnya? 

Belum lagi betapa pesat kemajuan teknologi dan globalisasi yang menghapus batas antarnegara ini membuat perangkat elektronik di sekitar kita semakin cerdas. Lantas, apakah sumber daya manusia para lulusan sarjana juga ikutan cerdas? Bagaimana kita bisa bersaing dengan lulusan universitas lain dan yang lainnya?

Siapkan 5 Kompetensi Bekerja untuk Berdaya Saing Global

Keterampilan Individu Agar Berdaya Saing Global

Berdasarkan data Human Capital Index pada tahun 2020, Indonesia menduduki peringkat 87 dari 174 negara. Human Capital Index ini menjelaskan pendidikan, kesehatan yang dapat mendukung produktivitas generasi yang akan mendatang. 

Dari data tersebut, hal ini merupakan tantangan besar bagi pendidikan perguruan tinggi di Indonesia bagaimana menyiapkan generasi di masa mendatang yang mampu berdaya saing secara global.

Jadi, kebutuhan pendidikan yang memberikan keterampilan untuk berdaya saing global ini berguna mengatasi era disrupsi revolusi industri 4.0. Nah, beberapa keterampilan yang harus dimiliki oleh seseorang agar mampu bersaing secara global antara lain:

1. Kemampuan berkomunikasi

Semakin canggih teknologi yang ada sekarang, tentunya kemampuan public speaking seseorang makin diperlukan. Public Speaking ini dapat menjadi keterampilan komunikasi yang sangat penting, baik untuk karier maupun kehidupan sehari-hari. Misalnya, Kamu mungkin harus berbicara di depan umum, seperti dalam presentasi di kelas.

Jika Kamu memiliki keterampilan berbicara di depan umum yang baik, Kamu dapat mengomunikasikan ide, gagasan, informasi, atau hal lainnya dengan baik. Selain itu, Kamu akan menjadi lebih percaya diri dan bisa memimpin orang lain juga.

Tentu saja karena untuk bisa berdaya saing secara global, maka kemampuan berkomunikasi dalam bahasa asing tentu akan menjadi nilai plus bagi seseorang.

2. Kemampuan berkolaborasi

Kompetensi bekerja dan berkolaborasi ini salah satu yang wajib dimiliki seseorang di dalam era sekarang. Udah nggak zaman juga kan kompetisi, kini saatnya berkolaborasi. Kompetensi bekerja dalam tim alias berkolaborasi ini memberikan ruang-ruang baru dalam sebuah karya.

Kemampuan untuk saling berpartisipasi dalam setiap kegiatan untuk membina hubungan dengan orang lain, saling menghargai hubungan dan kerja tim untuk mencapai tujuan yang sama.

3. Kemampuan Berpikir Kritis

Seseorang yang mampu berpikir kritis merupakan orang yang mampu menyimpulkan apa yang diketahuinya, mengetahui cara menggunakan informasi untuk memecahkan suatu permasalahan, dan mampu mencari sumber-sumber informasi yang relevan sebagai pendukung pemecahan masalah. Intinya adalah, kemampuan berpikir dan menganalisis suatu hal secara objektif dan logis.

Dalam sebuah perjalanan pendidikan, metode berceramah tidak akan bisa mengajarkan tentang kemampuan berpikir kritis ini, karena berpikir kritis ini merupakan proses aktif.

Keterampilan intelektual dari berpikir kritis mencakup berpikir analisis, berpikir sintesis, berpikir reflektif, dan sebagainya harus dipelajari melalui aktualisasi penampilan (performance).

Jadi, berpikir kritis juga dianggap sebagai kemampuan yang perlu dikembangkan agar kualitas SDM seseorang itu meningkat. Selain itu juga kemampuan ini akan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Kemampuan berpikir kritis ini selain digunakan untuk menganalisi dan menyelesaikan masalah juga diperlukan untuk melahirkan ide-ide inovatif.

4. Kreativitas dan Inovasi

Kreativitas merupakan kemampuan untuk memunculkan ide-ide baru dan cara-cara untuk memecahkan masalah. Sementara inovasi adalah kemampuan untuk menggunakan ide-ide tadi untuk mengembangkan sebuah karya.

Generasi unggul yang memiliki keterampilan tersebut perlu disiapkan melalui proses pembelajaran secara teratur dan terus menerus di berbagai sektor. Nah, proses pembelajaran ini disiapkan dalam sebuah wadah yang bernama kurikulum.

5. Kecerdasan Emosional

Dari beberapa keterampilan yang mungkin saja masih bisa dilakukan mesin/robot, mengelola emosi adalah paling mustahil untuk dilakukan robot. 

Dari semua jenis kecerdasan majemuk, kecerdasan intrapersonal dan interpersonal secara spesifik dibutuhkan dalam era revolusi industri 4.0. Sebab kedua hal itu yang mempunyai keterkaitan dengan pengelolaan emosi.

Ketika seseorang mampu mengelola emosi diri, maka orang tersebut mampu mengendalikan emosi orang lain. Mengingat, emosi terkadang berperan cukup penting dalam keberhasilan kerja dalam sebuah tim.

Setelah tahu betapa penting keterampilan dasar ini sebagai kompetensi bekerja untuk bersaing secara global, adakah pendidikan di negeri ini yang memfasilitasinya?

menguasai kompetensi bekerja berdaya saing global dengan pendidikan internasional

Sampoerna University Mempersiapkan Lulusan Berdaya Saing Global

Sampoerna University adalah salah satu pilihan universitas terbaik untuk mendapatkan pendidikan internasional yang tentunya teruji berkualitas. Sampoerna University juga termasuk salah satu universitas terbaik di Indonesia yang menawarkan pendidikan kurikulum internasional yang unggul.

Salah satu keunggulan pendidikan internasional dalam Sampoerna University adalah menawarkan pendidikan internasional ala Amerika. Semua kurikulum, fakultas, fasilitas, dan operasional yang sama dengan University of Arizona, Amerika Serikat. Sehingga Sampoerna University juga menawarkan program gelar ganda bagi mahasiswanya.

Memilih Sampoerna University dengan kurikulum internasional

Selain kurikulum internasional yang dimiliki Sampoerna University, ada fasilitas dan metode pembelajaran terbaik, tenaga pendidik yang berkualitas dan bersertifikasi internasional, serta program-program beasiswa dan bimbingan belajar yang mendukung. Sampoerna University memastikan bahwa setiap mahasiswa dapat memperoleh pendidikan berkualitas dan siap menghadapi masa depan yang cerah, mampu bersaing secara global.


Naqiibatin Nadliriyah
Halo! Saya Naqi. Pembaca buku yang menulis beberapa topik di Serambi Naqiibah. Diantaranya tentang ulasan buku maupun film, tips, fiksi, finansial, dan review produk teman :)

Related Posts

27 comments

  1. Penting sekali ya kak saat ini untuk mengasah keahlian kompetensi global, soalnya dr persaingan juga sudah semakin ketat. Keuntungannya juga nanti akan memberikan kesempatan yang lebih luas. Dimulai dari saat di kampus jd waktu yang ideal untuk mengasah ini, pilihan yang oke untuk masuk ke Sampoerna University

    ReplyDelete
  2. Kesannya gampang banget, cuma 5 keterampilan. Tapi penerapan di lapangan emang susah banget nih keterampilan. Dan emang keterampilan ini dibutuhkan sekali dalam pekerjaan, baik bekerja dgn org lain maupun wirausaha.

    Untung aja ada kampus Sampoerna University yg nggak hanya ngajarin supaya pinter secara akademik tapi jg non-akademik ya kak.

    ReplyDelete
  3. Betul sekali semua keterampilan di atas sangat diperlukan dlm menghadapi dunia kerja yg semakin menantang saat ini

    ReplyDelete
  4. benar-benar makin kesini itu persaingan semakin sengit hihi.. jadi memang harus punya skill lebih ya yang terus diasah dan disiapkan

    ReplyDelete
  5. Dengan 5 keterampilan ini dijamin jadi sarjana plus plus ya. Gak hanya cerdas di bidang akademik. Namun juga pandai komunikasi, bahasa inggris, serta mudah untuk adaptasi.

    ReplyDelete
  6. Penguasaan atas 5 ketrampilan ini harus menjadi hal mutlak sih jika ingin mengejar kompetensi global. Ditambah lagi jika menuntut ilmunya di kampus yang berstandar internasional.

    ReplyDelete
  7. Keterampilan dasar di atas sudah tidak bisa ditawar lagi sebagai modal untuk bisa bersaing dalam dunia kerja yang semakin banyak tantangan dan kompetitornya.
    Karena tidak bisa dibangun sendiri, ini harus dilatih juga melalui dunia pendidikan yang memiliki program ke sana, seperti misal di Samporna University

    ReplyDelete
  8. Kurikulum yang gereget seperti ini, menjadikan para mahasiswanya berkualitas, karena pola pendidikan yang berkualitas

    ReplyDelete
  9. Lima skill ini memang esensial ya mbak. Untuk bisa survive di masa globalisasi

    ReplyDelete
  10. kreatif dan inovatif itu kayaknya udah jadi syarat buat zaman sekarang ya kak.. sangat penting bagi pekerjaan di industri dan bidang manapun

    ReplyDelete
  11. sekarang kalau tidak kreatif ya bakalan ketinggalan ya? selain itu public peaking juga harus bagus. makin ke sini dunia kerja makin ketat.

    ReplyDelete
  12. 5 keterampilan tersebut diatas harus sering dilatih sih, jadi perlu wadah yang tepat untuk mengembangkan skill tsb

    ReplyDelete
  13. Ngga kebayang sih gimana Indonesia di tahun bonus demografi mendatang kalo gapunya kompetensi global, akan jadi percuma gitu ngga sih bonus demografinya, tapi hadirnya Sampoerna University ini semoga ngga jadi percuma yaahhh tahun 2035 nantii, aamiinn

    ReplyDelete
  14. betul banget kalau mau punya skill berdaya saing global sekarang ini harus punya skill yang Kemampuan berkomunikasi, bisa kerjasama dengan siapa saja, berfikir kritis dan inovatif kalau masu sukses. ditambah harus pandai juga mengelola emosi. dengan begitu kita bisa sukses kerja di di era globalisasi. untuk itu gak mudah sih, pendidikan jadi hal yang cukup penting untuk membentuk peserta didik punya skill b berdaya saing global . memilih lembaga pendidikan jadi hal yang sama pentingnya.

    ReplyDelete
  15. Aku jadi kepo sama biayanya nih... soalnya klo sekolah sdnya mahal bener huehue.. ya emang si sekolahnya apik berbanding lurus lah yaa 😇 apalagi skolahnha dah dukung abk makin cintahh

    ReplyDelete
  16. kudu banget nih kita yang dari zaman kapan pun bisa menguasai kompetensi-kompetensi masa kini. karena kalau nggak bakal keteteran dan ketinggalan

    ReplyDelete
  17. Noted banget nih Mbak. Karena ke depannya persaingan bakal makin berat. Kalau gak punya soft skill seperti yang disebutkan di atas ya bakal tertinggal.

    ReplyDelete
  18. 5 kompetensi di atas itu sudah mengcover kerangka kompetensi abad 21. Dan aku senang sekali ada satuan pendidikan yang concern di sana

    ReplyDelete
  19. Kurikulum internasional membantu lulusannya memiliki kompetensi yang dibutuhkan di era global seperti ini ya mbak

    ReplyDelete
  20. setuju sama semua kemampuan dasar yang perlu dimiliki generasi sekarang ini, kemampuan komunikasi perlu banget, jangan sampai kita cuman bisa diam atau mengiyakan sesuatu yang mungkin salah ketika di lapangan.
    aku sendiri selalu kagum sama mereka yang kreatif dan mempunyai daya imajinasi yang tinggi, idenya ga pernah kosong pokoknya. Dan selalu memberikan hasil yang bermanfaat untuk sekitar

    ReplyDelete
  21. Sepakat banget bahwa dengan lulusnya dari perguruan tinggi belum tentu menjadi jaminan kalau kita dapat siap terjun ke dunia kerja secara global tanpa dibarengi dengan kemampuan dan atau kompetensi global, jadi memang penting memilih lembaga pendidikan yag mempunyai kurikulum terbaik untuk mendukung perkembangan skill mahasiswanya selama menempuh pendidikan

    ReplyDelete
  22. Jadi tercerahkan setelah baca tulisan Mba Nawi. Bener banget sih, ketrampilan - ketrampilan dasar itu harus diasah terus. Apalagi kalau urusannya dengan persaingan global.

    ReplyDelete
  23. Sekarang ini memang ketrampilan dasar ini penting banget. Kalau dulu gitu yang penting hal-hal yang tercatat dalam kertas saja ya. Padahal in real untuk bersaing global itu butuh skill khusus, more than angka. Jadi salut deh sama Sampoerna Univ yang masih concern untuk mengembangkan skill ini, optimis bisa bersaing di kancah global dan selalu membawa nama baik bangsa ^^

    ReplyDelete
  24. Keterampilan komunikasi sangat menentukan saat ini, menjadi hal utama dalam dunia kerja, apalagi untuk yang berada di lini terdepan terkait layanan, komunikasi jadi kunci. Jadi penting untuk bangun kompetensi global ini

    ReplyDelete
  25. Kemampuan berkomunikasi dan berkolaborasi menjadi salah satu kompetensi penting untuk bisa menembus persaingan global. Itulah pentingnya memilih perguruan tinggi yang menerapkan kurikulum internasional. Jadi gak hanya IP tinggi dan lulus tepat waktu yang dikejar...

    ReplyDelete
  26. Wah, pencerahan baru buat kita
    Makasih

    ReplyDelete

Post a Comment