Header Serambi Naqiibah

Kolaborasi #SuamiIstriMasak Bikin Hubungan Makin Harmonis

1 comment
Konten [Tampil]

Selama ini, pasti yang terdoktrin dalam pola pikir kita adalah dapur itu urusan tugasnya sang istri, bukan wilayah tugas suami. Wilayah tugas suami hanya mencari nafkah dan bekerja. Hayo, siapa yang punya pikiran seperti ini?

Sehingga, saat ada suami yang terjun ke dapur atau bisa masak itu dianggap hebat. Padahal pekerjaan memasak dan pekerjaan rumah lainnya itu tidak bergantung jenis kelamin bukan? Siapa pun bisa melakukannya.

Keseruan istri masak bareng suami mengingatkan sosok bapak yang beberapa kali juga membantu ibu saat memasak di dapur, meski hanya mengambilkan daun pisang, atau menyiapkan sayur dari kebun samping rumah dan mencicipi hasil masakan ibuk. Tak jarang, bapak pun ikut membantu menyiapkan atau menggoreng ikan. 

Sungguh, pemandangan yang sangat romantis saat melihat bapak ibu saling membantu untuk menyiapkan masakan bagi keluarga tercinta. Nah, berikut sedikit tips dari Naqi untuk membuat hubungan suami istri makin harmonis.

Kolaborasi #SuamiIstriMasak Bikin Hubungan Makin Harmonis

Tips Menjaga Hubungan Suami Istri agar Tetap Harmonis

Dari beberapa sumber dan tips yang pernah kudapat dari teman, tips menjaga hubungan suami istri agar tetap harmonis antara lain:

1. Pahami bahasa cinta masing-masing

Setiap orang memiliki bahasa cinta masing-masing yang tentunya berbeda. Ada yang dengan physical touch, quality time, act of service, word of affirmation dan receiving gift. Nah, kamu dan pasanganmu termasuk yang mana?

Saling memahami

2. Buat waktu untuk bersama

Sesekali buatlah waktu untuk berlibur bersama, kencan dan kegiatan yang menyenangkan lainnya. Jalin komunikasi lagi untuk membahas impian atau cita-cita keluarga yang diinginkan.

3. Jaga komunikasi dengan baik

Komunikasi ini yang tak kalah penting untuk dipupuk. Ketika sudah memutuskan untuk hidup bersama di dunia, maka jaga komunikasi dengan baik. Ketika ada salah paham yang terjadi, segera uraikan permasalahannya.

4. Saling membantu/ bekerja sama

Intinya saat memutuskan untuk menjalin hubungan dengan lawan jenis, maka prinsip kesalingan itu wajib hadir. Saling menghargai, saling memahami dan saling menjaga antara suami istri adalah kunci untuk membuat perjalanan rumah tangga menjadi sakinah, mawaddah wa rahmah.

Kampanye Gerakan #SuamiIstriMasak Kecap ABC

Kecap ABC sendiri sudah memiliki pandangan untuk mendukung kesetaraan gender, alias prinsip mubadalah dalam pasangan. Pada tahun 2018, Kecap ABC menginisiasi kampanye “Suami Sejati Mau Masak, terima Kasih Perasan Pertama”.

Yang menarik, kampanye ini berangkat dari fakta bahwa Indonesia merupakan salah satu negara di mana lebih dari 75% pekerjaan rumah tangga dibagikan antara suami dan istri (studi HILL ASEAN 2018).

Selain itu, ada studi juga yang mengindikasikan bahwa pekerjaan rumah tangga yang paling rendah dibagikan antara pasangan suami istri adalah memasak, yakni hanya 3 dari 10 suami yang membantu istri di dapur.

Sementara pada 2019 juga Kecap ABC menginisiasi kampanye selama Hari Kesetaraan Perempuan. Jadi kampanye #SuamiIstriMasak ini sebagai bentuk komitmen kecap ABC mengedukasi masyarakat Indonesia tentang kesetaraan gender.

Pada 2020 juga mengadakan kolaborasi dengan platform edukasi yang udah ngehits untuk melibatkan anak-anak dalam kampanye Hari Kesetaraan Perempuan.


Kampanye ini menyasar generasi muda secara khusus dengan memberi edukasi tentang kesetaraan gender. Penting sekali mendidik dan mendorong generasi muda untuk memiliki pemahaman tentang kesetaraan gender sejak dini.


Ini yang dipercaya akan menjadi modal besar ketika berkeluarga. Heinz ABC menggagas gerakan ini untuk mengubah persepsi amsyarakat dan membangun perilaku lebih baik di kalangan anak muda

Nah, pada tahun 2021 pun Kecap ABC menggandeng kolaborasi Titi Kamal dan Christian Sugiono untuk menekankan pentingnya kolaborasi suami dan istri di dapur.

Insisiasi kampanye selama Hari Kesetaraan Perempuan (2019) 

Kolaborasi dengan platform edukasi untuk melibatkan anak-anak dalam kampanye Hari Kesetaraan Perempuan (2020) 

Tulisan ini terinspirasi dari video #SuamiIstriMasak Kecap ABC di bawah ini. 

Bagaimana pun, kolaborasi suami yang membantu istrinya memasak di dapur adalah bentuk kesalingan dalam rumah tangga. (yang jomblo, melipir dulu yak :D)



Seru juga kolaborasi masak antar pasangan suami istri ya. Yuk ikutan kampanye #SuamiIstriMasak di dapur, biar hubungan pasangan jadi semanis Kecap ABC.



Referensi:

https://mix.co.id/marcomm/news-trend/kembali-gelar-kampanye-suamiistrimasak-kecap-abc-dukung-kolaborasi-suami-istri-di-dapur/

Naqiibatin Nadliriyah
Halo! Saya Naqi. Pembaca buku yang menulis beberapa topik di Serambi Naqiibah. Diantaranya tentang ulasan buku maupun film, tips, fiksi, finansial, dan review produk teman :)

Related Posts

1 comment

Post a Comment