Header Serambi Naqiibah

Pengaruh Plak Gigi dan Penumpukan Bakteri pada Perkembangan Sakit Gusi

Post a Comment
Konten [Tampil]

Penyebab Sakit Gusi - Sakit gusi, juga dikenal sebagai penyakit periodontal, adalah kondisi umum yang memengaruhi jaringan sekitar gigi dan tulang pendukungnya. Salah satu penyebab sakit gusi adalah plak gigi yang tidak dihilangkan secara efektif, serta penumpukan bakteri di sekitar gusi. 

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi pengaruh plak gigi dan bakteri pada perkembangan sakit gusi, serta dampaknya terhadap kesehatan mulut secara keseluruhan.


Apa Itu Plak Gigi?

Plak gigi adalah lapisan lengket yang terdiri dari bakteri, sisa makanan, dan saliva yang menempel pada permukaan gigi. Plak terbentuk secara terus-menerus di mulut, dan jika tidak dihilangkan secara teratur, dapat mengeras menjadi tartar atau karang gigi. Plak gigi mengandung berbagai jenis bakteri, termasuk bakteri yang menyebabkan penyakit gusi.

Dampak Plak Gigi pada Kesehatan Gusi

Plak Gigi memiliki dampak terhadap kesehatan gigi, antara lain:

1. Peradangan Gusi 

Plak gigi yang menumpuk di sekitar garis gusi dapat menyebabkan peradangan pada gusi, yang dikenal sebagai gingivitis. Gejalanya termasuk gusi yang merah, bengkak, dan berdarah saat menyikat gigi atau menggunakan benang gigi.

2. Penyakit Periodontal

Jika gingivitis tidak diobati, bisa berkembang menjadi penyakit periodontal yang lebih serius. Penyakit periodontal melibatkan kerusakan jaringan gusi dan tulang pendukung gigi. 

Ini bisa mengakibatkan pembentukan kantong gusi yang dalam, pendarahan gusi, gigi yang longgar, bahkan kehilangan gigi.

3. Penumpukan Bakteri dan Hubungannya dengan Sakit Gusi

Selain plak gigi, penumpukan bakteri di sekitar gusi juga merupakan faktor penting dalam perkembangan sakit gusi. Bakteri yang terperangkap di antara gigi dan gusi dapat berkembang biak dengan cepat dalam lingkungan yang lembap dan hangat. 

Bakteri ini kemudian menghasilkan racun yang merusak jaringan gusi dan tulang pendukung gigi.


Dampak Kesehatan Mulut Lainnya

Selain sakit gusi, penumpukan plak gigi dan bakteri juga dapat berdampak pada kesehatan mulut secara keseluruhan:

1. Karies Gigi

Bakteri dalam plak gigi menghasilkan asam yang dapat merusak lapisan email gigi dan menyebabkan karies gigi.

2. Bau Mulut

Penumpukan bakteri di dalam mulut juga dapat menyebabkan bau mulut yang tidak sedap.


Pencegahan dan Pengobatan

Untuk mencegah sakit gusi dan masalah kesehatan mulut lainnya yang disebabkan oleh plak gigi dan bakteri, langkah-langkah pencegahan berikut dapat diambil:

1. Sikat Gigi secara Teratur

Sikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk menghilangkan plak gigi.

2. Gunakan Benang Gigi

Gunakan benang gigi setiap hari untuk membersihkan sisa-sisa makanan dan plak yang sulit dijangkau oleh sikat gigi.

3. Perawatan Rutin

Rutin kunjungan ke dokter gigi untuk pembersihan profesional dan pemeriksaan gigi dapat membantu mengidentifikasi masalah kesehatan mulut sejak dini.


Plak gigi dan penumpukan bakteri memiliki peran krusial dalam perkembangan sakit gusi dan masalah kesehatan mulut lainnya. Penting bagi setiap individu untuk menjaga kebersihan mulut secara teratur dan mengunjungi dokter gigi secara rutin untuk pemeriksaan dan perawatan. Dengan pencegahan yang tepat, sakit gusi dan masalah kesehatan mulut lainnya dapat dicegah, memastikan kesehatan gigi dan gusi yang optimal. 

Untuk mengatasi berbagai masalah sakit pada gigi, kamu bisa menggunakan Cooling5 Plus sebagai solusi sakit gigi berlubang. Cooling5 Plus merupakan obat semprot rongga mulut yang berfungsi untuk menghilangkan rasa sakit misalnya pada saat sakit gigi, radang gusi dan sakit saat pertumbuhan gigi. 

Untuk penggunaannya, cukup semprotkan pada area sakit, bila perlu diulang tiap 3-4 jam. Cooling 5 Plus merupakan anestesi lokal dalam benul spray yang mengandung Benzocaine 3 mg sebagai bius lokal dan Phenol Crystal 5 mg sebagai antiseptik oral. Jadi selain dapat mengatasi nyeri dengan cepat, Cooling5 Plus juga dapat membunuh kuman bakteri penyebab sakit gigi dan gusi.



Naqiibatin Nadliriyah
Halo! Saya Naqi. Pembaca buku yang menulis beberapa topik di Serambi Naqiibah. Diantaranya tentang ulasan buku maupun film, tips, fiksi, finansial, dan review produk teman :)

Related Posts

Post a Comment