Header Serambi Naqiibah

Kandungan dan Manfaat Susu Etawa untuk Kesehatan

40 comments
Konten [Tampil]

Selain susu sapi dan susu nabati lainnya, susu kambing etawa juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, terutama untuk kesehatan tulang loh.

Inget betul dulu pas almarhumah bude masih sehat, suka banget konsumsi susu etawa ini dibawakan Bapak dari peternaknya. Iya, yang minum susu etawa di rumah saat itu hanya bapak dan bude saja. 

"Kalau kita nggak jaga diri sendiri, siapa lagi yang mau perhatian sama diri sendiri? Sudah tua gini, wajib perhatian sama tulang kita karena ancaman pengeroposan tulang itu nyata," nasehat bude sambil minum susu kambing etawa saat saya masih kuliah itu masih terngiang-ngiang saat ini.

Susu etawa ini memang baik untuk orang-orang dari segala usia, dari anak berusia 2 tahun hingga orang tua. Susu yang disebut susu untuk kesehatan ini memiliki banyak bahan bagus di dalamnya seperti fosfor, kalsium, natrium, dan fluorin. Beberapa orang bahkan mengatakan itu hampir sama baiknya dengan ASI.

Nah, penasaran sama manfaat susu kambing etawa ini apa saja? 

Manfaat susu kambing etawa

Kandungan dan manfaat susu kambing etawa untuk kesehatan

Kambing etawa sendiri adalah keturunan kambing lokal Indonesia dengan kambing jamnapari India. Karena perkembangbiakan dan perawatannya yang mudah, masyarakat mulai memilih hewan ini sebagai pengganti sapi dan kambing lainnya.

Dulu pas saya dan kedua saudaraku masih kuliah, inget betul bapak juga merawat kambing etawa sebagai pekerjaan sampingan beliau dari guru di madrasah.

Susu kambing etawa sama baiknya dengan susu sapi karena memiliki banyak nutrisi penting, bahkan dianggap lebih baik daripada susu sapi. Susu etawa memiliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda tergantung pada berbagai faktor, termasuk jenis pakan yang diberikan kepada kambing, kondisi lingkungan, dan metode pengolahan susu. 

Berikut kandungan dan manfaat susu kambing etawa secara umum:

1. Tinggi protein dan kalsium

Untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang, protein dan kalsium diperlukan untuk membentuk sel dan jaringan tulang, membantu penyerapan kalsium, dan membentuk gigi dan menjaga kepadatan dan kekuatan tulang.

Susu kambing etawa juga bisa memenuhi kebutuhan protein anak. Kebutuhan protein tinggi ini berguna untuk mencegah stunting.

Susu kambing etawa mengandung kalsium, yang penting untuk memperkuat tulang, sehingga menghasilkan otot yang lebih kuat dan tangguh.

Osteoporosis, juga dikenal sebagai pengeroposan tulang, adalah kondisi di mana tulang menjadi rapuh dan mudah patah, lebih umum pada wanita, terutama setelah menopause.

Kandungan kalsium dan fosfor dalam susu etawa juga dapat membantu mengurangi risiko osteoporosis, terutama pada wanita yang cenderung mengalami penurunan kepadatan tulang seiring bertambahnya usia.

2. Kadar laktosa yang rendah

Laktosa adalah gula alami dalam susu. Beberapa orang ada yang sangat tidak bisa mentolerir laktosa, sehingga susu sapi biasa tidak dapat dicerna dengan baik. Intoleransi laktosa dapat menyebabkan perut kembung, diare, mual, dan kram perut.

Kamu tidak perlu khawatir jika kamu memiliki intoleransi laktosa, karena susu sapi memiliki kadar laktosa sekitar 4,8%. Namun, susu kambing etawa memiliki kadar laktosa yang lebih rendah, sekitar 3,8%.

Selain itu, susu kambing etawa tidak menyebabkan masalah pencernaan karena lemaknya yang lebih halus dan mudah dicerna. Akibatnya, Anda tidak perlu khawatir mengalami gejala intoleransi laktosa saat mengonsumsi susu etawa.

3. Vitamin yang penting

Susu kambing etawa mengandung vitamin A, vitamin B kompleks (termasuk B12), vitamin D, dan vitamin E, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan mata, kulit, sistem kekebalan tubuh, dan lainnya.

4. Mineral yang tinggi

Susu kambing etawa mengandung kalsium, fosfor, magnesium, dan zinc, yang mendukung kesehatan tulang, gigi, dan sistem saraf.

5. Kandungan lemak yang baik

Meskipun sebagian besar lemak dalam susu etawa adalah lemak jenuh, namun sejumlah besar asam lemak jenuh yang terkandung dalam susu etawa memiliki rantai karbon yang lebih pendek, yang dianggap lebih mudah dicerna oleh tubuh manusia dibandingkan dengan lemak jenuh dalam susu sapi.

Asam lemak esensial dalam susu kambing etawa, seperti omega-3 dan omega-6, dapat memberikan dukungan untuk kesehatan jantung.

Susu kambing etawa juga bagus untuk ibu hamil karena memberinya nutrisi tambahan dan menyehatkan janin. Untuk ibu menyusui, manfaat susu kambing etawa bisa membantu memperlancar ASI (Air Susu Ibu).

Gimana, kandungan susu etawa ini nggak main-main dan manfaat susu kambing etawa sangat banyak untuk kesehatan kita terutama kesehatan tulang kita, kan?

Susu etawarich, susu untuk pengeroposan tulang

Dari segudang manfaat dan kandungan susu etawa yang begitu banyak, nyatanya masih banyak yang nggak suka susu kambing etawa ini karena baunya, iyuh. Bau prengus, iya bau yang melekat pada kambing ituuu.

Nah, sekarang nggak usah khawatir lagi ada bau prengus pas minum susu kambing etawa ini karena hadir produk susu etawarich. Susu etawarich adalah produk susu kambing yang dibungkus dalam bentuk bubuk sehingga mudah dikonsumsi. 

Lalu, bagaimana khasiat susu kambing etawarich ini? Berikut khasiat susu kambing etawarich:

1. Mencegah Pengeroposan Tulang dan Anemia

2. Melawan Inflamasi

3. Memperkuat Kekebalan Tubuh

4. Menjaga Kesehatan Jantung

5. Mengatasi Permasalahan Sistem Pernapasan

6. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Dari segudang manfaat susu etawa etawarich tersebut memang sangat berkhasiat untuk kesehatan ya. Jadi tak heran jika susu ini dianggap sebagai susu untuk kesehatan.

Manfaat susu etawa etawarich

Kandungan susu etawarich

Susu etawarich yang satu ini memang beda karena mengandung banyak kalsium. Berikut adalah kandungan susu etawarich:

1. 98% Susu kambing etawa, yang berasal dari susu kambing etawa, mengandung fosfor, kalsium, sodium, dan fluorin, yang membantu pencernaan, menurunkan kolesterol, menyembuhkan nyeri sendi, dan manfaat lainnya.

2. Ekstra gamat mengandung protein tinggi, kolagen, glukosamin, dan kondroitin untuk mengatasi nyeri sendi dan membantu tubuh membentuk tulang rawan.

3. Flavanoid ditemukan dalam daun sirsak. Bahan ini menghentikan enzim xhantine oxidase dari menghasilkan asam urat.

4. Kayu manis, tumbuhan dari genus Cinnamomum yang mengandung eugenol, kaneelaldehida, dan kumarin. Bahannya memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan. Apakah ada keuntungan? Sangat banyak! Di antara manfaatnya adalah meningkatkan metabolisme, mengontrol kadar gula dalam darah, menghentikan peradangan, dan memiliki sifat antioksidan yang kuat. yang dapat membantu dalam melawan radikal bebas.

5. Bee Pollen yang mengandung flavaoid, quercetin, dan glutahione dapat membantu menjaga kesehatan jantung, mengurangi kadar kolesterol jahat, memelihara fungsi hati, dan menangkal radikal bebas.

6. Gula Stevia adalah pemanis alami tanpa kalori, jadi tidak perlu khawatir untuk mengonsumsinya jika sedang menurunkan jumlah gula untuk mencegah diabetes atau menurunkan berat badan.

Kandungan susu etawa etawarich

Sesuai dengan manfaat susu etawa etawarich, susu untuk kesehatan yang satu ini juga disebut sebagai susu nyeri sendi, susu tulang keropos, hingga susu untuk pengeroposan tulang. 

Pertimbangan memilih susu etawarich

Seperti yang disebutkan sebelumnya, khasiat susu kambing etawarich juga mencakup untuk pengapuran tulang, karena itu juga dikenal sebagai susu untuk pengeroposan tulang. Ada beberapa alasan mengapa banyak orang memilih etawarich sebagai susu untuk kesehatan.

Selain itu, berikut beberapa alasan mengapa memilih Susu etawarich:

  1. 100% produk organik
  2. Aman dikonsumsi untuk segala usia, mulai dari anak berusia 2 tahun ke atas
  3. Susu berkualitas tinggi
  4. Nutrisi 3x lebih baik
  5. Kalsium yang lebih tinggi

Kamu bisa mengonsumsinya dengan mudah dengan mencampur 1 sachet susu etawarich dengan 120 milliliter air panas di cangkir kecil saja. Aduk hingga rata, dan sudah siap untuk diminum. Cukup mudah, kan?

Yang menariknya, susu nyeri sendi ini dapat dikonsumsi setiap hari sesuai dengan selera masing-masing. Untuk menambah rasa, kamu juga bisa menambahkan madu, gula, atau pemanis lainnya. Kamu juga dapat mencampurkannya dengan kopi, cokelat, atau bahan lainnya. 

Pertimbangan memilih susu etawarich

Mengonsumsi susu etawarich secara teratur memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan tulang kamu, kan? Susu etawarich ini juga aman untuk dikonsumsi anak-anak mulai usia 2 tahun, ibu hamil dan menyusui ya. Masih nunggu apa lagi buat konsumsi susu tulang keropos ini? 

Kalian bisa segera meluncur ke e-commerce ya. Tapi perlu diperhatikan keaslian, saranku sih mending beli langsung di etawarich official store di Shopee atau di Tokopedia sih ya. Ngeri kan kalau dapat barang palsu:(. 

Yuk jaga kesehatan kita dari pengapuran tulang!




Referensi:

https://etawarich.id/ diakses tanggal 21 Januari 2024

https://www.halodoc.com/artikel/kandungan-nutrisi-dan-manfaat-susu-kambing-etawa-untuk-tubuh diakses tanggal 21 Januari 2024


Naqiibatin Nadliriyah
Halo! Saya Naqi. Pembaca buku yang menulis beberapa topik di Serambi Naqiibah. Diantaranya tentang ulasan buku maupun film, tips, fiksi, finansial, dan review produk teman :)

Related Posts

40 comments

  1. Saya suka produk susu kambing ini...sering cari2 yang tidak mengandung pemanis nya karena rasa akan beda di lidah

    ReplyDelete
  2. Perlu dicoba susu etawarich ini karena nggak bau prengus. Sekarang baru kerasa setelah lamsia gini mbak, tulang dan sendi rasanya sakit semua.

    ReplyDelete
  3. Manfaat susu kambing etawarich ini sangat banyak. Karena terbuat dari 98% susu kambing murni dan bahan-bahan lainnya. Apalagi tidak bau prengus.

    ReplyDelete
  4. Bener lho, kalau kita ngga perhatian sama diri sendiri, terus siapa lagi? Apalagi udah masuk usia senja tuh wajib perhatiaan sendi dan tulang. Etawarich cocok banget karena tinggi protein dan kalsium yang bagus buat tulang. Terus rendah gula dan lemak, bisa diminum siapa aja deh.

    ReplyDelete
  5. Menjelang usia matang memang harus mulai memperhatikan kesehatan ya. Agar masa depan lebih sehat dan bahagia. Susu etawarich ini memang beneran ngasih solusi buat orang seperti saya yang gak suka bau prengus.

    ReplyDelete
  6. Susu etawa memang banyak khasiatnya. apalagi buat tulang, dan bisa mengatasi nyeri sendi

    ReplyDelete
  7. Setuju sama kalimat perhatian sama diri sendiri. Kalo bukan kita ya siapa lagi ya. Susu etawa ini kandungannya beragam ya. Manfaatnya juga baik untuk tubuh.

    ReplyDelete
  8. Nah...baru tahu, walaupun susu, ternyata kadar laktosanya rendah yah. Cocok buat yang alergi susu sapi deh. Mana ternyat dilengkapi juga dengan mineral tambahan, bikin etawarich makin berkhasiat.

    ReplyDelete
  9. Manfaatnya memang ciamik ya etawa ini, apalagi urusan sehat cerna, karena dengan pencernaan yg sehat hati lebih bahagia

    ReplyDelete
  10. Aaah termasuk makanan anti inflamasi juga ternyata susu kambing etawa rich ini. Berarti memang bagus buat antisipasi terhadap penyakit-penyakit bahaya kayak autoimun yang saaat ini makin banyak dialami masyarakat. Sayangnya edukasi soal makanan anti inflamasi ini masih terbatas hanya terjangkau sama orang-orang yang memang concern tentang self health aja

    ReplyDelete
  11. Masya Allah.. susu kambing benar-benar lebih kaya manfaat dan aman. Bisa dikonsumsi untuk semua umur . Selain itu tidak bau prengus

    ReplyDelete
  12. Banyak banget ya manfaat yang bisa didapat dari mengonsumsi Susu Kambing Etawa dari Etawarich. Apalagi dalam produk susunya, sudah ada tambahan gamat dan bee polen yang baik banget untuk mendukung kesehatan tubuh.

    ReplyDelete
  13. Sebelum tulang semakin keropos sebaiknya rutin mengkonsumsi susu etawarich ini ya mbak. Biar makin sehat dan tulang semakin kuat. Tidak akan nyeri sendi lagi.

    ReplyDelete
  14. Awalnya agak ragu nih, konsumsi susu etawa tapi sejak baca review etawarich akhirnya cobain juga. Benaran deh, nggak bau prengus. (Talif)

    ReplyDelete
  15. Susu kambing itu nggak kalah bagus, ya, kandungan gizinya bila dibandingkan susu sapi. Namun, sepertinya susu kambing kalah populer. Mungkin karena banyak orang yang khawatir dengan bau prengusnya. Untung ada Etawarich yang bebas dari bau itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Teh, banyak yang nggak mau minum susu kambing karena takut bau prengus, padahal etawarich nggak bau prengus sama sekali, huhu. Kalau gini mah semua orang jadi suka susu kambing ya.

      Delete
  16. Susu kambing etawa selalu diburu ornag untuk bis amendapatkan hidup yang lebih sehat. Apalagi dari hanya satu produk ini , bisa memberikan banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh, tulang, dan sendi

    ReplyDelete
  17. Wah, susu kambing etawa ini rendah laktosa juga, ya. Mesti dicoba nih. Mudah-mudahan bisa mengatasi masalah nyeri sendiku.

    ReplyDelete
  18. Untuk masalah persendian kebanyakan menganjurkan mengkonsumsi susu kambing etawa. Mesti di coba nih etawarich susu kambing nya tidak bau prengus

    ReplyDelete
  19. Kapan hari sempat beli untuk istri karena ada masalah pernapasan sejak setelah melahirkan anak ketiga. Saat dikatakan susu kambing, istri sempat ga mau, karena memang dia tidak suka konsumsi kambing. Syukurlah pas dicoba minum etawarich dia ga prote, dan sepertinya mulai merasakan manfaatnya bagi kesehatan karena memang belakangan ini daya tahan tubuhnya juga menurun

    ReplyDelete
  20. Kandungan susu kambing etawarich ini alami yaa, dan yang saya suka susunya tidak bau prengus sehingga segar di minum

    ReplyDelete
  21. Keuntungan sukam etawarich ini udah pake gula stevia yang menurutku udah manis, tapi ternyata rendah kalori. Jadi ngga bikin diabetes kalo rutin konsumsi

    ReplyDelete
  22. Wah, banyak sekali ya manfaat yang didapat saat mengonsumsi susu kambing etawarich ini
    Pas buat dikonsumsi sehari-hari

    ReplyDelete
  23. Bedanya susu etawarich dengan susu kambing etawa biasa karena sudah dikemas dalam bentuk bubuk dan ditambahkan bahan-bahan seperti gamat, stevia, dll ya, Kak, jadi lebih kaya manfaat.

    ReplyDelete
  24. Kalau manfaatnya segitu banyak, sayang banget yaa kalau gk dijadikan stok buat kesehatan di rumah..
    Ini susunya bakalan ready di apotik daerah atau minimarket gitu nggak sih kak?

    ReplyDelete
  25. susu dengan manfaat banyak dan no pemanis buatan etawarich dong, enak rasanya langsung kebayang. karena susu dengan pemanis buatan akan terasa pahit

    ReplyDelete
  26. Setuju banget kak. Susu kambing etawarich emg banyak banget khasiatnya. Mulai dari bs mencegah pengeroposan tulang hingga mengobati masalah pencernaan. Apalagi susu kambing etawarich ini bebas bau prengus karena udh melalui proses khusus.

    ReplyDelete
  27. Wah ternyata gula stevia juga bisa menurunkan berat badan ya Kak. Aih senangnya soalnya saya konsumsi susu etawarich ini secara rutin dan alhamdulillah udah gak sering nyeri sendi kayak sebelumnya. Rasa manis dari gula stevianya juga pas

    ReplyDelete
  28. ini kan bahannya dari susu kambing kak, apakah ada rasa bau pada produknya atau rasanya mirip-mirip seperti susu pada umumnya?

    ReplyDelete
  29. Susu etawarich ini memang penokong keluarga ya mbak, secara dia ini cocok juga diminum untuk anak yg sudah di atas dua tahun. Paket kumlit pokoknya susu kambing etawa etawarich ini. T FS kak.

    ReplyDelete
  30. karena gak bau prengus, bisa banget nihanak-anak minum susu kambingnya etawarich sekarang.selama ini anak-anak gak mau karena baunya itu loh

    ReplyDelete
  31. Banyak banget manfaat susu kambing Etawa, orang-orang yang sudah pernah melahirkan dan berusia 30+ pasti ngerasa banget pentingnya menjaga kesehatan sendi dan tulang. Konsumsi susu kambing etawa bisa jadi ikhtiar menjaga kesehatan keduanya.

    ReplyDelete
  32. susu kambing ternyata manfaatnya nggak kalah dari susu sapi ya dan bahkan ada juga kelebihan susu kambing dibanding susu sapi. bisa jadi pilihan nih susu kambing etawa buat menjaga kesehatan

    ReplyDelete
  33. Susu kambing ini lebih bisa diterima tubuh ya, manfaatnya juga banyak banget, jadi ingin coba juga, apalagi usia sudah 40 plus nih, lebih baik mencegah darpada mengobati ya

    ReplyDelete
  34. dulu aku ga familier sama susu kambing xD baru tau setelah mertua suka minum susu kambing ^^ aku kecil biasanya hanya kenal susu sapi, hihi..

    ReplyDelete
  35. ternyata memang susu kambing etawa ini lebih baik untuk dikonsumsi ya dibanding susu sapi, sepertinya aku butuh susu kambing etawarich untuk permasalah nyeri sendi yang gak kunjung sembuh

    ReplyDelete
  36. Kayaknya diriku hrs mulai rutin konsumsi susu kambing nih. Demi masa tua yg lebih sehat terjaga tanpa nyeri sendi dan tulang keropos.

    ReplyDelete
  37. Bagus banget ya kandungan dari susu etawarich ini terutama buat jaga kesehatan sendi dan tulang. Ada kandungan gula stevianya juga nih jadi pastinya aman dikonsumsi dan gak bikin BB cepat nai karena rendah kalorinya

    ReplyDelete
  38. Menarik sekali kandungan susu etawarich. Bagus untuk kesehatan terlebih yg paruh baya

    ReplyDelete
  39. Wah, insight baru
    Saya baru tahu kalau susu etawa bisa untuk anak mulainusia 2 tahun ✨

    ReplyDelete

Post a Comment