Header Serambi Naqiibah

Resep Pembuatan Cookies (Kue Kering) Bihun

Post a Comment
Konten [Tampil]

Siapa di sini yang suka membuat kue kering? Biasanya setiap mendekati lebaran, beberapa di antara kita sibuk membuat kue kering mulai dari kue kacang, nastar, kastengel dsb. Nah, waktu itu aku yang biasanya membantu ibuk kaget saat melihat bihun di dekat bahan-bahan kue kering. Iya, bihun jagung putih itu.

Dijadikan kue kering nih? Iya, beneran dijadikan ibuk sebagai kue kering. Saat itu ibuku sedang silaturahim ke rumah sepupu jauhnya. Di sana, sepupu ibuk sedang pamer kue kering ini. Saat diminta resepnya, cuma bilang resep kue kering biasa cuma dicampur dengan bihun goreng.

Akhirnya dieksekusi ibuk pas Ramadhan 1437H. Dan saat itu sampai kini, kue kering bihun ini menjadi jajan lebaran favorit setelah kue kacang. Banyak yang menganggap rasanya seperti kue kering monde yang rasanya full dengan susu. Beberapa lainnya menyebutkan goodtime kriuk. Sensasi kriuk bihun gorengnya lebih kerasa, haaha.

Oke deh, simak aja sih resep pembuatan kue kering bihun di bawah ini.

Resep Pembuatan Cookies (Kue Kering) Bihun


Resep Kue Kering Bihun

Resep yang kuberikan ini untuk porsi 1 toples yang ukuran toples kaca jadul ya:

Bahan

Bahan untuk membuat kue kering bihun sebagai berikut:

  • 100gr bihun 
  • 200gr margarin
  • 150gr gula halus
  • 2 butir kuning telur
  • 400gr tepung terigu
  • 50gr tepung maizena
  • 30 gr susu bubuk
  • Meses sesuai selera

Cara Pembuatan

Nah untuk pembuatan kue kering ini tidak jauh berbeda dengan pembuatan kue kering lainnya kok cuma ada penambahan bahan utama bihun ini. Langkahnya yaitu yaitu:
resep pembuatan kue kering bihun


  1. Bihun langsung digoreng terlebih dahulu lalu remukkan (jangan cuma hati yang diremukkan ya, Shayyy😂). Pada pembuatan selanjutnya lebih memilih bihun goreng ini diblender saja, ndak ganggu makan saat ada bihun yang kaku.
  2. Campurkan margarin, gula halus, dan telur, mix hingga lembut lalu tambahkan tepung terigu, tepung maizena dan susu bubuk, aduk rata sampai menjadi adonan kalis.
  3. Masukkan bihun yang sudah dihaluskan dan mesesnya. Aduk hingga merata.
  4. Setelah itu ambil sedikit adonan persegi panjang atau bentuk bulat, terserah ya. Pada pembuatan selanjutnya aku lebih suka membentuk menjadi bulat. Lebih cepat saja, haha.
  5. Taruh di atas loyang yang sudah diolesi margarin/ kertas roti. Jangan lupa beri topping chocochip di atasnya.
  6. Panggang di oven.
  7. Jika sudah matang dan berubah warna kecoklatan, keluarkan dari oven dan siap disajikan.
Itu dia resep pembuatan kue kering bihun ini. Sangat mudah bukan? Nanti kalau kalian sudah atau berniat mencobanya, komentar di bawah ya :D

Naqiibatin Nadliriyah
Halo! Saya Naqi. Pembaca buku yang menulis beberapa topik di Serambi Naqiibah. Diantaranya tentang ulasan buku maupun film, tips, fiksi, finansial, dan review produk teman :)

Related Posts

Post a Comment